Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Porsche 356 Legendaris Peraih Juara

Cameron Healay adalah salah satu dari sekian juta penggemar berat Porsche 356 di seluruh dunia, dan beruntungnya lagi Ia berhasil meminang mobil idamannya tahun 2009 silam. Yaps, Porsche 356 merupakan nenek moyang yang kini dikonversi menjadi Porsche Spyder berteknologi hybrid.

Para pakar otomotif pasti tahu bahwa Porsche 356 adalah model pertama namun tidak ada seorang pun menduga jika pada akhirnya Porsche 356 ini adalah kendaraan pertama yang memenangkan kejuaraan 24 Hours of Le Mans.

Merunut kembali ke akarnya, Porsche 356 model coupe pertama kali diproduksi di Gmünd, Austria tahun 1949, terbuat dari bahan aluminium tetapi seiringnya waktu berpindah produksi di Stuttgart, 356 beralih ke bahan besi lantaran proses manufaktur dinilai lebih praktis. Tahun 1950, ditandai sebagai berakhirnya coupe asli aluminium yang berjumlah 52 unit dan diantaranya Porsche 356 berkode 2-063. Mobil inilah yang pernah merajai 24 Hours of Le Mans.

Ditengah lomba berlangsung, hanya satu mobil yang tersisa setelah terjadi cuaca buruk. Itu adalah mobil 063 yang berhasil menyelesaikan seluruh perlombaan hanya untuk mencapai garis finish di tempat pertama untuk kelasnya. Yaps, mobil yang kini begitu dikenal banyak orang itu menjadi kemenangan pertama bagi Porsche di Le Mans. Dalam beberapa bulan kemudian, 063 memecahkan rekor internasional dan bersaing di sejumlah event balap. Dan setelah itu, Porsche 356 mulai diekspor ke AS.

Sepanjang jalan, Porsche 063 dan bekas pemiliknya kehilangan jejak signifikansi historikal mobil tersebut. Mobil ini berpindah tangan beberapa kali sebelum seorang pria bernama Chuck Forge membelinya pada tahun 1957. Chuck mengendarai mobil itu layaknya pemilik sebelumnya dengan kondisi tanpa atap untuk menekan berat.

Tahun 1981, mobil direstorasi total. Meskipun pihak Porsche mengakui hasil restorasi tersebut dilakukan dengan sangat baik, tetapi sayangnya telah berganti jubah warna merah dan tetap tidak dilengkapi dengan atap hardtop. Ketika Chuck meninggal tahun 2009, Healey memboyong mobil tersebut — sang 063 yang kehilangan identitasnya.

Berjalannya waktu, Healey mulai menemukan kejanggalan, seperti lampu yang tidak sesuai dengan tahun produksinya. Yaps, Healey adalah satu dari sekian pemilik yang memperhatikan hal sedetail ini. Bersama Porsche, Ia menggali arsip hanya untuk mendapatkan jawaban atas keraguannya. Berawal dari lampu yang tidak sesuai, justru Ia menemukan bukti otentik yang selama ini tidak terungkap. Dan benar, mobilnya adalah Porsche 356 berkode 2-063 yang pernah memenangkan kejuaraan 24 Hours of Le Mans tahun 1951.

Berbekal pengetahuan itulah Healay mengembalikan kondisi mobil sesuai tampilan awal dan melengkapinya dengan hardtop baru dari potongan laser termasuk menorehkan nomor 46 pada bodinya. Ini baru namanya kolektor sejati. Salut dah buat Om Healay!

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan