Home Issue Cars Regenerasi Terbaru dari Toyota FJ-Cruiser

Regenerasi Terbaru dari Toyota FJ-Cruiser

Sebuah SUV konsep dipamerkan oleh Toyota pada Tokyo Motor Show 2017, bernama TJ Cruiser. Bentuk Toyota TJ Cruiser kotak dan unik. Mobil ini menggabungkan kelegaan mobil van dan desain gahar ala mobil SUV. Konsep ini dikatakan akan menjadi calon SUV produksi dari Toyota berikutnya dalam beberapa tahun ke depan.

“Kami menemukan bahwa ada dua jenis pemilik SUV di Jepang. Salah satunya adalah kaum urban yang menekankan gaya dan performa. Yang lainnya adalah konsumen yang lebih memilih kepraktisan, seperti kabin yang luas dan nyaman serta ruang bagasi yang luas,” kata Business & Operating Planning Division Toyota Motor Corporation Mai Takeuch

Nama Toyota TJ Cruiser sendiri memiliki makna tersendiri. T berarti Toolbox yang merepresentasikan mobil bisa digunakan seperti kotak peralatan, sedangkan J merupakan singkatan dari joy. Sementara Cruiser merupakan nama yang secara tradisional digunakan Toyota untuk line up mobil SUV-nya.

“Fitur pertamanya adalah ruang kabin yang bisa dijadikan ‘tool’ yang nyaman. Dua poin spesifik, ruang kargo modular besar dan akses mudah untuk orang dan barang bawaan. “Fitur kedua adalah active utility style. Ini mengacu pada bodi kokoh dan kotak dengan kepraktisan. Ini seperti toolbox yang bisa dimanfaatkan,,” katanya. Bentuk kotaknya memancarkan bahwa mobil ini merupakan mobil utilitas tinggi. Kaki-kaki yang kokoh diwujudkan oleh ban ukuran besar dan lekukan-lekukan bodi yang tebal dan tegas.

Kap mesin, atap dan fender menggunakan bahan dengan lapisan khusus. Alhasil, bagian-bagian itu mampu menahan goresan atau kotoran. Di bagian dalam, mobil ini mampu menampung 4 orang penumpang. Jok penumpang depan maupun belakang bisa dilipat rata sehingga menyajikan ruang kargo luas, bahkan bisa masuk papan seluncur 3 meter dan sepeda.

Pintu belakang yang bisa dibuka lebar memudahkan pengendaranya untuk menyimpan atau mengeluarkan barang-barang besar. Bantalan kursi di kursi penumpang tepat di belakang pengemudi bisa dibolak-balik ke depan untuk menciptakan ruang khusus penyimpanan bahan makanan atau barang belanjaan. Pintu mobil ini pakai jenis sliding door atau pintu geser. Sehingga, akses keluar-masuknya lebih mudah.

Mobil ini menggunakan mesin 2.000 cc yang dipadukan dengan sistem hybrid. Tenaga dari mesin diteruskan ke roda depan atau ke empat roda. “Kami percaya, tidak hanya terbatas di Jepang, TJ Cruiser bisa diterima oleh masyarakat dunia,” kata Mai.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)