Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Sebagai perusahaan domestik Australia yang sukses, ARB berkeinginan menembus pasar AS yang dinilai memiliki peluang besar, tetapi pengiriman untuk produk seperti bullbar dan roofrack tentu menghabiskan biaya mahal. Lantas ARB melakukan upaya menjual produk yang bernilai jual tinggi tetapi dengan biaya pengiriman yang rendah. Produk ini disebut Roberts Diff Lock, yang kini kita kenal ARB Air Locker.

Upaya untuk melanjutkan pengembangan dan pertumbuhan yang cepat khususnya Air Locker, ARB membutuhkan lebih banyak dana sehingga diputuskan mendaftarkan perusahaan di bursa saham tahun 1987. Alhasil, Air Locker terbukti sangat sukses di pasar AS dan seluruh dunia, dimana menjadi kunci dalam menumbuhkan bisnis ekspor perusahaan, kini hampir 40 persen bisnis ARB berada di luar Australia.

Produk Air Locker yang semakin maju diikuti dengan pengembangan ARB Air Compressor yang menjadi salah satu piranti penting dari peralatan 4WD, versi upgrade dirilis ke pasar tahun 1996 dimana dapat digunakan pada merek kendaraan apapun. Kini ARB menawarkan berbagai model Vehicle Mounted dan Portable Air Compressor, serta aksesoris pendukung.

Tahun 1988 ARB mengakusisi bisnis suspensi Old Man Emu (OME) yang sudah didistribusikan di seluruh Australia. Hal ini membuat ARB menjadi salah satu produsen sistem suspensi paling canggih di dunia, dan puncaknya adalah model BP-51 berbahan aluminium high-performance yang mendapat pujian besar tahun 2015.

Selama 20 tahun terakhir ARB telah merancang, mengembangkan, dan memproduksi kanopi untuk kendaraan pikap. “Kanopi menjadi salah satu segmen lain yang sangat penting dari penjualan kami, dan kekuatan pikap di Australia sangat penting untuk itu,” ujar Roger Brown. Kini ARB menawarkan berbagai desain kanopi, salah satu yang diklaim paling canggih di pasaran adalah Ascent Canopy yang telah dirilis sejak 2015. Kanopi ini dibekali dengan fully integrated central locking system, power window, dan desain over-rail yang unik.

Untuk mendukung keperluan logistik saat offroad maupun overland, ARB juga menciptakan kulkas/ freezer portabel all-wheather yang dapat diletakkan di kabin atau bagasi dan dilengkapi dengan fitur locking lids untuk menjaga seisi kulkas tetap aman. Tersedia varian ukuran mulai dari kapasitas 35L, 47L, 60L, dan 78L, yang semuanya dikembangkan di markas besar ARB di Kilsyth, Victoria.

Sebuah fakta bahwa produk ARB dikenal dengan pengembangan in-house, ARB mempekerjakan tim engineer dengan keahlian di berbagai bidang yang mencakup fabrikasi produk, mekanikal produk, sistem suspensi, cetak plastik, elektronik, kemping dan peralatan recovery. Jika memungkinkan, ARB memproduksi produk-produk ini secara in-house, baik di fasilitas utama di Victoria atau salah satu fasilitas manufaktur ARB Australia lainnya, dan pabrik di Thailand.

Andrew Brown ingin menegaskan bahwa ARB mampu mengembangkan berbagai produk in-house, terlepas dari apakah ARB memiliki tenaga ahli atau spesialis di bidangnya. Misal, ketika ARB meluncurkan kulkas produksi in-house, tentu barang satu ini terbilang jauh dari dunia ARB tetapi berbekal investasi waktu dan upaya untuk belajar, buktinya ARB sanggup memproduksi apa yang diklaim sebagai kulkas portabel terbaik di pasar aksesoris. Sama halnya ketika beberapa tahun lalu ARB tidak memiliki pengalaman dalam pembuatan lampu LED, namun hal itu dibebankan kepada tim engineering untuk diteliti, diuji coba, ditinjau dan akhirnya terciptalah beragam jenis produk LED.

“Kami optimis dalam mengembangkan produk baru secara in-house. Bahkan jika kami tak memiliki pengalaman dan bukan ahlinya sekalipun, kami memulai dengan belajar, dan akhirnya kami mampu menghasilkan produk unggulan berkelas dunia,” imbuh Andrew.

Yaps, boleh dibilang ARB memegang prinsip yang cukup unik dan menginspirasi karena tidak hanya mengembangkan dan memproduksi tetapi juga me-retail produknya langsung ke publik melalui jaringan dealer dan sub-dealer. Fokus pada kemampuan dan kekuatan menjadi kunci keberhasilan ARB selama empat dekade.

“Selama 40 tahun kami telah menjalankan bisnis yang sama. Kami sangat beruntung bahwa pasar untuk produk kami terus bertumbuh. Kami akan terus memproduksi, memasok dan mendistribusikan aksesoris untuk kendaraan 4WD dan itu tidak berubah,” tutup Roger.

ARB TIMELINE

1975: Tony mulai memproduksi roofrack dan bullbar di garasi rumahnya dengan bantuan dua saudaranya.

1987: ARB mengakusisi Roberts Diff Lock yang diluncurkan ulang dengan nama Air Locker dan diekspor ke AS kemudian menyusul desain dan produksi Air Compressor 12 volt.

1988: ARB mengakusisi bisnis suspensi Old Man Emu (OME) dan melanjutkan pengembangan.

1997: ARB pertama kali merilis airbag-compatible bullbar setelah melakukan uji kelayakan dengan skenario kecelakaan bersama Monash University.

1998: ARB memperkenalkan produk barunya — kanopi yang diperuntukkan untuk kendaraan pikap.

2005: ARB mengembangkan peralatan recovery 4WD.

2008: Inovasi produk kulkas/ freezer ARB mulai diperkenalkan ke publik.

2012: ARB merilis Intensity LED.

2014: Model baru kanopi yang disebut Ascent Canopy mulai dirilis.

2015: Revolusi suspensi OME BP-51 bypass high-performance lahir.

2016: Tangki bahan bakar Frontier long-range polymer dirilis.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

John L. McAdam, Sang Penggagas Jalan Makadam

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan