Home Did You Know? Revolusi Kunci Mobil BMW

Revolusi Kunci Mobil BMW

bmwblog.com

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, salah satunya terlihat dari perkembangan smartphone yang semakin hari semakin menjadi. Dengan smartphone kita dapat mengendalikan hampir seluruh dari perangkat elektronik, begitu juga BMW yang mengembangkan kunci mobilnya yang semakin canggih hingga saat ini.

Kunci mobil yang awalnya terbuat dari logam kecil yang berbentuk memanjang berguna untuk menghidupkan mobil yang telah berjalan selama lebih dari satu abad telah mengalami perubahan yang signifikan. Hingga pertengahan tahun 90an BMW terbukti telah mengembangkan kunci mobilnya untuk sederetan mobil premium produksinya.

bmwblog.com
bmwblog.com

Sebelum memasuki awal tahun 2000, tombol-tombol sebagai pendukung kunci mulai bermunculan. Dan pada saat ini BMW dengan i8 dan 7 series yang barusan dirilis di Indonesia telah menerapkan teknologi kunci terbaru yang dapat berfungsi sebagaimana kunci mobil sewajarnya dan juga remote control interaktif.

bmwblog.com
bmwblog.com

Oleh karena itu, mari kita melihat sejarah kunci BMW untuk dapat membandingkan dengan penemuan keyfob BMW terbaru.

Tahun 60-an dan kunci 70-an BMW,hampir seluruh kuncinya hanya menggunakan sedikit logam yang kemudian dipermanis dengan plastic dipangkalnya.

Mereka hanya alat-alat sederhana yang berfungsi untuk membuka kunci dan menyalakan mobil. Namun BMW berimprovisasi dengan membuat kunci lipat dengan memberikan cover kotak yang bertujuan untuk memudahkan saat kunci berada di dalam saku.

bmwblog.com
bmwblog.com
bmwblog.com
bmwblog.com

Di era 80an BMW mulai membuat kunci dengan memakai bahan plastik di bagian pangkal. Kemudian menyematkan lubang yang berfungsi sebagai tempat gantungan kunci yang berada di atas logo BMW nya. Namun di tahun 80an keyless juga menjadi andalan dari BMW dengan memberikannya remote terpisah untuk membuka dan mengunci mobil.

bmwblog.com
bmwblog.com

Pada tahun 90-an, kunci BMW standar tidak banyak berubah, tapi ada beberapa dengan tombol cahaya kecil yang dibangun ke dalam logo BMW di pangkalan.

bmwblog.com
bmwblog.com

Tapi kemudian, pada BMW  E39 dan E46 remot disertai beberapa tombol mulai dirilis bersamaan dengan peluncuran varian terbarunya.

bmwblog.com
bmwblog.com

Perubahan yang sifatnya minor dilakukan hingga akhirnya BMW mengeluarkan mobil terbarunya. Yaitu dimana kunci dapat berguna sebagai pembuka kunci pintu mobil dimana pengendara hanya cukup meletakkannya di saku kemudian jika mendekat ke mobil dengan otomatis pintu akan membuka. Selain itu mobil juga dapat dihidupkan dengan kaki yang menginjak pedal rem. Dengan bentuk segi empat yang nantinya terdapat slot didalam dashboard sebagai tempat menyimpannya. Pada dasarnya itu adalah sebagai system dasar dari BMW di jaman sekarang.

bmwblog.com
bmwblog.com

Hingga kemunculan i8 7 series, BMW juga turut mengupgrade kunci mobilnya. Dengan dapat mengontrol hal-hal lain yang seperti biasa dan juga dapat mengatur system kontrol dan juga memerika status pengisian pada BMW hybrid. Hal tersebut dapat dilakukan secara mudah melalui LCD yang tersedia pada kunci mobil. Bahkan di beberapa Negara kunci dari BMW terbaru ini dapat memarkirkan mobil dan pengendara tidak perlu berada didalam mobil.

Sungguh menakjubkan apa yang BMW kembangkan saat ini. Berawal dari kunci logam yang hanya dapat digunakan untuk membuka pintu mobil kemudian sekarang dapat berfungsi lebih seperti memarkirkan mobil dari jauh bahkan untuk mengatur system kontrol mobil.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)