Home Did You Know? Peran Penting Co-Driver: Navigator dan Sahabat Pembalap

Peran Penting Co-Driver: Navigator dan Sahabat Pembalap

www.expertek.co.uk

Bila dikaji berdasarkan susunan huruf serta artinya dalam bahasa inggris, co-driver bisa diartikan dengan asisten atau pengendara supir pengganti dalam dunia balap motor khususnya mobil. Mungkin memang tidak seterkenal pembalap utamanya yang menjadi spot pertama tujuan pandangan mata serta nama. Tapi peran co-driver tentunya benar-benar membantu kerja pembalap agar bisa memenangkan turnamen balapan.

Secara visual awam, memang pembalap lah pengendara mobil sebenarnya dalam mobil. Tapi perlu diklarifikasi bahwa kendali sepenuhnya hingga tujuh puluh persen berada pada tangan co-driver serta tambahan kru-kru lainnya. Bagaimana mungkin? Ya, co-driver tugasnya sangat vital yaitu menjadi pengecek pacenote atau gambaran rangkaian lintasan atau lap yang harus dijalani dengan saksama dan lengkap tanpa kekurangan suatu apapun.

Sangat penting bukan fungsi dari co-driver? Jangan pernah meremehkan pekerjaan seseorang ya, meskipun hal itu dianggap sepele. Padahal peranannya sangat vital bagi kelangsungan karir pembalap.

mobil.sportku.com
mobil.sportku.com

Kami berikan beberapa contohnya, diantaranya adalah Ade Ramadhan, yang mengabdi sebagai co-driver hingga berpuluh tahun lamanya. Baginya, profesi co-driver tidak hanya memberikan navigasi atau pembacaan lintasan saja, pun juga turut memanajeri suatu turnamen balapan agar menang dan mencapai posisi pertama dan menjuarai balapan bergengsi. Sedangkan menurut pengamatan dari pebalap nasional Rifat Sungkar, co-driver dan pembalapnya punya hubungan yang kuat serta harmonis, seiring sejalan agar sebuah tim yang baik dapat terwujud sehingga balapan akan semakin menyenangkan juga mengejar target juara sepenuh hati karena prinsip yang cocok seiring sejalan.

Advannov Canti Dharma Sprint Rally Tarmac 2015 5 fastnlow

Tidak hanya pembalap yang mumpuni dan terlatih serta berpengalaman, co-driver pun kemampuannya harus sejalan serta terpercaya, ketelitian dalam mengecek serta mendeteksi kecepatan, berapa jarak yang tepat serta akurat untuk dilalui, juga fisik dan raga yang sehat kuat serta tahan banting, baik segi mental maupun analogi berpikir agar keputusan yang diambil bisa sejalan dengan kenyataan.

Kepekaan yang besar serta halus dari co-driver mengomando sang pembalap dan membantunya ketika keadaan dalam menghadapi tikungan, kemudian hal-hal tertentu saat kecepatan melampaui batas lalu diharuskan untuk mengerem secara tepat tanpa mengurangi kecepatan pasti. Pun untuk catatan-catatan penting baik itu kecepatan maupun kondisi lajur lintasan baik segi tikungan dan lebar jalan harus selalu diperhatikan untuk pembalap senior.

Advannov Canti Dharma Sprint Rally Tarmac 2015 11  fastnlow

Untuk menghindari kecelakaan atau salah komunikasi antara pembalap dan co-drivernya, selayaknya selalu mempererat hubungan serta membangun “chemistry” agar tidak terjadi kesalahan dalam berinteraksi. Karena bakal fatal akibatnya apabila terjadi ketidak sinkronan dari keduanya. Bangunlah komunikasi sedini mungkin, percakapan-percakapan yang ringan, hingga menjalin hubungan persahabatan pun dianjurkan. Saling percaya juga penting bagi co-driver serta supirnya agar tidak ada timbul kecurigaan dan juga keinginan jahat yang terjadi.

Selain dari unsur luar seperti lintasan, co-driver harus teliti dalam mengecek keadaan mobil atau kendaraan yang digunakan pembalap nantinya, jangan sampai kelengkapan kurang dan ada yang tidak beres namun belum diketahui oleh mereka. Seorang co-driver tidak akan memberikan efek buruk atau pengaruh negative kepada sang pembalap yang malah merusak mood serta emosi dalam mengendarai mobilnya.

Selain menghindari konflik, co-driver juga berusaha membina hubungan baik antara pembalap serta crew yang turut bekerja di balik layar, karena jika ingin memenangkan suatu turnamen, hendaknya kombinasi serta kekompakan tim diutamakan, jangan sampai ada satupun yang merasa tinggi hati akan kemampuannya justru merusak hubungan kebersamaan ini.

Karena hubungan yang dibina harus dalam keadaan baik adanya, sebaiknya melalui proses adaptasi dahulu selama beberapa waktu agar timbul kecocokan. Apabila sudah menemukan pasangannya, akan susah untuk berganti lagi akibat proses penyatuan prinsip yang cukup memakan banyak waktu.

Mengenai gaji, tentunya semua sudah diatur, tergantung perundingan yang telah dibuat sebelumnya bersama pembalapnya atau pengemudi, dan bila bisa meraih juara akan sangat menyenangkan sekali bisa berbagi hadiah yang diberikan sama rata secara adil kepada teamwork yang sudah berjuang keras.

Advannov Canti Dharma Sprint Rally Tarmac 2015 10  fastnlow

Nah sekarang sudah tahu kan apa itu co-driver dan tugasnya?

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT