Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Mungkin sekitar satu dekade yang lalu kebutuhan di sektor kelistrikan pada sebuah kendaraan tidaklah sebesar sekarang. Dulu baterai atau kita sebut dengan aki pada umumnya hanya berperan memberi daya saat starter mobil dan mendukung kebutuhan listrik lainnya seperti AC, lampu dan audio. Tetapi kini para penggiat offroad ekstrim, ekspedisi maupun overland biasanya menggunakan satu sampai dua aki dengan kualitas mumpuni demi mendukung kebutuhan listrik selama perjalanan.

Ini dikarenakan banyak piranti tambahan yang digunakan sehingga butuh suplai listrik yang besar. Piranti tersebut adalah inverter, winch, lampu sorot/ LED, hingga kulkas/ coolbox, yang juga tak luput dari listrik yang dihasilkan alternator.

Aki yang kerap kita jumpai pada mobil offroad adalah merk Optima yang memiliki beberapa varian yakni Redtop, Yellowtop, dan Bluetop. Sementara penggiat offroad di Tanah Air lebih banyak menggunakan Redtop dan Yellowtop. Apa sih yang membuat aki Optima begitu diminati? Lalu apa yang membedakan 3 jenis varian tersebut? Temukan jawabannya disini, berikut informasi yang perlu anda ketahui.

CCA VS Key-off Load

Menyalakan atau starter mobil membutuhkan daya listrik yang besar, disitulah istilah CCA (Cold Cranking Amps) berasal. Aki secara spesifik memberikan kapasitas daya yang tepat dari CCA, tetapi perkembangan mobil yang begitu pesat mengiringi kemajuan teknologi aki selama beberapa tahun terakhir.

“Perubahan dalam kebutuhan listrik mobil telah meningkat dan jauh lebih canggih dari sudut pandang elektronik. Sejak diperkenalkan OBD-II dan terus berkembang, setiap tahun komponen lain juga ikut berkembang yang ditenagai listrik seperti power steering, electric water pumps, pintu belakang dan side-step elektrik. Hal seperti itu memberi tekanan signifikan pada daya cadangan listrik di aki,” jelas Cameron Douglass, Marketing Director Product Development Optima.

Ia menambahkan bahwa alternator harus memiliki arus listrik yang cukup agar mobil berjalan dengan baik, tetapi ada kalanya pemakaian listrik melebihi dari kemampuan alternator. Misalnya, anak-anak menonton kartun di layar on-board saat mobil terparkir. Disinilah pemakaian listrik yang melebihi kemampuan alternator adalah ketika aki yang berkualitas diuji.

Saat ini hampir semua mobil menggunakan basis komputer, kebutuhan terhadap listrik tetap berjalan meski sakelar kunci mati, hal ini sebagian besar ditentukan oleh pemilihan aki yang tepat. Yaps, komputer tetap bekerja ketika mobil dimatikan, disinilah perlunya aki yang berkualitas untuk menyediakan daya yang cukup ketika sakelar kunci OFF — inilah yang disebut “key-off load”.

“Yang meningkat dari waktu ke waktu secara dramatis adalah key-off load dan itu cukup signifikan hari ini. Kami dipercaya bekerja dengan pabrikan OEM untuk memberikan solusi dalam hal key-off power. Tipikal mobil tua biasanya tidak memiliki muatan ketika sakelar off dan masih bisa menyala setelah 60 hari. Beda halnya dengan mobil saat ini, menyimpan banyak sistem memori yang tentunya menghabiskan lebih banyak energi untuk menjaga mobil tetap hidup. Contoh paling sederhana adalah remote kunci alarm atau apapun itu,” imbuh Cameron.

Aki SLI VS Aki Deep-Cycle

Starting Lighting Ignition (SLI) adalah aki yang dirancang untuk bekerja dalam situasi ‘high start output’ dimana biasanya digunakan untuk semburan arus pendek seperti menghidupkan mesin yang dibekali alternator berperforma tinggi. Aki jenis ini banyak digunakan untuk aplikasi otomotif karena memiliki performa yang cukup baik.

Pada dasarnya aki memasok daya ekstra yang diperlukan ketika permintaan listrik melebihi dari yang disediakan oleh alternator. Aki juga bertugas sebagai penstabil tegangan dalam sistem kelistrikan dan menjaga agar tidak merusak komponen sensitif listrik lainnya. Untuk menangkal kondisi tersebut, dapat anda temukan pada aki Optima SLI atau dikenal dengan Optima Redtop. Yaps, jenis aki ini pada umumnya lebih banyak digunakan pada mobil harian.

