Home Issue Cars Plug in Hybrid Vs Mesin Konvensional

Plug in Hybrid Vs Mesin Konvensional

Mobil kelas Sport Utility Vehicle atau yang biasa kita kenal dengan SUV. Biasanya hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel, di Indonesia sendiri tersedia dalam beragam kapasitas, mulai dari 1.500 cc hingga 5.000 cc. Akibat besarnya kapasitas mesin dan bobot kendaraan yang berat, tidak heran jika penggunaan bahan bakar minyak cukup menguras kantong. Terlebih jika jarak tempuh yang telah dilalui hingga ratusan kilometer.

Tetapi janganlah khawatir sebab salah satu importir ternama di indonesia yaitu, Prestige Image Motorcars menghadirkan SUV bertenaga listrik, yakni Tesla Model X. Jika membandingkan dengan SUV yang memiliki tenaga dan bobot yang sama dengan Model X, tentu biaya yang kita keluarkan jauh lebih irit mobil listrik.

Karena Tesla Model X memiliki kapasitas baterai 75 kilo Watt/hours untuk menempuh jarak 350 kilometer. Dihitung 75 x Rp1.500 (biaya listrik) = Rp112.5 ribu saja yang perlu dikeluarkan dari dompet kita. Dan tidak perlu khawatir apabila mobil jarang digunakan, apabila kondisi baterai dalam keadaan penuh, batrai tidak akan berkurang selama kita tidak menyalakan mobil tersebut, enak bukan??

Sebagai perbandingannya, mobil SUV bermesin konvensional butuh biaya BBM sekitar Rp200-300 ribu untuk menempuh jarak yang sama. Dari segi perawatan, mobil listrik juga tidak memerlukan banyak penggantian suku cadang. Di atas kertas, kapasitas baterai 75 kWh mampu digunakan untuk menempuh jarak 416.8 kilometer. Dengan penggerak empat roda, SUV ini mampu mencapai kecepatan maksimal 209.2 kilometer per jam.

Akan tetapi harga dari Tesla Model X ini memang tak akan dibanderol dengan angka yang murah. Wajar saja sih kalau menurut saya, mengingat segmentasi dan teknologi yang ditawarkannya cukup berkualitas tinggi. Dan menurut beberapa informasi yang beredar, harga Tesla Model X ini dibanderol mulai US$200 ribu atau setara dengan Rp 2.64 miliar.

Wow harga yang cukup fantastis bukan untuk sebuah mobil listrik? bahkan sebanding dengan harga super car atau mobil mewah lainnya. tetapi apakah harga Rp 2.64 milliar ini worth it untuk sebuah mobil listrik cangih seperti Tesla Model X? silahkan anda menilai sendiri.

INTERSPORT SLALOM 2017 - AUTO GYMKHANA 4th ROUND (PURWOKERTO)