Home Did You Know? Radiator Flush, Solusi Ampuh Usir Overheat Mesin Mobil

Radiator Flush, Solusi Ampuh Usir Overheat Mesin Mobil

ytimg.com

Radiator, merupakan salah satu bagian dari sebuah mobil yang memang tidak bisa dipisahkan. Keberadaan radiator tentunya sangat berpengaruh besar terhadap kinerja mesin mobil. Terbayang gimana panasnya mesin ketika perjalanan jauh tanpa menggunakan radiator?

iacpublishinglabs.com
iacpublishinglabs.com

Oleh karena itu, perawatan radiator secara rutin sangat direkomendasikan untuk menghindari kemungkinan buruk yang dapat menimpa mesin mobilmu sob. Nahh, kalo perawatan secara berkala udah dijalanin, pasti ketika menempuh perjalanan jauh bakalan lebih tenang kan sob. Namun permasalahan mesin overheat yang dikarenakan radiator yang tidak bekerja dengan optimal nampaknya masih kerap menghantui. Kebanyakan masalah ini dialami oleh pengendara yang tidak mengetahui riwayat perawatan radiator mobil sebelumnya sob, dan bisa saja terjadi karena kotoran pada radiator mobil mulai menumpuk baik karena usia maupun kurangnya perawatan.

techreviews.com
techreviews.com

Kotornya radiator tentunya membuat kinerja radiator tidak maksimal, penyumbatan aliran coolant dapat berakibat pada mesin yang menjadi lebih cepat panas sob. Dengan keadaan seperti itu, perjalanan jauh tentunya akan membuat hati deg-deg seer kan sob? Nahh, sebenarnya permasalahan itu dapat kita atasi sendiri sob, langkah awal untuk menghilangkan kendala seringnya overheat bisa dilakukan dengan flushing radiator yang dapat kamu lakukan sendiri dirumah sob. Caranya gampang kok, simak nih sob tata caranya dibawah ini.

prestone.com
prestone.com

Pertama
Hidupkan mesin mobil dengan waktu 2-3 menit dengan tujuan mengangkat kerak. Jangan terlalu lama ya sob, pasalnya jika terlalu lama maka suhu dan tekanan pada sistem akan meningkat yang cukup membahayakan .
Kedua
Buka tutup lobang pengisian radiator menggunakan handuk/kain lap yang sudah dibasahi untuk meminimalisir panas, kemudian buka juga baut yang menutup aliran pembuangan. Sebelumnya siapkan wadah untuk menampung coolant yang akan diganti.
Ketiga
Setelah coolant terbuang semua, tutup kembali aliran pembuang dan masukkan radiator flusher ke dalam radiator dan campur dengan air hingga radiator penuh. Kemudian nyalakan mesin selama 2-3 menit.
Keempat
Buang radiator flusher yang ada di dalam radiator, kemudian bilas dengan air mengalir secukupnya. Setelah kotoran tidak lagi keluar, biarkan air mengalir hingga berhenti dengan sendirinya sebelum menutup kembali aliran pembuang.
Kelima
Masukkan coolant baru kedalam radiator hingga penuh, kemudian tutup radiator dengan baik dan benar.

Nah itu dia sob cara ampuh mengusir mesin yang suka overheat dengan Radiator Flusher, mudah kan? Bisa dong kerjain sendiri dirumah biar hemat, hehehe.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)