Home Did You Know? Rallycross: Balapan yang Sudah Ada Sejak Lama

Rallycross: Balapan yang Sudah Ada Sejak Lama

Akhir-akhir ini ajang balapan rallycross sedang naik daun di dalam dunia balapan roda empat. Tetapi beberapa dari kalian mungkin tidak menyangka sebenarnya rallycross itu sudah dikenal cukup lama di eropa pada tahun 1967. Memang tidak seperti drift dan gymkhana, untuk rallycross terbilang lambat untuk dikenal luas diluar eropa.

Balapan pertama dilaksanakan pada sikuit Lydden yang berada Lydden Hill, Inggris yang pada saat ini tempat tersebut menjadi mecca of rallycross (tempat keramat dalam ajang rallycross). Yang bertanding pada pertandingan kala itu ialah Vic Elford (Porsche 911), Brian Melia (Ford Lotus Cortina) dan Tony Fall (BMC Mini Cooper S).

Hal tersebut mendapat sambutan hangat oleh masyarakat Inggris yang kemudian membawa balapan tersebut ke daratan eropa. Saking populernya, beberapa negara di eropa juga memiliki kejuaraan rallycross masing-masing. Diantaranya di Belanda, Belgia dan Perancis. Serta negara-negara Skandinavia, seperti Finlandia, Norwegia dan swedia yang juga dikenal sebagai gudangnya pereli- pereli handal.

Baru pada tahun 2009, Rallycross mulai merambah Amerika sebgai event ekshibisi. Awalnya bernama Rallycross Supercar yang mengambil venue di sirkuit Nascar yang dirombak sedikit untuk menyesuaikan regulasi dari Rallycross. Kemudian ajang tersebut berubah menjadi Global Rally Championship (GRC) yang dipromotori oleh X-Games yang dimulai pada tahun 2011 dengan mencatat Taner Foust sebagai juaranya. GRC yang sebelumnya hanya mengadakan perlombaan di sekitaran amerika saja, pada tahun 2014 mulai melebarkan sayap. Dimana pada tahun tersebut GRC menggelar perlombaan di Brazil, German dan Spanyol.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)