Home Issue Cars Porsche Mission E: Mobil Yang Menjadi Rival Berat Bagi Tesla

Porsche Mission E: Mobil Yang Menjadi Rival Berat Bagi Tesla

Jika kalian pernah mendengar nama Porsche Mission E? Yup, mobil ini adalah mobil konsep yang diperkenalkan pihak Porsche di ajang Frankfurt Motor Show 2015 lalu. Seperti namanya yang ada huruf ‘E’, bisa dipastikan mobil ini mengunakan tenaga listrik untuk memutar ke empat rodanya. Sudah bosan dengan saya selalu membahas kendaraan listrik atau pun hybrid? Mau bagaimana lagi, memang seperti itulah masa depan yang sedang dibangun oleh seluruh pabrikan otomotif dunia.

Konsep desainnya sekilas punya kemiripan dengan Mercedes Benz CLS-Class dan BMW 6er Gran Coupe, yakni coupe 4 pintu, tapi Mission E dibentuk dengan desain utama dari sang ikon Porsche, 911. Karena konsepnya sedan listrik, berarti sama dengan Tesla Model S yang sedang naik daun sebagai mobil listrik paling revolusioner untuk saat ini. Saya perkirakan bakal banyak video yang menampilkan rivalitas antara Porsche Mission E dan Tesla Model S di jalanan umum, karena Porsche Mission E diperkirakan akan menjadi rival dari mobil buatan Elon Musk yaitu, Tesla.

Porsche Mission E sendiri diperkirakan akan memiliki akselerasi yang sangat kencang, dari keadaan diam hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam 3,5 detik saja. Sedangkan untuk kecepatan maksimal dari Porsche Mission E dikabarkan bisa menyentuh angka 250 km/jam. Satu hal lagi yang diunggulkan oleh Porsche terkait Porsche Mission E dengan hadirnya sistem pengisian daya secara cepat alias fast charging yang mampu mengisi hingga 80% dari keseluruhan daya tampung baterai hanya dalam 15 menit saja.

Porsche Mission E sendiri masih belum akan dijual di tahun 2017 ataupun tahun 2018 besok, karena mobil yang versi konsepnya memiliki lampu belakang memanjang ini baru akan dilepas ke pasar pada akhir tahun 2019 mendatang, masih lama. Dan sejak dua tahun lalu, proses pengembangan dari Porsche Mission E terus berjalan, dan saat ini proses pengembangan tersebut sudah memasuki babak finalnya. Petinggi dari pihak Porsche, Oliver Blume mengatakan bahwa kedepannya Porsche Mission E akan mengisi celah pasar di antara Porsche Panamera dan porsche 911.

Apabila nantinya Porsche Mission E dijual ke pasaran, maka mobil ini akan menjadi mobil All Electric pertama dari Porsche. Selain itu, Porsche Mission E juga diprediksikan akan ditawarkan dalam sejumlah pilihan spesifikasi, khususnya pada perbedaan keluaran tenaga yang dihasilkannya.

Sebab Porsche sendiri mengatakan bahwa nantinya Porsche Mission E akan dibekali dengan motor listrik secara total yang akan menghasilkan tenaga puncak sebesar 600 hp. Dan melihat sudah cukup majunya pengembangan baterai dan motor listrik saat ini hingga tahun peluncurannya nanti, sepertinya bukan hal mustahil untuk mewujudkan statement Porsche tersebut.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)