Home Did You Know? Rahasia Pola H Pada Pergantian Transmisi Mobil

Rahasia Pola H Pada Pergantian Transmisi Mobil

Bagi Anda yang sudah bisa nyetir mobil, mungkin pernah terbesit di pikiran tentang satu hal. Mengapa Tuas perpindahan gigi pada mobil memiliki pola H? Ya, bila dipikir-pikir, memang agak aneh. Barangkali ada juga yang berpikir mengapa pola pada tuas perpindahan gigi tidak dibikin lurus saja. Berikut ulasannya.

Sebetulnya pola H pada tuas perpindahan gigi baru muncul beberapa dekade lalu. Sebelumnya, tuas gigi berbentuk pola ‘three-on- a three.’ Namun, semakin ke sini, teknologi automotif membutuhkan banyak penyesuaian, termasuk penyesuaian pola pada tuas perpindahan gigi.

Pola H Pada Pergantian Transmisi 2
carboncarsystems.com.au

Dikutip dari situs Yahoo Autos, settingan pola H sebetulnya punya maksud yang baik. Rata-rata, pengendara mobil banyak yang tidak sadar bila sedang mengendarai kendaraannya. Nah, pola H dimaksudkan untuk menghindari kecerobohan para pengemudi. Bila pada suatu ketika si pengemudi tiba-tiba ingin mengurangi kecepatan dengan menggeser gigi, maka pola H pada tuas perpindahan gigi akan jauh lebih aman.

Pola H pada tuas perpindahan gigi dapat membantu pengemudi untuk lebih teratur berkendaraan. Selain itu, pola H pada tuas perpindahan gigi ditujukan untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi. Menurut Fred Jacobs, seorang sejarahwan BMW, pola H sangat membantu pengemudi untuk tidak langsung memindahkan gigi 1 ke gigi 5 pada track lurus. Bila itu terjadi, maka akibatnya bisa fatal.

Pola H pada tuas perpindahan gigi juga menyediakan efisiensi ruang. Ruang yang dimaksud adalah ruang pergeseran tuas pada saat perpindahan. Lebih jauh, pola H dapat membuat gearbox menjadi lebih pakem dan kompak.

Saat ini, untuk mengakomodasi pengemudi agar lebih aman berkendaraan, para produsen automotif terus mengembangkan pola pada tuas perpindahan gigi. Salah satunya dengan memberikan throm (jarak). Perpindahan gigi yang memiliki jarak yang cukup jauh sebetulnya berefek pada mesin. Perpindahan gigi dengan lompatan yang jauh, akan merontokkan beberapa bagian pada mesin.

Sebagai catatan, pola H tidak berlaku bagi mobil balapan. Untuk para pebalap, tuas perpindahan gigi dibentuk seperti garis lurus saja. Tujuannya adalah untuk mempercepat pemindahan gigi.

gambar utama : tcblog.truecar.com

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • rando

    ooo ternyata gitu fungsinya yak…