Home Headline Rifat Sungkar Uji Senjata Terbarunya

Rifat Sungkar Uji Senjata Terbarunya

Sentul, 3 Oktober 2017 – Ajang Kejuaraan Nasional Indonesian eXtreme Offroad Racing (IXOR) atau lebih dikenal balap Speed Offroad akan segera bergulir untuk putaran keempat pada akhir pekan ini. Persiapan pun dilakukan oleh seluruh pembalap, termasuk Rifat Sungkar sebagai Direktur Utama Pertamax Motorsport sekaligus salah satu pembalap andalan dari tim tersebut telah menguji kemampuan dari mobil terbarunya. 

Sebenarnya mobil ini telah terlihat pada putaran sebelumnya, namun Rifat Sungkar ingin memastikan senjata terbarunya siap untuk berlaga. Hasilnya, Rifat Sungkar bersama M. Redwan sebagai navigatornya menguji mobil dengan mesin LSX dengan gearbox Weismann Sequential 4 speed yang diatur oleh Motec M1 didamping PDM.

“Happy pastinya… Tapi intinya hari ingin mencari kekurangan kecil dari mobil ini yang mungkin berpotensi menjadi kendala besar seperti posisi pedal, posisi transmisi, karakter mesin hingga handling dari mobil ini. Istilahnya ‘fine tuning’ jadi fokus hari ini,” ungkap Rifat Sungkar.

Mobil dengan chasis buatan JRT menggunakan independent full suspension pada bagian depan, sedangkan untuk belakang memakai Solid Axle masih akan diseting di lintasan speed offroad.”Untuk suspensi memang belum secara detail karena baru akan diatur pada hari Jumat menjelang balapan.”

Urusan handling dari mobil terbaru Rifat Sungkar dianggap lebih resposif dengan power yang lebih besar dari mobil sebelumnya.”Hari ini belum bisa ngegas 100% tetapi saya yakin mobil ini punya konfigurasi dari sebelumnya. Memang transmisi belum maksimal dan ratio gear yang masih terlalu dekat hingga final gear masih sangat pendek. Jadi speednya masih terlalu rendah untuk power mesin sebesar ini.”

Rifat pun kembali mengaku sangat senang telah mendapatkan posisi duduk di dalam cockpit hingga pengereman yang mengadopsi rem dari Brembo. “Pastinya posisi duduk, cornering hingga breaking sudah mendapatkan hasil yang bagus. Hari kami sangat fokus dalam mencari kekurangan kecil dari mobil.”

M. Redwan sebagai navigator pun tak sabar ingin menguji mobil di lintasan agar bisa mengetahui kemampuan suspensi. “Tadi saat mencoba cornering sudah enak dan seperti lebih kencang. Jadi ingin segera bisa mencoba di lintasan jadi bisa tau seberapa kemampuan suspensi ketika ‘jumping’ hingga harus melakukan cornering.   

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)