Home Did You Know? Posisi Tempat Duduk Yang Paling Aman Menurut Departemen Manajemen Lalu Lintas Amerika...

Posisi Tempat Duduk Yang Paling Aman Menurut Departemen Manajemen Lalu Lintas Amerika Serikat

mpi.mb.ca

Keamanan dalam berkendara memang menjadi prioritas utama bagi produsen mobil dimanapun berada. Bisa dikatakan hampir seluruh produsen mobil tidak mau main-main terhadap keselamatan baik pengemudi dan penumpang yang berada di dalam produknya, tidak khayal jika produsen mobil semakin memanjakan konsumennya dengan berbagai macam fitur keamanan yang canggih. Namun tahukah anda bahwa ada sebuah lembaga yang telah meneliti keamanan posisi tempat duduk selama 10 tahun ini?

1000awesomethings.com
1000awesomethings.com

Departemen Manajemen Lalu Lintas Amerika Serikat dilansir telah melakukan penelitian selama 10 tahun mengenai tingkat keamanan posisi duduk didalam mobil yang mendapatkan prosentase tingkat bahaya yang dimiliki oleh setiap posisi tempat duduk, tentunya prosentase tersebut didapatkan dengan persyaratan menggunakan sabuk pengaman secara baik dan benar.

liekr.com
liekr.com

Posisi 1, Nilai Tingkat Bahaya 101

Pada posisi 1 atau pada bagian sebelah supir, merupakan posisi duduk yang paling berbahaya menurut penelitian ini. Pasalnya pada posisi ini dirasa ruang untuk bergerak sangat sempit yang mengakibatkan kesulitan untuk melindungi diri ketika kecelakaan terjadi. Kemudian pada posisi ini, resiko terluka dari bagian samping kanan-kiri dan depan sangat besar.

Posisi 2, Nilai Tingkat Bahaya 73,4

Pada posisi duduk belakang supir tingkat bahaya masih cukup tinggi, dikarenakan ketika supir menghadapi bahaya dan melakukan pengereman menjadi dasar pada posisi duduk ini lebih berbahaya dibanding posisi 3.

Posisi 3, Nilai Tingkat Bahaya 62,2

Posisi 3 yang berada ditengah sebenarnya cukup menguntungkan. Dengan posisi duduk yang memiliki jarak paling jauh dengan hal didepannya diantara posisi duduk lainnya, menyebabkan posisi ini sedikit lebih aman dibanding posisi duduk yang lain. Ditambah dengan kemungkinan tertabrak dari posisi manapun yang lebih kecil membuat tingkat bahaya menurun dibanding posisi duduk lainnya.

Posisi 4, Nilai Tingkat Bahaya 100

Jika dibandingkan dengan posisi duduk bagian belakang, pada posisi duduk supir memiliki jarak terhadap penyangga didepan yang lebih pendek. Sehingga rentan kecelakaan akan lebih tinggi, hampir sama dengan posisi duduk 1. Sedikit berbeda dengan posisi duduk 1 karena supir telah mengetahui akan terjadinya kecelakaan sehingga tahu apa yang harus dilakukan, sehingga tingkat bahaya berada dibawah posisi 1 meski tidak terpaut jauh.

Posisi 5, Nilai Tingkat Bahaya 74,2

Posisi 5 yang berada disebelah belakang supir memiliki tingkat keselamatan cukup tinggi, dikarenakan pada posisi duduk ini memiliki ruang pandang yang lebih bagus dan tingkat fleksibilitas untuk keluar dari mobil jika terjadi kecelakaan lebih besar.

Nahh itu dia prosentase mengenai keamanan posisi duduk saat di mobil menurut Departemen Manajemen Lalu Lintas Amerika Serikat dengan penelitiannya. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan ingat selalu safety riding sob….

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)