Home Did You Know? Perjalanan Honda Type R Dari Masa Ke Masa

Perjalanan Honda Type R Dari Masa Ke Masa

UK Type R Generations

Jika melihat logo Type R di mobil Honda, itu adalah tanda mobil tersebut punya performa mesin tinggi, dengan DNA balap Honda. Setiap model Type R Honda, selalu mewakili kemurnian konsep asli untuk meminimalkan bobot, memaksimalkan tenaga, responsif, stabilitas dinamis dan performa pengereman yang bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan, baik di jalan maupun di lintasan balap.

Lebih dari 2 dekade, mobil-mobil Type R dari Honda dibuat dengan performa maksimal terinspirasi dari mobil balap. Setiap mobil Type R selalu mewakili kemurnian konsep asli untuk meminimalkan bobot, memaksimalkan tenaga, responsif, stabilitas dinamis dan performa pengereman untuk memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan, baik di jalan maupun di lintasan balap.

1992 – Honda NSX Type-R (NA1)

Generasi pertama Honda NSX (NA1) diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1989, namun modelnya adalah model yang dirancang untuk penggunaan jalan normal dengan catatan seimbang yang diberikan antara kinerja dan kenyamanan. Setelah model ini berhasil dipasarkan, Honda memutuskan untuk memproduksi versi NSX yang lebih hardcore kecuali kenyamanan, namun lebih berfokus pada kinerja terutama untuk sirkuit.

Berat keseluruhan model khusus telah dikurangi 120 kg dengan mengurangi insulasi suara, mengeluarkan sistem pengkondisian udara (masih ditawarkan sebagai pilihan jika pelanggan menginginkannya), melepaskan ban pengganti dan kontrol traksi (saat ini penggunaan kontrol traksi belum ditekankan dan dapat membatasi kemampuan sebenarnya dari mesin), serta mengubah kursi asli ke kursi karbon-kevlar dari Recaro.

Ini juga memiliki komponen suspensi yang lebih berat termasuk semua ring, cracker, spring dan anti-olive bars. Penskalaan bodi NSX juga menerima tanda kurung tambahan untuk memberi kekakuan yang lebih kuat. Crankshaft pada mesin V6 DOHC VTEC 3.0 liter di rebalanced, sedangkan rasio akhir asli 4.235 pada poros belakang diubah menjadi 4,06: 1 untuk memberikan titik konversi gigi dan percepatan yang lebih cepat.

Setelah semua ini selesai, NSX akhirnya memenuhi syarat untuk lencana Tipe-R dan rincian Tipe-R lainnya seperti logo ‘H’ merah, tombol roda gigi titanium, pelek aluminium yang ditempa (16 inci di depan dan belakang 17 inci) cahaya putih dari Enkei, serta warna bodi keseluruhan dari tanda tangan Tipe R signature Championship White – warna yang sama pada mesin Honda Formula One RA272, merek pertama mobil yang memenangkan balapan F1 tahun 1965. Sebanyak 483 unit NSX-R NA1 diproduksi dari tahun 1992 sampai 1995 dan semuanya dibangun khusus untuk pasar dalam negeri Jepang (JDM).

1995 – Honda Integra Type-R (DC2)

Generasi ketiga Honda Integra terpilih sebagai model kedua yang diberi lencana Type-R Honda. Model asli yang diproduksi pada tahun 1995 juga khusus dibangun untuk pasar JDM saja. Dibandingkan dengan versi SiC 176 hp, mesin 1.8 liter B18C DOHC VTEC pada versi Type-R dikerjakan ulang dengan lubang masuk di katup masuk diagonal dan dipoles dengan tangan, dengan menggunakan piston yang dapat memberikan rasio kompresi lebih tinggi, katup desain baru, dan Sistem knalpot dan knalpot dirubah, memungkinkannya menghasilkan tenaga 197 hp dengan putaran mesin yang dibatasi kecepatan 8.600 rpm.

Mesinnya kompatibel dengan gearbox manual lima kecepatan manual dengan rasio yang lebih pendek, dan diberi LSD. Penanganannya juga terkonsentrasi dengan set suspensi yang mengeras, bersamaan dengan pelek alloy yang ditempa ringan. Model ini juga menerima rincian sinyal Type-R seperti finishing interior merah termasuk ember ember dari Recaro, tombol titanium gear, lencana Type-R dan warna resmi utama Kejuaraan Putih.

