Home Issue Cars Perang Mesin 2 Silinder di Medan Tanah

Perang Mesin 2 Silinder di Medan Tanah

Mungkin banyak yang mengatakan, “Apa sih serunya persaingan mesin 2 silinder dengan transmisi matic – CVT.” Memang bagi mereka yang menyaksikan hanya melihat kendaran UTV dengan kecepatan rata-rata 100km/jam tidak menarik. Berbeda bagi mereka yang berada di dalam cockpit dari kendaran mungil dibanding mobil bermesin 4000cc.

utv-2Di dalam persaingan kelas UTV standar, mewajibkan menggunakan mesin standar hingga beberapa part memang harus standar. Jadi bagaimana bisa menang? Jelas strategi menjadi penentunya. Langkah pertama adalah pemilihan karakter ban, tekanan udara yang menyesuaikan kondisi lintasan.

Selain itu, pressure pada suspense juga wajib diatur sedemikian rupa. Bagian CVT pun juga dapat diatur pada tekanan per/spring yang menyesuaikan karakter lintasan dan tentu saja beberapa bagian lainnya.

wlj-ixor-4Untuk CVT sendiri sementara hanya tersedia 2 jenis Per/Spring yaitu keras dan empuk. Per itu berfungsi besar pada akselerasi dan top speed. Ada yang bagus untuk akselerasi dengan secara otomatis torsi mobil tersebut bisa sangat tinggi, dan ada yang tidak memiliki torsi bagus namun dapat mencapai kecepatan maksimal. Jadi memang benar-benar harus dipikirkan bagaimana karakter lintasan dan cara pembalap mengendarainya.

Kemudian yang paling terpenting adalah sang pembalap harus benar-benar tahu karakter lintasan untuk mengambil racing line agar putaran mesin UTV ini dapat terjaga dengan baik dan konsisten di setiap SS nya. Ini cukup ‘tricky’.

utv-3Sedangkan untuk kelas UTV FFA, ini memang agak sulit dan lebih banyak yang harus dipikirkan. Di kelas ini mobil boleh di apakan saja (namanya juga Free For All). Namun juga tidak bisa sembarangan. Mesin ini memang berpotensi untuk di pasang turbo, dan itu sangat menunjang sekali, namun jangan salah, dengan penambahan part lain (seperti turbo) harus dipikirkan masalah kekuatan CVT-nya beserta belt-nya.

utv-5Namun persaingan di kelas FFA enggak kalah seru karena banyak juga UTV standar yang masuk di kelas ini, kenapa? Nekat!!! Tentu bukan jawabannya.

Tapi salah satu penyebabnya adalah waktu/jam start yang memang agak lebih siang dari pada kelas UTV standart yang mengharuskan peserta sudah melakukan TC jam 8 pagi. “Saingan sama orang ngerek bendera bos….”

utv-1Dapat dikatakan kelas UTV FFA ini persaingannya juga ketat karena hingga aspek terkecil seperti tekanan ban dan tekanan suspensi sangat berpengaruh dalam persaingan mesin bertenaga yang kurang lebih sama (kecuali yang sudah pakai turbo dan bore-up). Sehingga tidak bisa dipungkiri kualitas produk/part yang dipasang di dalam mobil sangat berpengaruh.

Jadi berani bersaing di kelas ini??

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)