Home Demas Agil Safety Equipment Wajib di Mobil Balap

Safety Equipment Wajib di Mobil Balap

Nah, kali ini kita mencoba untuk mengulas tentang perangkat apa saja yang dibutuhkan dan wajib digunakan saat balapan. Namun yang untuk kali ini kita membahas dari penggiatnya langsung, Demas Agil. Demas Agil disela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa ia perlahan terjun ke dunia wirausaha yang dimana dia banyak menjual segala jenis perangkat tentang dunia otomotif roda empat, terutama perangkat safety.

Penasaran ??? yuk simak ulasan di bawah ini…Untitled1

Yang pertama adalah helm. Helm, adalah peranti dasar yang wajib digunakan pada balap yang berfungsi untuk melindungi bagian kepala. Jangankan balap, naik motor yang cuman ke supermarket aja mesti pake helm lho *hehehe. Mengenai standar helm yang digunakan pada setiap balap, ternyata memiliki standar tersendiri. Demas menegaskan, untuk balap mobil standar yang di pakai adalah Snell SA. Perbedaan antara helm untuk balap mobil dan motor adalah pada bahannya, jika balap mobil material yang digunakan fire proof (tahan api) sedangkan untuk balap motor lebih mengutamakan kekuatan menahan benturan langsung. Seperti yang kita ketahui, Snell adalah lembaga dengan standar tinggi yang diakui dan didukung oleh banyak pabrikan helm kelas dunia. Selain jeli di bidang safety Snell juga memiliki spesifikasi yang sangat spesifik meliputi tipe dan ukuran. So, ga diragukan lagi sob safetynya…Untitled2

HANS (Head and Neck Support System) merupakan safety equipment yang wajib dipakai oleh pembalap F1 sejak musim 2003. Pada dasar nya fungsi peranti ini adalah menyangga kepala pembalap bila mengalami benturan atau terkena gaya gravitasi. HANS diletakkan pada pundak pembalap lalu dikaitkan ke helm. Berat peranti ini tidak lebih dari 200g dan harus mampu menahan gaya gravitasi hingga 100 G. Untuk lebih jelasnya simak ilustrasi dibawah ini

Untitled3

Sebelum menggunakan helm, pembalap akan memakai Balaclava. Apasih Balaclava ??? merupakan kain penutup kepala yang dirancang untuk memperlihatkan bagian muka saja. Terdapat 3 jenis balaclava; terlihat pada mata saja, mata serta hidung, atau terbuka seluruh bagian muka. Federasi Automobil Internasional (FiA) mewajibkan setiap balapan untuk menggunakan balaclava yang tahan api untuk mengurangi resiko kecelakaan. Semua driver dan co-driver harus mengenakan pakaian overall, sarung tangan, dan balaclava hal tersebut diatur dalam standar FiA 8856-2000.

Untitled4

Racing suit, gloves, dan sepatu juga merupakan peranti yang wajib digunakan oleh pembalap dan co-driver (kalo ada) dalam suatu balapan yang tentunya peranti tersebut harus bisa melindungi pembalap dari kejadian buruk yang tidak di inginkan. Untuk sepatu balap sebaiknya menggukan sol lentur, karena akan mempermudah pembalap mengenai feeling pedal gas dan rem. Selain hal tersebut telah diatur dalam FiA, Demas Agil menambahkan jika menggunakan Safety Equipment seperti diatas dapat meningkatkan gaya sob! Hahaha….

“Di Indonesia untuk sebagian besar balapan sudah memenuhi standar safety, tapi melihat persoalan budget juga. Terkadang masih ada yang bisa dikurangin seperti baju balap yang ga fire proof atau helm yang tidak sesuai peruntukannya. Pada musim 2016 terdapat kemajuan tentang regulasi balap di Indonesia dimana HANS wajib digunakan dalam lintasan” ungkap Demas ketika ditanya soal regulasi balap di Indonesia mengenai Safety Equipment.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)