Serta NSX-R, Integra-R juga menerima rekaman sasis dengan mengurangi berat asli melalui pengurangan insulasi suara, menggunakan kaca pengupas 10%, serta tidak ada kantung udara, AC, polish kaca belakang, radio, jam pada konsol tengah, sistem kemudi. bertenaga dan sistem rem ABS. Bingkai mobil juga diperkuat dengan las las las yang lebih luas serta tanda kurung dan tanda kurung logam tambahan.

Pada tahun 1998, model JDM DC2 ini mendapat beberapa perbaikan. Rasio gigi ujung yang lebih tinggi diberikan, dan untuk mengimbanginya, rasio roda gigi 1 sampai 3 dipersingkat, sementara roda gigi 4 dan 5 diperpanjang. Pelek aluminium berdiameter 16 inci dilengkapi dengan ban 215 / 45R16 dengan alur lima lubang, menggantikan pelek 4-lubang sebelumnya dengan hub dan rem yang lebih besar. Tenaga mesin masih sama, namun torsi maksimum kini bisa diraih lebih cepat melalui manuver knalpot 4-1 yang didesain lebih lama.

Model 1998 ini juga menyaksikan untuk pertama kalinya model Type-R dibawa kepasaran luar Jepang yaitu ke Amerika Serikat (dijual atas merek Acura) dan juga ke Eropa, tetapi dengan mesin B18C yang sedikit kurang kuasanya (195 hp untuk USDM dan 190 hp di Eropa) dibandingkan versi JDM. Model yang diekspor juga dapat diidentifikasi melalui desain wajah mereka menggunakan desain pre-facelift yang menampilkan lampu bulat kembar, dibandingkan model JDM yang menggunakan sepasang lampu berekor panjang.

1997 – Honda Civic Type-R (EK9)

Setelah mendominasi dunia hatchback roda depan tanpa bantuan turbo dengan mesin DOHC VTEC dan sistem suspensi double-wishbone pada model SiR sebelumnya (EF9 dan EG6), Honda akhirnya memutuskan untuk memproduksi catatan sirkuit Civic untuk pemakaian jalan raya pada model hatchback generasi keenam. (EK), maka lahirlah Civic pertama dengan Type-R badge pada tahun 1997.

Seperti biasa, ia menerima pengurangan berat yang serupa dengan Tipe Integra-R, suspensi yang mengeras dan rincian Tipe-R seperti kursi ember Recaro dan finishing interior merah lainnya, tombol titanium gear dan roda kemudi dari Momo yang menyediakan bungkus kulit.

Dibandingkan dengan mesin DOHC VTEC 1.6 liter B16A pada mesin EK4 SiR, mesin B16B pada tipe EK9-Type menggunakan camshaft dengan panjang buka katup yang lebih besar, katup pegas yang lebih kuat dan lubang katup yang dilakukan oleh proses port dan poles dengan tangan.

Mesin piston juga ditukar dengan menggunakan piston yang memungkinkannya mencapai rasio kompresi setinggi 10.8: 1. Alhasil, mesin 1.6 liter B16B ini mampu menghasilkan tenaga 182 hp dengan kecepatan mesin terbatas pada 8.400 rpm, dibandingkan dengan 168 hp bertenaga B16A dengan putaran mesin terbatas hingga 8.000 rpm. Model ini juga disegarkan dengan versi facelift pada tahun 1999 sebelum dihapus pada tahun 2000.

1999 – Honda Accord Type-R (CH1)

Untuk pertama kalinya, Honda Inggris merasa terhormat untuk membangun mesin Type-R mereka sendiri dan untuk proyek tersebut, mereka memilih model Accord dari seri CH, Accord generasi kelima yang diproduksi untuk pasar Eropa saja. Accord Type-R diberikan mesin DOHC VTEC 2.2 liter H22A ‘Red Top’ (sempena rocker cover mesin tersebut yang berwarna merah) berkuasa 209 hp pada titik 7,200 rpm dan torsi maksimum 222 Nm pada rentang 6,700 rpm.

Mesinnya disesuaikan dengan gearbox manual lima kecepatan dengan shifter pendek dan unit LSD heliks. Biasanya Type-R, Accord juga menerima setir kemudi kulit dari Momo, recaro bucket seat dan interior interior merah lainnya, pengurangan berat keseluruhan, kerang yang diperkuat, suspensi yang mengeras, dan pelek aluminium 17 inci putih. Meski kurang populer di dunia balap jalanan, Accord Type-R adalah salah satu mobil paling banyak dicari di ajang European Super Touring Cup musim 2000.

