Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Guys, negara mana sih yang memiliki sistem pertahanan militer terkuat di dunia? Menurut hasil analisis Global Firepower tahun 2019 — kemiliteran Amerika Serikat diakui sebagai yang terkuat di dunia, sementara Rusia dan Cina masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Peringkat Global Firepower ini mengacu dari 55 metrik sehingga menghasilkan skor untuk tiap negara, ditinjau berdasarkan geografi, total biaya yang dikeluarkan, persenjataan berteknologi tinggi, kapasitas logistik, jumlah personil militer, termasuk semua jenis kendaraan atau transportasi militer baik angkatan darat, laut dan udara.

Tiap jenis transportasi militer angkatan darat secara khusus dirancang berdasarkan fungsi dan kebutuhan misalnya untuk mengangkut pasukan, bahan bakar, logistik, dan pasokan senjata ke medan perang melalui jalan beraspal dan non aspal. Sejumlah negara telah memproduksi model kendaraan militernya sendiri, dimana memiliki teknikal karakteristik yang berbeda dan salah satu diantaranya adalah Rusia. Sudah barang tentu kendaraan militer dibekali dengan armor baja dan kemampuan offroad baik 4×4, 6×6, 8×8, 10×10, 12×12 bahkan 16×6. Nah, apa saja kendaraan militer andalan Rusia saat ini? Cekidot.

 

  1. AM-1 All-Terrain ATV

AM-1 juga disebut quad bike pertama buatan Rusia yang digunakan oleh angkatan darat. ATV berkapasitas dua orang ini dilengkapi dengan senapan mesin ringan PK “Pecheneg”, dibelakang penumpang juga tersedia sedikit ruang untuk mengangkut senjata tambahan seperti peluncur granat, senapan sniper dan peralatan lainnya. ATV ini diklaim memiliki jangkauan lebih dari 200 km dan memiliki kemampuan offroad yang cukup baik.

 

  1. Tigr-M

Tigr-M atau GAZ-233114 yang satu ini dilengkapi dengan Arbalet-DM Remote Controled Weapons Station dimana merupakan versi yang disempurnakan dari kendaraan light tactical 4×4 standar Tigr GAZ-2330. Yaps, sekilas Tigr atau dalam bahasa Inggris berarti Tiger ini mirip Humvee yang digunakan di Irak dan Afghanistan tetapi faktanya kendaraan ini diproduksi oleh Russian Defense Company Arzamas Machinery-Plant, sebuah anak perusahaan industri militer.

 

  1. Tigr Kornet-D

Tigr Kornet-D adalah versi terbaru dari kendaraan pengangkut misil anti-tank yang digunakan oleh angkatan bersenjata Rusia dan pertama kali diresmikan saat parade militer Victory Day pada April 2015. Sebutan Kornet-D diambil dari perangkat senjata yang bertengger diatas kabin, sementara kendaraan berbasis Tigr-M GAZ-233116 4×4 multi-role all-terrain menggunakan mesin Cummins 5.9-liter.

 

  1. Typhoon K-53949

Juga disebut Kamaz-53949 adalah kendaraan 4×4 Mine Resistant Ambush Protected (MRAP) alias anti ranjau buatan Rusia yang dirancang dan dikembangkan oleh Perusahaan KAMAZ. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 di sebuah pameran kendaraan pertahanan KADEX di Kazakhstan. Kendaraan ini dapat menampung 10 personil militer termasuk pengemudi dan komandan serta memiliki kapasitas muatan hingga 2 ton. Yaps, K-53949 menawarkan perlindungan tingkat tinggi terhadap ancaman balistik dan ranjau.

 

  1. Typhoon-K

Typhoon-K juga dikenal dengan sebutan Kamaz-63968 yang masuk dalam keluarga kendaraan MRAP multi-fungsi, modular, dan lapis baja yang diperkenalkan sejak 2010 silam. Adapun KAMAZ dan Gaz-Group mengambil bagian dalam program Typhoon, keduanya mengembangkan jenis kendaraan mereka sendiri. Typhoon 6×6 — dibaca ‘Taifun’ memiliki massa 21 ton dan mampu menampung hingga 16 personil. Wah nggak kebayang kemampuan winchnya ya sob.

 

  1. Iskander-M

Mungkin sekilas nggak ada yang spesial dari kendaraan ini selain bentuknya yang terlihat seram, tetapi begitu rudal dikeluarkan dari balik kabin saya yakin kalian bakal lari tunggang langgang. Yaps, Iskander-M Missile SS-26 Stone adalah kendaraan dengan sistem rudal taktis jarak pendek yang dikembangkan dan diproduksi di Rusia. Sistem ini menggantikan Oka SS-23 SPIDER setelah mengakhiri perjanjian Intermediate Nuclear Forces (INF).

Pengembangan sistem diambil alih oleh Kolomna Engineering Design Bureau sejak 1990-an dengan nama projek “Tender”. Pada dasarnya semua jenis Iskander dibekali dengan fitur cross-country wheeled chassis yang membuatnya sangat mudah dikendarai. Tak hanya Rusia, kendaraan 8×8 yang menggendong rudal sebesar 3,8 ton ini juga digunakan oleh kemiliteran Aljazair, Armenia dan Korea Utara.

 

  1. Yars RS-24

Lagi-lagi buatan Rusia, Yars RS-24 adalah mobile nuklir tipe InterContinental Ballistic Missile (ICBM) dengan jangkauan 10.500 km dan memiliki kemampuan MIRV (Multiple Independently Targetable Reentry Vehicles). Produksi pertama Yars dimulai tahun 2004 dimana layout kendaaraan ini mirip dengan Topol-M SS-27 — dipersenjatai hingga 10 hulu ledak yang dapat ditargetkan secara independen.

Spesial sasis berkode MZKT-79221 adalah frame sasis long-wheelbase dengan konfigurasi penggerak 16×16 dan roda dapat digerakkan dari gardan pertama, kedua, ketiga dan keenam, ketujuh dan kedelapan. Dapur pacu mengandalkan mesin YaMz-847 10 12 silinder V2 Diesel multifuel tipe 4-stroke dengan gas turbocharging, charged air cooling, liquid cooling dan bertenaga 800 hp, sementara suspensi berjenis pneumatik hidro independen. Ban berukuran 1600×600-685 dibekali dengan pengaturan tekanan angin yang dapat dikontrol melalui kursi pengemudi.

 

  1. Patrol Kamaz

Patrol termasuk dalam kendaraan MRAP yang dirancang sebagai pengangkut personil dan peralatan untuk melintasi medan offroad dan area yang tidak bersahabat. Dikembangkan oleh Asteys, kendaraan ini mengambil basis dari sasis Kamaz. Menurut perusahaan, Patrol dapat digunakan dalam berbagai situasi pertempuran, termasuk perang perkotaan. Patrol dapat mengangkut hingga 10 personil atau muatan hingga 1.500 kilogram, pula dilengkapi dengan modul senjata untuk mendukung keperluan infanteri.

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

7 Teknologi Mobil Hasil Adopsi Dari Motorsport

Did You Know?

Ternyata Mr. Bean Memang Doyan Ngebut

Did You Know?

Fungsi Dan Kegunaan Dari Coil Spring

Did You Know?

Kupas Tuntas Film Ford VS Ferrari, Fakta atau Fiksi? – Part 2

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan