Home Did You Know? Scandinavian flick

Scandinavian flick

Sebelum saya jelaskan teknik ini, mohon di pahami benar bahwa teknik berkendara ini tidak untuk di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan jangan sekali-sekali mencoba teknik ini tanpa pengawasan orang yang lebih berpengalaman di bidang berkendara. Dan fastnlow tidak bertanggung jawab atas kejadian apapun setelah anda membaca artikel ini. Setuju ya..

Ok, Scandinavian flick merupakan teknik menikung yang tidak lazim dilakukan orang pada umumnya. Teknik menikung dengan cara membuang body bagian belakang mobil kearah yang berlawanan dengan tikungan yang dituju.

Kurang lebih hampir sama dengan drifting.

Kurang lebih seperti ini caranya.

Saat mendekati tikungan, driver justru mengarahkan mobil kearah yang sedikit berlawanan dari tikungan yang akan dilaluinya.

Di saat yang bersamaan driver mengangkat pedal gas sambil menekan pedal rem secara perlahan yang tentunya disesuaikan dengan posisi dan kecepatan mobil saat itu. Tujuannya menginjak rem agar beban kendaraan (weight transfer) menjadi kedepan dan ban belakang otomatis mendapat grip yang minim.

foto 2

Dengan demikian mobil akan menjauh dari arah tikungan. Kemudian disaat yang tepat dan mobil sudah berada pada posisi yang sesuai untuk melibas tikungan, disaat itulah driver melepas pedal rem dan menginjak pedal gas sambil mengarahkan setir ke sudut yang di inginkan, dan body belakang pun akan terlempar berlawanan arah dengan tikungan yang dituju.

Disaat seperti ini mobil akan mengalami oversteer, sehingga driver dituntut untuk melakukan countersteering untuk mengatasi gejala tersebut.

foto 3

Intinya teknik mengemudi ini dilakukan untuk mendapatkan radius sudut yang lebih besar dalam melibas tikungan dengan kecepatan dan kondisi tertentu.

Teknik ini sering kita lihat di film action atau show, karena pada umumnya orang tertarik untuk menyaksikan oversteering show atau bahasa kerennya drifting.

Uniknya teknik ini bisa saja dilakukan dengan menggunakan mobil apa saja. RWD, AWD bahkan FWD dengan mesin yang tidak terlalu powerfull, tetapi kalau ingin mencoba trik ini, saya sarankan jangan menggunakan mobil tinggi (semacam minibus) dan berat, karena bisa saja terguling saat ngesot.

Selama mencoba.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)