2001 – Honda Civic Type-R (EP3)

Setelah berhasil memproduksi Accord Type-R, Honda Inggris diberi kesempatan untuk membangun Type-R lainnya, kali ini menggunakan kerangka kerja Civic – juga merupakan versi spesial untuk pasar Eropa hanya seri hatchback generasi ketujuh Civic ketujuh (saat ini pasar Asia hanya menerima Civic. versi sedan empat generasi ketujuh dari seri ES).

C3 Civic Type-R EP3 memiliki cermin samping yang teduh (depan dan belakang) yang terinspirasi oleh peluru Civic, generasi kelima Civic hatchback (EG). Model ini didukung oleh DOHC i-VTEC Honda 2.0 liter generasi baru K20A 2.0-liter bertenaga 197 hp pada 7.400 rpm dan torsi maksimum 196 Nm pada 5.900 rpm.

2001 – Honda Integra Type-R (DC5)

Sebagai Civic Type-R baru yang dibangun di Inggris, Honda Jepang juga membangun model Type-R baru berdasarkan kerangka Integra generasi baru. Honda Integra Type-R DC5 memiliki warisan asli Type-R yang dibangun di Jepang, dan hanya untuk pasar Jepang.

Ini juga menerima mesin 2.0 liter DOHC i-VTEC K20A namun dengan power steering yang lebih besar dari 220 hp, disesuaikan dengan gearbox manual enam percepatan, lengkap dengan LSD. Fitur lain seperti chassis bersertifikat, pengurangan berat keseluruhan, suspensi keras dan ember kursi dari Recaro adalah standar dan ditambah dengan sistem pengereman dari Brembo.

2002 – Honda NSX Type-R (NA2)

Generasi pertama Honda NSX menerima mesin berkapasitas lebih besar – 3,2 liter dibandingkan dengan mesin 3.0 liter asli – pada tahun 1997, dan versi facelift terbaru diberikan pada tahun 2002, yang menampilkan headlamp jenis tetap (model lampu pop-up sebelumnya) serta ban lebih lebar lagi.


Bersamaan dengan itu, Honda juga memproduksi versi baru NSX Type-R yang jauh lebih bertenaga dibanding model sebelumnya. Hal yang sama dilakukan untuk mengurangi bobot keseluruhan dari keseluruhan NSX Type-R baru, namun bagian diperkuat ditambah lagi untuk memberikan kerangka kerja yang lebih kokoh.

NSX-R 2002 juga menerima spoiler belakang yang lebih agresif dengan penutup kap keropeng yang terbuat dari bahan serat serat. Mesin V96 DOHC VTEC 3,2 liter pada NSX-R masih menghasilkan tenaga yang sama dengan NSX standar 290 hp / 305 Nm, namun dengan interior reklamasinya, mesin ini menghasilkan respons mesin yang lebih baik.

Wartawan dan pembalap Jepang, Motoharu Kurosawa atau yang lebih dikenal dengan nama Gan-San telah mencatat lap tercepat di sirkuit Nurburgring di Jerman dengan waktu 7 menit 56 detik dengan NSX-R baru, seperti yang dicatat oleh Ferrari 360 Challenge Stradale, meskipun Tenaga kuda NSX-R kurang dari 100 hp dibanding Ferrari.

2007 – Honda Civic Type-R hatchback (FN2)


Honda Inggris membangun kembali Civic Type-R baru menggunakan kerangka hatchback Civic Civic generasi kedelapan yaitu dari seri FN di pabrik Honda Swindon. Model ini masih menggunakan mesin 2.0 liter DOHC i-VTEC K20A dengan 198 hp / 193 Nm dan juga gearbox manual enam percepatan dengan helical LSD.

Namun, performa Civic Type-R FN2 kurang menguntungkan dibanding model sebelumnya karena basis Civic Europe sendiri dibangun di atas platform yang mirip dengan Honda Jazz, meenggunakan suspensi torsion beam di bagian belakang dan sebuah tangki bensin yang diletakkan di bawah jok depan.

