Home Did You Know? Rear Wheel Drive VS Front Wheel Drive

Rear Wheel Drive VS Front Wheel Drive

Kelebihan dan kekurangan RWD dan FWD

Kebanyakan mobil keluaran terbaru saat ini menggunakan sistem penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD). Sedangkan kendaraan dengan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) dahulu lebih banyak digunakan. Untuk saat ini mungkin hanya lazimnya kendaraan RWD banyak ditemui di kendaraan niaga saja. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita kupas bersama-sama.

front_and_rear_wheel_drive
Di dunia kendaraan roda empat, terbagi jadi 3 jenis tipe penggerak roda. yaitu front-wheel drive, rear wheel-drive, dan four-rear wheel-drive atau 4WD. Masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan, disini kita akan membahas tentang front-wheel dan rear-wheel karena tipe ini yang paling banyak beredar di Indonesia, mana yang lebih baik?.

Tipe pertama yaitu yang lebih sering disebut dengan Front Wheel Drive atau sstem penggerak roda depan artinya adalah mobil tersebut penerus dayanya adalah dengan roda depan, tipe kedua adalah Rear Wheel Drive atau system penggerak roda belakang yaitu mobil tersebut penerus dayanya melalui roda belakang. Tipe ketiga adalah Four Wheel Drive yaitu keempat roda mobil merupakan penerus daya atau disebut 4WD. Untuk Indonesia mobil pada umumnya hanya menggunakan dua tipe yaitu RWD dan FWD. Untuk tipe 4WD lebih banyak dipakai di kendaraan jenis SUV.

Rear-Wheel Drive
Dulu, semua mobil menggunakan sistem rear wheel-drive, karena sistem ini memberikan keseimbangan mobil yang lebih baik karena roda depan hanya berfungsi sebagai pengendali, sedangkan untuk penggeraknya dilakukan oleh roda belakang.. Tetapi karena biaya produksi mobil-mobil rear-wheel rata-rata lebih besar daripada front-wheel, maka produsen mobilpun sekarang lebih banyak memproduksi mobil-mobil entry level mereka, rear-wheel umumnya masih diproduksi tetapi hanya untuk mobil high-end saja.

differential-rwd
Keunggulan mobil dengan rear-wheel selain kesimbangan sasis adalah transfer bobot yang lebih baik pada saat berakselerasi. Transfer bobot pada saat berakselerasi ini penting, karena pada saat berakselerasi bobot mobil langsung dipindahkan ke bagian belakang dan efeknya cengkeraman ban belakang jadi lebih besar menjadikan kemungkinan untuk mobil mengalami sliding jadi lebih kecil.

Rear-wheel drive juga bagus dalam hal pengereman, karena keseimbangan sasis yang baik maka pada saat pengereman bobot akan ditransfer sama rata ke seluruh bagian mobil. Jadi bagian depan tidak akan menerima bobot yang melebihi kapasitasnya sehingga ketika terjadi “panic braking” dan driver masih bisa mengendalikan mobil.

Dalam memarkir kendaraan terdapat beberapa perbedaan dalam hal keleluasaan parkir. Khususnya bila parkir pada celah sempit dan tempat terbatas, perbedaanya adalah pada FWD manuver parkir akan terasa lebih sulit saat roda depan harus belok patah karena terbatasanya as roda. Sedangkan pada RWD cenderung lebih leluasa dalam bermanuver karena tak terhambat as roda. Hal ini tentu berpengaruh pada radius putar mobil. Radius putar yaitu kemampuan mobil dalam melakukan pola lingkaran. Hal ini berguna pada saat harus memutar balik kendaraan, perbedaan dalam melakukan hal ini untuk mobil FWD biasanya melakukan radius putar yang lebih besar daripada RWD. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan pada as roda depan. Karena pada FWD as roda depan juga digunakan sebagai penggerak roda dan sistem kemudi.

Mobil dengan RWD memiliki keseimbangan yang lebih baik dari RWD karena distribusi bobot yang merata. Selain itu pembagian kerja poros depan dan belakang membuat masing-masing bisa bekerja maksimal. Namun, kelemahannya yaitu kurang efisien karena adanya kerugian mekanis. Tenaga harus disalurkan ke roda belakang. Kelemahan mobil rear-wheel adalah karena harga produksi yang mahal mengakibatkan harga mobilnya rata-rata mahal, selain itu membutuhkan ruang yang lebih besar daripada front-wheel akibatnya kabin mobil jadi lebih sempit daripada front-wheel.

Front-Wheel Drive
Keunggulan dari mobil dengan front-wheel drive adalah harga produksi yang lebih murah, karena produsen mobil lebih mudah untuk menyatukan mesin dan system penggerak pada bagian depan saja, mengakibatkan harga mobil dapat ditekan. Mobil jenis front-wheel juga lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar, karena itu mayoritas mobil-mobil yang beredar sekarang menggunakan front-wheel drive system.

frontwheel
Benefit front-wheel adalah kabin interior yang lebih lega daripada rear-wheel, karena semua sistem hanya ditempatkan di bagian depan saja. Bagian tengah dan belakang sudah dapat dikhususkan untuk penumpang dan kompartmen barang. Kelebihan mobil dengan tipe ini adalah efisiensi, karena kerugian mekanisnya lebih sedikit dibanding RWD. Selain itu mesin FWD biasanya dipasang melintang sehingga pemanfaatan kabinnya jadi lebih baik. Sementara kekurangannya yaitu handling mobil FWD tak sebaik RWD karena roda depan berfungsi sebagai kemudi dan harus menyalurkan tenaga mesin dan distribusi bobot juga kurang merata.

FWD dibuat supaya lebih praktis dan efisien karena tidak adanya as kopel dan gardan pada roda belakang. Untuk RWD memiliki durabilitas yang tinggi daripada FWD, tetapi untuk urusan bobot RWD mempuyai bobot yang lebih berat karena adanya gardan dan as kopel. Sedangkan untuk FWD dinilai lebih lemah durabilitasnya tetapi untuk bobot bisa berkurang hinggi 20%.

Dari penjelasan di atas, sudah mengerucut jika mobil dengan sistem RWD lebih cocok bagi mobil yang difokuskan sebagai pekerja keras (dalam hal mobil tersebut berjenis MPV – SUV), sering membawa banyak barang/ orang, dan sering melalui rute pegunungan. RWD cocok sekali untuk kategori ini. Type FWD selain mengoptimalkan ruang mesin+kabin juga berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar, karena mobil2 FWD tidak perlu menggunakan kopel dan gardan belakang. Karena dengan cc kecil, tenaga akan disalurkan langsung ke roda depan. Kelemahan mobil FWD biasanya terdapat pada bearing as roda yg cepat aus, as roda bengkok, karena memikul beban yangg cukup berat.

Sedangkan RWD biasanya digunakan mobil2 sedan Eropa/Amerika yg memiliki kapasitas mesin besar (diatas 2000 cc), dengan kapasitas mesin yg besar sedan2 RWD memiliki handling yang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil FWD.

Apabila anda merasakan mengendarai mobil FWD dan RWD, tentunya akan merasakan perbedaan handlingnya. Akan terasa sekali pada jalur luar kota yg berliku dan naik turun.
Jadi lebih tahu kan tentang system penggerak mobil kalian?

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • Rum Sieh

    FWD setelah masa pake 5 th…ongkos perawatannya lebih mahal di banding RWD

  • Yusuf Abdul Basith

    Enakan RWD, velg ban depang gak cepat rusak.