Home Did You Know? Perbedaan BMW Seri 7 Versi Eropa Dengan Versi Indonesia

Perbedaan BMW Seri 7 Versi Eropa Dengan Versi Indonesia

bmwblog.com
bmwblog.com
bmwblog.com

Setelah sukses merakit beberapa varian BMW di dalam negri, nampaknya BMW Group Indonesia belum cukup puas. Diumumkan  secara langsung beberapa hari yang lalu, bahwa BMW Group Indonesia telah menambah satu varian yang di rakit di dalam negri. BMW 730Li merupakan satu varian terbaru yang mulai di rakit oleh BMW Group Indonesia yang lebih tepatnya dirakit pada pabrik Gaya Motor, Sunter – Jakarta. Disinyalir BMW Group Indonesia Mampu merakit hingga 6 unit BMW seri 7 ini perharinya.

bmwblog.com
bmwblog.com

Dengan di rakitnya BMW 730Li tentunya menambah deretan varian BMW yang di rakit di dalam negri setelah BMW seri 3, seri 5, X1, X3, dan X5 yang telah lebih dulu. Keputusan BMW untuk merakit BMW 730Li di bawah naungan PT. Gaya Motor bukan tanpa alasan. Salah satu pertimbangan dirakitnya BMW 730Li di dalam negri adalah untuk menekan harga jual supaya lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan pasar.

Perbedaan jelas ada, jika dibandingkan dengan sesama BMW seri 7. Perbedaan BMW 730Li yang merupakan rakitan lokal dapat dibandingkan  dengan BMW 740 yang merupakan mobil CBU (completely built-up). Jika BMW 730Li menggunakan mesin 2.000 cc yang dibekali dengan mesin turbo, sedangkan BMW 740 dibekali dengan mesin 3.0 liter.

Selain pada sektor mesin, perbedaan juga terdapat pada material pelapis interior mobil. BMW 740 CBU menggunakan kulit Nappa, sedangkan BMW 730 Li yang di rakit dalam negri menggunakan kulit Dakota.

“7 Series CBU pakai sky lounge, sedangkan yang ini (lokal) pakai panoramic glass roof biasa. Velg juga sama tapi beda styling. Speaker 730 pakai Harman Kardon. Sementara 740 CBU pakai Bowers & Wilkins,” ungkap salah satu petinggi BMW Group Indonesia yang dikutip dari liputan6.com.

Perbedaan nampaknya hanya sebatas pada fitur yang bisa dikatakan tidak terlalu fatal. Pasalnya power mesin 2.000 cc yang dibekali dengan turbo masih memiliki kemampuan yang tidak kalah dibandingkan dengan mesin berkapasitas 3.0 liter. Sedangkan fitu-fitur lain seperti tab, display key, gesture control, dan juga piranti pendukung keamanan masih sama dengan BMW seri 7 versi built-up.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)