Home Did You Know? Salah Posisi Tangan Mempengaruhi Kenyamanan. Apa yang Salah?

Salah Posisi Tangan Mempengaruhi Kenyamanan. Apa yang Salah?

http://www.vozhdenieauto.com/

Kalian pernah nggak memperhatikan kebiasaan orang yang lagi nyetir? Walaupun terlihat ‘sama’ tapi setidaknya pengendara mobil punya kebiasaan sendiri yang dirasa nyaman tapi kadang nggak aman. Sadar atau nggak kendali setir bisa mempengaruhi kesiapan kita dalam mengemudi. Beberapa penduan ini penting buat kamu yang newbie dan mahir. Sudah kah posisi tangan saat kamu nyetir benar? Berikut ini ada paling nggak 4 posisi tangan yang harus dihindari saat nyetir.

Jangan menyilangkan tangan

http://cardriving.com.au/
http://cardriving.com.au/

Maksudnya gimana sih? Nah ini perlu dihindari banget, jangan sampai posisi tangan itu menyilang di setir. Kenapa? Ya bahaya dong. Biasanya sih spontan pengemudi  menyilangkan tangan saat akan berbelok. Jadi setelah melakukan putaran penuh pada setir tangan mereka tetep menempel. Nah bisa jadi nanti malah kelilit sendiri tanagannya kan bahaya.

Intinya sih perlu dihindari kebiasaan yang mulanya berawal dari spontanitas itu tadi dan terapkanlah fokus.

Jangan salah sudut

http://carseatblog.com/
http://carseatblog.com/

Salah sudut disini bukan sudut pandang ya maksudnya. Jadi sudut saat kamu memegang setir juga berpengaruh. Kadang ada yang megangnya sebatas lingkaran atas dari si setir atau bahkan terlalu kebawah. Ini perlu diketahui, sudut yang bagus itu adalah 180 derajat, artinya antara angka 9 dan 3 dalam jam. Buat gampangnya ditengah-tengah bundaran setir.

Setelah baca poin diatas, udah pada bener belom nih nyetirnya? Jangan cuma didasarkan pada ‘gini aja nyaman kok’ ya, karena sadar atau nggak kesiapan kita jadi berkurang dengan posisi pegang setit yang salah.

Hindari menggunakan satu tangan

Couple Cruising in Convertible --- Image by © Bloomimage/Corbis

Nah ini nih, kadang yang udah bisa nyetir dan ngerasa udah jago, mereka kerap kali melakukan ini. Sebenernya sengaja atau nggak, itu bisa jadi kebiasaan kalau diteruskan. Tambahan aja sih, nyetir satu tangan punya istilah sendiri yaitu palming dan meskipun terlihat keren jangan dijadikan kebiasaan ya.

Walaupun mobil sekarang diciptakan dengan power steering, tetap saja sewaktu-waktu bisa terjadi hal yang serba mendadak. Bukannya bayangin yang jelek sih, cuma jaga-jaga aja (berjaga-jaga itu penting kok tapi).

Misalnya, tiba-tiba ada kucing yang nyelonong, nah otomatis kamu harus siap buat menstabilkan mobil dengan kedua tangan (rem juga sih tapi jangan lupa). Lagi nih, kalau ada yang tiba-tiba ngeduluin dari kiri, kamu juga perlu menggoyangkan setir kekanan sedikit. Nah coba kalau posisi tangan pada setir cuma satu jadi kurang kokoh kan?

Jangan asal memutar setir

http://pad1.whstatic.com/
http://pad1.whstatic.com/
http://pad1.whstatic.com/
http://pad1.whstatic.com/

Biasanya yang masih belajar nyerir mengalami hal ginian nih. Mau masuk ke gang muter setirnya terlalu ekstrim, jadi hampir nabrak tembok atau malah udah. Gawat kan? Nah makanya ada baiknya kalau kamu itu belajar kepekaan dulu (yang peka nggak harus orang pacaran lho). Jadi pahami situasi dan kondisi dari setir supaya kamu bisa memutar dengan benar dan pas.

Pemutaran setir itu ada patokannya juga lho. Jadi dalam satu lingkaran itu ada baiknya memutarnya per sudut. Terus sudut berapa? Di 90 derajat, dengan posisi tangan jangan menyilang ya. Nah selain sudut yang pas muternya, perhatikan juga kondisi kanan kiri daerah luar. Bisa-bisa nanti udah bener sudutnya, eh ada batu kan sedih mobilnya luka nanti.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)