Home Special News Racers Rifat Sungkar, Indonesia’s Best Rally Driver

Rifat Sungkar, Indonesia’s Best Rally Driver

Beberapa waktu yang lalu, fastnlow.net berkesempatan untuk bertemu dan ngobrol secara eksklusif bareng jawara rally dengan segudang prestasi dari indonesia, Rifat Sungkar. Hari itu mas Rifat menemui fastnlow.net di kantornya RFT Motorsport, di daerah Pondok Cabe. Jakarta Selatan.

Rifat Sungkar, atlet Rally kelahiran 22 Oktober 1978 ini merupakan anak sulung dari pasangan Helmy Sungkar dan Ria Sungkar. Sejak kecil Rifat sudah akrab dengan dunia Rally, karena kedua orangtua dan kakeknya pun aktif berprestasi di dunia rally nasional sejak tahun 70 an.

Rifat Sungkar_ 2

Awal karir Rifat didunia rally bermula dari tahun 1996 , dan sejak saat itu berbagai prestasi sudah digenggam. Mulai dari juara sprint rally nasional sampai juara pada beberapa event Asia Pasific, dan WRC.

IMG_7780_

Di ruang kerjanya yang cukup cozy, Rifat menceritakan tentang passionnya dibidang otomotif dan apa yang menjadi motivasi utama Rifat untuk selalu menorehkan prestasi. Dalam berkarir, seorang Rifat memiliki prinsip “Kemauan, komitmen dan konsistensi. Jadi kalo lo mau, lo harus komit dan kalo lo udah komit lo harus konsisten” Hal itulah yang membuat nama Rifat memiliki segudang prestasi didunia balap. Tetapi bagi Rifat, prestasi saja tidak cukup. Prestasi masih harus didukung dengan promosi. “Dalam balapan, prestasi dan promosi harus jalan bersamaan” kata seorang Rifat yang saat ini menjadi Brand Ambassador Passenger car Mitsubishi di Indonesia.

Rifat Sungkar_ 3

Ternyata dibalik itu semua, Rifat punya cita-cita unik untuk masuk menjadi karakter dalam video game, haha. “Dari kecil gua punya cita-cita pengen menang dan dikenal orang, tapi cita-cita gua paling tinggi adalah gimana caranya gua bisa ada di video game” Dan sekarang kamu bisa pilih karakter Rifat Sungkar di video game WRC 3… Mantabb.

Rifat Sungkar_ 4

Tahun ini, Rifat mengikuti 5 seri Rally America bersama Fastron World Rally Team yang didukung penuh oleh Pertamina. Tahun ini benar-benar menjadi tahun pembelajaran untuk Rifat yang baru pertama kalinya menjejakkan kakinya di lintasan Rally benua Amerika. Untuk target tahun ini dia mengatakan “Tahun ini saya nggak ngejar posisi overall, karena tahun ini ada 7 event dan saya ikutnya 5. Ini tahun belajar saja untuk saya. Gain experience aja, tempat baru, mobil juga baru”.

Rifat Sungkar_ 5

Walaupun begitu bukan berarti Rifat tidak berprestasi di tiap seri yang diikuti. Seri pertama dan sekaligus seri adaptasi dengan navigator barunya Marshall Clarke membuahkan hasil podium ketiga di lintasan Oregon Trail Rally. Luar biasa..

Rifat Sungkar_ 6

Seri kedua, Susquehannock Trail Rally tidak terlalu menyenangkan untuk Rifat, dia mengalami jebol center differential di garis start sehingga terpaksa keluar dari event hari pertama dan harus start dari posisi 60 pada hari kedua. Tapi hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk terus menekan sehingga menghasilkan posisi 11 overall disaat finish.

Rifat Sungkar_ 7

Hasil kerja keras kembali berbuah di seri 3 New England Forest Rally yang berlangsung pada tanggal 26-27 Juli 2013 kemarin. Rifat yang kali ini berpasangan dengan Steve Lancaster kembali berhasil menyabet juara 3 dan mengibarkan sang saka Merah Putih di Amerika.

Rifat Sungkar_ 8

Di akhir pertemuan, Rifat Sungkar berkata “Gue punya satu tujuan hidup. Gue mau orang terinspirasi dengan apa yang sudah gue lakukan” dan “selalu lah berbuat terbaik untuk sponsor, untuk nyetir buatlah yang terbaik untuk diri sendiri setelah itu baru bisa meng-inspirasi orang lain” Sungguh inspiratif.

Rifat Sungkar_ 9

Maju terus Rifat Sungkar, besarkan nama Indonesia melalui namamu.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT