Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Seberapa Pentingkah Memanaskan Mobil Pada Cuaca Dingin?

Memanaskan mobil bermesin karburator dalam cuaca dingin atau bersalju memang benar adanya, meski butuh beberapa menit sebelum anda beranjak pergi. Tetapi perlu diketahui bahwa menyalakan mesin dan membiarkannya dalam kondisi idle bukan berarti memperpanjang usia mesin anda, melainkan untuk melepaskan oli dari silinder dan piston mesin.

Singkatnya, mesin pembakaran internal bekerja dengan menggunakan piston untuk mengompres campuran udara dan uap bahan bakar di dalam silinder. Saat mesin dinyalakan, campuran yang terkompresi kemudian menciptakan pembakaran — sebuah ledakan kecil yang menghasilkan tenaga pada mesin.

Sebagai contoh mesin bensin, saat dingin bensin cenderung menguap dan menghasilkan rasio udara dan uap bahan bakar pada mesin pembakaran internal. Sementara mesin elektrik fuel injection memiliki sensor untuk mengurangi dingin dengan memompa lebih banyak bensin ke dalam campuran. Kemudian mesin berlanjut dengan cara ini sampai memanas sekitar 40 derajat Fahrenheit.

Menurut mekanikal engineer spesialis mesin pembakaran internal dari Argonne National Laboratory mengatakan, “Akan menjadi masalah jika anda memasukkan bahan bakar tambahan ke dalam kombustor untuk membuatnya terbakar, dan sebagian bisa masuk ke dinding silinder. Bensin adalah larutan yang luar biasa dan dapat mencuci oli dari dinding jika anda menyalakan mesin dalam kondisi dingin.”

Usia komponen seperti ring piston dan liner silinder dapat berkurang secara signifikan dengan ‘menyapu’ oli pelumas menggunakan bensin, belum lagi bahan bakar tambahan saat mesin berjalan. Sebenarnya trik yang paling efektif adalah menjalankan mobil anda, ini cara tercepat untuk menaikkan suhu mesin hingga 40 derajat sehingga mengembalikan bahan bakar normal hingga rasio udara. Meski udara hangat yang dihasilkan oleh heater core akan mengalir ke kabin setelah beberapa menit, kondisi idle sebenarnya tidak cukup untuk memanaskan mesin.

Seperti yang disebutkan diatas, nyalakan mobil dan luangkan waktu sejenak, sekedar untuk menjalankan mesin. Meski Indonesia negara tropis, tak ada salahnya artikel ini untuk menambah pengetahuan kalian, siapa tahu dalam waktu dekat anda berkunjung ke negara yang bersalju. Nah, ketika anda hendak berkendara di daerah bersalju terutama dibawah titik beku, anda perlu memperhatikan hal ini. Pastikan defroster mobil anda berfungsi sebelum memulai berkendara. Beberapa mobil seperti Range Rover Evoque dan VW Golf di Eropa dibekali dengan fitur defroster windshield untuk mempercepat proses pencairan.

Pada dasarnya, butuh waktu 5-15 menit untuk memanaskan mesin saat anda berkendara. Sejumlah mobil berperforma tinggi seringkali menerapkan proses itu dengan graduated rev limiter dimana anda tidak akan mendapatkan RPM penuh sampai mesin mencapai suhu tertentu.

Lain halnya Volvo yang melakukan test-drive cuaca dingin di Kutub Utara, rupanya model terbarunya tak memerlukan pemanasan mesin. Volvo mengatakan, “Yang terbaik adalah biarkan mesin menyala beberapa detik untuk membangun tekanan oli sebelum mengemudi secara normal. Kualitas dan kondisi oli yang baik sangat krusial untuk melindungi mesin pada saat start di cuaca dingin.”

Perlu digaris bawahi bahwa memanaskan mobil sebelum mulai mengemudi adalah wajib hukumnya untuk mesin berkaburator. Karburator mencampur bensin dan udara untuk menghasilkan uap bahan bakar sehingga terciptalah pembakaran mesin, jenis ini tak memiliki sensor untuk menyuplai lebih banyak bensin ketika dingin. Untuk itulah mesin karburator dibekali dengan sistem mekanikal yang disebut “choke”.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

5 Tren Mobilitas Urban Di Masa Depan – Part 2

Did You Know?

Apa Itu JDM? Apakah semua mobil Jepang itu JDM?

Did You Know?

Evolusi Dibalik Logo BMW & Faktanya – Part 2

Did You Know?

Kenapa Selalu E36? Ini Jawabannya

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan