Home Did You Know? Seberapa Penting Tutup Pentil Ban

Seberapa Penting Tutup Pentil Ban

www.advantagewheelalignment.com

Perdebatan pernah terjadi tentang tidak adanya tutup pentil pada kendaraannya sehingga bisa mengganggu keselamatan berkendara. Lalu sebenarnya apa pentingnya tutup pentil yang biasa disebut ‘valve cap’. Jika dilihat memang ukurannya sangat kecil dan biasanya berbahan plastik.Tutup-Pentil

Pentil dan tutupnya merupakan dua bagian kecil yang memiliki fungsi sangat besar. Pentil mampu membantu meningkatkan keamanan dan umur ban. Pentil juga bertugas sebagai penjaga akan kestabilan tekanan angin di dalam ban dan dapat berfungsi mengatur tekanan angin sesuai dengan kebutuhan atau rekomendasi dari pabrikan ban. GT Radial pun menyarankan agar selalu mengganti seluruh pentil ban setiap kali memasang ban baru (tubeless tire).

www.tire-information-world.com
www.tire-information-world.com

Sedangkan tutup pentil memiliki fungsi sebagai penahan debu, air atau lumpur masuk ke dalam pentil karena dapat merusakan piranti yang ada di dalam pentil. Kotoran tersebut berpotensi menimbulkan korosi sehingga katub bocor atau seal karet jadi getas. Ujung-ujungnya tekanan angin dapat berkurang secara perlahan sehingga dapat menimbulkan bahya ketika berkendara.

Selain menahan kotoran masuk, tutup pentil sebenarnya sengaja didesain untuk mencegah udara keluar dari celah kecil dari katub pentil. Memang tidak bisa menahan secara maksimal, paling tidak udara tidak keluar secara mendadak sehingga sangat berbahaya.

Saat ini cukup banyak model tutup pentil, mulai dari yang memiliki fungsi sebagai indikator tekanan udara di dalam ban hingga untuk sekedar gaya-gayaan. Tutup pentil tersedia dalam bahan plastik dan metal, untuk yang berbahan metal biasanya terdapat seal karet pada bagian dalamnya.

Jadi masih mau menyepelekan dua komponen kecil pada kendaraan

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)