2007 – Honda Civic Type-R (FD2)


Sementara FN2 mendapat kritik di Eropa, sebaliknya pergi ke Jepang. Honda Jepang juga memproduksi versi Civic Type-R generasi baru mereka, menggunakan frame Civic dari sedan delapan pintu delapan generasi FD2. Basis Civic FD sendiri adalah Civic terlengkap yang pernah diproduksi saat itu, tidak hanya menampilkan sporty dan futuristik, namun juga memiliki sistem suspensi yang bagus serta bingkai yang lebih dinamis.

Type-R FD2 ini didukung oleh mesin 2.0 liter DOHC i-VTEC K20A, kali ini disetel untuk tenaga 222 hp pada 8.400 rpm dan torsi maksimum 215 Nm pada 6.100 rpm. Tenaga tersebut dikirim ke kedua roda depan melalui rasio enam percepatan gearbox rasio lengkap dengan LSD heliks. Sistem pengereman depan menerima empat pot dari Brembo sementara pelek alloy tempur 18 inci ditutupi ban Brigestone Potenza RE070 225 / 40R18, yang kesemuanya terstandarisasi.

Kursi depan diberi jok ember hitam merah (kali ini bukan dari Recaro), bersamaan dengan finishing lainnya yang juga diberi tema yang sama. Latar belakang biru pada panel instrumen standar Civic diubah menjadi merah untuk model Type-R ini, dan juga diberi tombol start mesin push untuk menghidupkan gaya mobil balap yang sesungguhnya.

Terlepas dari suspensi yang lebih berat dan juga perluasan sistem gantungan bebas multilink yang disediakan di bagian belakang, kontrol Civic juga dibantu oleh dimensi dasar sedan empat pintu yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang, yang memungkinkannya menekuk tikungan dengan kecepatan lebih tinggi. dari model sebelumnya

2015 – Honda Civic Type-R (FK2)


Pengumuman Honda untuk menghentikan pembangunan model Type-R rupanya hanya efektif untuk Honda Jepang, tapi tidak melibatkan Honda Inggris. Pada 2014, Honda Inggris menegaskan generasi baru Civic Type-R akan dibangun di pabrik Swindon mereka.

Model akhirnya diumumkan secara resmi di Geneva Motor Show 2015, dengan generasi kedua Honda NSX. Type-R yang baru didasarkan pada hatchback Civic lima pintu Eropa, yang juga mengusung sistem balok torsi suspensi di bagian belakang.

Tapi yang baru untuk model ini adalah mesinnya, yang didukung oleh mesin injeksi bahan bakar VTEC Turbo 2.0 liter empat silinder yang mampu menghasilkan 306 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm dari 2.500 sampai 4.500 rpm. Hal ini membuat FK2R ini menjadi tipe Civic-R yang paling kuat dalam sejarah dan juga Type R pertama yang diberi turbocharger.

Daya liar dikirim ke roda depan melalui gearbox manual enam kecepatan manual dengan LSD , memungkinkannya berakselerasi 0-100 km / jam hanya dalam 5,2 detik sebelum mencapai kecepatan maksimum 285 km / jam. Honda juga menyamai tombol R + pada model ini yang meningkatkan sasis, throttle dan respon mesin untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih mendebarkan.

Kehadiran Civic FK2R ini dipasaran, seolah Honda ‘melancarkan serangan’ pada model hot-hatch depan roda kemudi di Eropa termasuk Renault Megane RS, Volkswagen Golf GTI dan Ford Focus ST.

2017 – Civic Type-R (FK8)


Bisa dibilang, FK8 hanya meneruskan terobosan dihadirkan FK2, Type R turbo pertama. Mesin digunakan, K20C1 2,0 liter 4 silinder dengan turbo. Menelurkan daya maksimum 310 dk pada 6.500 rpm dan torsi 400 Nm. Disalurkan “hanya” melalui transmisi 6 tingkat percepatan manual ke sepasang roda depan.

Bicara penampilan, jelas tidak ada matinya. Lebih keren dan agresif dari coupé sekalipun! Deretan imbuhan aero dan body kit-nya tak kalah panjang dari spek mobil modifikasi. Paling kentara, kehadiran sayap raksasa, bemper agresif dan pelek 20 inci.

Sasis juga dipermak habis-habisan, lebih kaku dari Type R sebelumnya. Juga lebih ringan 16 kg dan memiliki titik pusat gravitasi lebih rendah. Hasilnya, catatan waktu 7 menit 43,80 detik di Nürburgring Nordschleife, rekor tercepat untuk mobil berpenggerak depan.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)