Home Did You Know? Sejarah 76 Tahun Perjalanan JEEP

Sejarah 76 Tahun Perjalanan JEEP

Evolusi Jeep memang dapat dengan mudah dilacak, mulai dari jaman Perang Dunia ke-2 dan Truk Willy, dimana kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan untuk komandan militer. Sekitar tahun 1945, ketika Tentara Amerika membutuhkan untuk membuat kendaraan tangguh segala medan yang lincah dan berbobot ringan, pemerintah Amerika kemudian meminta kepada pabrikan-pabrikan otomotif untuk membuatkan standar prototipe yang sesuai dengan tipe kendaraan tersebut. Willy dan Ford, yang akhirnya menyerahkan prototipe mereka, dan entah bagaimana prosesnya, akhirnya Willy “Kotak” sekarang dikenal sebagai Jeep.

Menunggangi kendaraan ini sungguh merupakan pengalaman mendebarkan yang penuh petualangan, ditambah lagi dengan semua kelengkapan yang kian menjadikan kendaraan ini sebagai kendaraan serba guna, dan layak menjadi simbol kebanggaan di hati para pengagumnya. Pada tahun 1944 setelah masehi, Minneapolis-Moline pun akhirnya angkat bicara dan mengungkapkan, “Bahkan sebelum tahun 1938, Minneapolis-Moline telah mengerjakan perubahan kendaraan traktor pertanian untuk dapat menjadi kendaraan yang dapat melayani Angkatan Bersenjata. Kendaraan inilah yang merupakan kendaraan pertama yang dinamakan ‘Jeep’ oleh Angkatan Bersenjata, dari seorang Tentara di Kemah Ripley, Minn., pada tahun 1940. MM ‘Jeep’ inilah yang kini berdiri di medan depan setiap peperangan.”

Nama ‘Jeep’ memang telah digunakan sebelumnya, namun baru setelah iklan ini diumumkan secara luas, perubahan kendaraan ini mulai menandai evolusi awal untuk segmen SUV, dari kendaraan yang biasanya berada di pertanian kini menjadi kendaraan serba guna untuk masyarakat, dan sejak saat itu evolusi kendaraan ini memang selalu ditingkatkan. Kendaraan ini kini diciptakan untuk memenuhi semua minat dan kekaguman setiap insan di seluruh dunia. Bahkan seorang koresponden perang Ernie Pyle menggambarkan karakter kendaraan Jeep ini sebagai “setia seperti seekor anjing, kuat seperti keledai dan tangkas seperti kambing”. Dan ini bukan merupakan suatu komentar yang mengejutkan lagi di masa sekarang.

Kendaraan Jeep ini mulai berjajar di akhir tahun 1940 sebagai CJ-2A, kendaraan Jeep bagi rakyat sipil, dan besutan station wagon baja-murni. Warisan kendaraan pertanian kini mulai bermunculan hari ini dan menjelma sebagai Wrangler dan Cherokee. Kemudian, Willys Overland ini dijual ke Henry J. Kaiser pada tahun 1953 setelah pengaruh Jeep mulai dikenal di seluruh dunia. Kaiser kemudian mulai mengenalkan CJ-5 1955, dengan gaya lebih halus dan lekukan tubuh lebih lembut pada besutan CJ-2A. Kendaraan ini pun akhirnya mulai dipasarkan ke 150 negara di seluruh dunia.

Bila kita melihat gambarnya, Jeep Wagoneer Deri-J, merupakan cikal bakal Cherokee dan Grand Cherokee yang sekarang. Mesin yang dipamerkannya dikenal sebagai “Tornado-OHC” yang berisi enam silinder dan suspensi depan independen, sehingga layak menjadi simbol petualang jalan raya. American Motors menjual kendaraan Jeep ini dengan slogan, “datang dengan keberanian untuk menjadi semakin kuat tak terkalahkan”. Pada tahun 1983, AMC menghentikan produksi CJ-5 dan mulai berkonsentrasi pada model lainnya seperti CJ-7 dan kemudian menanggapi permintaan pasar dengan menghadirkan Jeep Wrangler 1987. Nyaman, pengendaraan berkualitas dan tampilan yang keren, semuanya dapat terlihat di gambar kendaraan baru tersebut.

Pada tanggal 5 Agustus 1987, terjadi perubahan besar dengan American Motors Corporation, dan perusahaan tersebut dijual ke Chrysler Corporation. Merek Jeep ternama ini kemudian menjadi bagian dari Jeep/Divisi Eagle Chrysler Corporation. Kemudian, setelah berbagai riset pasar dan promosi, akhirnya mereka menampilkan Cherokee.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)