Home Did You Know? Rahasia Dibalik Pakaian Balap Anti Api Yang Harus Diketahui

Rahasia Dibalik Pakaian Balap Anti Api Yang Harus Diketahui

worldrecordacademy.com

Mulai tahun 1975 FIA yang memutuskan untuk mewajibkan wearpack pembalap harus tahan api yang tentunya meningkatkan tingkat tingkat keselamatan bagi pembalap jika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan. Awalnya kebijakan ini menjadi momok tersendiri bagi para produsen pakaian balap di saat itu, berawal dengan dibuatnya wearpack dengan lima lapis dengan spek sama persis dengan apa yang digunakan astronot NASA.

wikimedia.org
wikimedia.org
quoracdn.net
quoracdn.net

Seiring berkembangnya zaman, wearpack dengan spek sama dengan yang digunakan oleh astronot NASA mulai ditinggalkan yang digantikan oleh Nomex. Nomex adalah sebuah bahan tahan api yang merupakan serat ringan. Dengan melewati berbagai pengujian di laboratorium hingga akhirnya ditemukan bahwa Nomex mampu menahan kobaran api yang bersuhu 400 hingga 800 derajat celcius dalam waktu 12 detik setelah api menyala.

nasa.gov
nasa.gov

Wearpack yang digunakan dalam balap mobil saat ini memiliki fitur manset elastis yang terdapat pada pergelangan tangan dan juga kaki yang terbuat dari dua hingga empat lapis Nomex.

eaxplinthatstuff.com
eaxplinthatstuff.com

Sebelum dilakukan pengujian, Nomex harus melewati 15 kali pembasuhan serta 15 kali proses dry cleaning yang setelah itu Nomex akan mengalami uji dengan suhu 600 hingga 800 derajat celcius. Tingkat kritis tes untuk nomex sebesar 41 derajat celcius yang harus diminimalisir dalam waktu 12 detik.

k1racegear.com
k1racegear.com

Resleting pakaian balap mobil juga harus menahan suhu yang sama dan tidak boleh meleleh ataupun menyalurkan panas hingga pembalap merasakan panas yang diakibatkan oleh api yang menyambar. Bahkan tambalan dan juga benang yang digunakan dalam proses penjahitan pakaian balap harus tahan api. Selain itu wearpack juga dituntut untuk tetap memiliki pori udara yang memungkinkan keringat yang dihasilkan pada saat balap berlangsung dapat dialirkan.

volusion.com
volusion.com

Jika memperhatikan secara detail, dua strip yang ditemukan pada bahu pembalap ternyata memiliki tujuan tersendiri. Disinyalir hal itu akan memudahkan marshal yang membantu proses evakuasi yang jika diperlukan untuk membongkar dan membukanya untuk menghindari cedera serius yang mungkin bisa menimpa pembalap.

thedriversuit.wordpress.com
thedriversuit.wordpress.com

Jika dibandingkan, daya tahan Nomex yang dapat menahan api selama 12 detikĀ  pada suhu 800 derajat celcius ternyata kalah jauh jika dibandingkan dengan panas yang dihasilkan pada saat sauna yang hanya 100 derajat celcius. Jika dibandingkan dengan kebakaran rumah yang mencapai 740 derajat celcius, sedangkan lava dari gunung berapi memiliki suhu antara 700-1000 derajat celcius. Jadi kebayang kan sob gimana kuatnya Nomex itu??? So, jika akan membalap jangan remehkan hal satu ini yaa. Keep safety sob pokoknya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)