Sebaliknya, aki deep-cycle dirancang untuk kebutuhan multifungsi, biasanya digunakan dalam aplikasi dimana sistem muatan melebihi output alternator. Misalnya mobil anda dilengkapi full-set audio berikut sepasang amplifier, saat anda berkendara dengan jarak pendek — alternator tidak menghasilkan daya maksimum. Aki deep-cycle hadir untuk mendukung beban dengan arus tinggi dan mengisi ulang dengan cepat ketika output alternator naik.

Di Amerika, baterai deep-cycle banyak diaplikasikan pada kendaraan camper, trailer, dan tow-rig dimana suplai listrik jauh lebih besar ketimbang yang dihasilkan alternator. Optima Yellowtop dan Bluetop ditawarkan dalam unit deep-cycle, maka tak heran jika Yellowtop begitu diminati oleh penggiat offroad Tanah Air.

Konstruksi

Semua baterai Optima dibuat menggunakan teknologi Spiralcell, yang sangat berbeda dibanding baterai otomotif konvensional. Setiap cell aki Optima terkandung spiral-wound dengan dua plat timah 99,99% murni (satu negatif, satu positif) berlapis oksida timah. Kedua plat dipisahkan disetiap cell dengan campuran mikro-fiberglass yang menjaga agar plat tidak tersentuh dan juga menahan elektrolit dalam suspensi secara seragam. Konstruksi spiral yang tertutup rapat memungkinkan area permukaan lebih besar dan toleran terhadap getaran.

Redtop, Yellowtop, atau Bluetop?

Optima menawarkan 3 jenis baterai yang berbeda dalam desain SLI dan Deep-cycle. Lini produk Optima terbagi dalam berbagai ukuran (dimensi fisik) untuk mencakup sekitar 65% pasar otomotif dalam aplikasi kendaraan.

Optima Redtop SLI dirancang untuk memberikan daya arus yang tinggi (high cranking power) saat mobil menyala kemudian daya dikirim ke alternator untuk menjalankan aksesoris stok dan membangun kembali muatan yang dikirim saat sakelar kunci ON. Tipikal mobil harian dengan alternator paling banyak menggunakan Optima berkelir merah.

“Kami memiliki baterai yang memaksimalkan daya awal (starting power) yakni Redtop atau Bluetop dengan kasing abu-abu tua yang dibekali CCA tertinggi. Lini Redtop adalah jenis yang paling dasar, lini Bluetop menawarkan opsi SLI dan deep-cycle, Yellowtop dan Bluetop kasing abu tua semuanya deep-cycle,” tutur Cameron.

Optima Yellowtop dirancang untuk kebutuhan listrik yang lebih berat seperti sistem audio dan diklaim memiliki daya yang cukup besar untuk mendukung amplifier selain starting power. Aki ini kerap menghiasi ruang mesin pada mobil offroad dimana dilengkapi dengan piranti tambahan yang sangat menguras daya listrik. Selain itu juga banyak digunakan pada mobil drag-race untuk menjalankan water pump elektrik, kipas dan solenoid valve. Yellowtop diklaim ideal untuk mobil yang diparkir dalam waktu lama.

Sementara Bluetop paling cocok digunakan pada RV (Recrational Vehicle) dan aplikasi kelautan. Menurut Cameron, aplikasi kelautan dan RV menggunakan terminal cincin untuk koneksi daya. Secara internal, versi SLI Bluetop identik dengan Redtop, yang membedakan adalah desain pos dan titik terminal. Versi deep-cycle Bluetop identik dengan Yellowtop untuk titik terminal.

Jadi kesimpulannya, aki tidak hanya bertugas untuk menyalakan mobil dan seperti yang saya jelaskan diatas, ada banyak hal yang harus diperhitungkan saat memilih baterai yang tepat untuk mobil harian, offroad maupun balap. Serta pastikan sistem kelistrikan mobil mendukung kinerja aki.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Tips Agar Mobil Anda Menjadi Lebih Irit

Did You Know?

Tips dan Trik Mencuci Mobil Sendiri

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Apa yang DImaksud Dengan Aerodynamic Drag?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan