Home Did You Know? Sejarah Balapan Bergengsi Wolrd Rally Championship

Sejarah Balapan Bergengsi Wolrd Rally Championship

Balapan mobil rally dimulai sejak tahun 1895. Mulanya rally ini tidak memiliki trek khusus sehingga jalan-jalan umum dipakai pada saat itu. Balapan pada saat itu sangat berbahaya karena balapannya diadakan di jalan umum. Pada tahun pertama balapan ini berlangsung pembalap yang menang adalah tentang untuk mendapatkan rata-rata 24 Km sekitar 48 jam.

Delapan tahun setelah balapan pertama rally besar, Fernand Gabriel mencatat waktu tercepat pada balapan sekitar 5 jam dengan jarak lintasan 550 Km pada kecepatan 105 Km/jam. Namun bahaya masih mengancam dikarenakan balapan masih menggunakan jalan-jalan umum. Balapan rally ini sangat berbahaya dikarenakan banyak pembalap pada akhirnya mengalami cedera dan ada yang berujung kematian di lintasan balap.

Balapan Rally ini kemudian dilarang keras oleh pemerintah Perancis karena tingkat bahaya yang sangat tinggi. Namun, balapan ini tidak berhenti karena kecanduan para pembalap ini sangat tinggi. Para pembalap rally ini sangat menyukai tantangan yang memberikan kenikmatan dalam balapan apabila bisa mencapai garis finish. Balapan mulai dipindahkan ke lintasan yang sepi dari warga demi keselamatan para pejalan kaki.

Pada tahun 1907 rally track untuk pertama kali dibangun di Inggris, kemudian balapan rally ini berubah menjadi acara yang tersendiri. Balapan rally ini dikenal sebagai salah satu olah raga paling populer pada saat itu. Lintasan pada balapan rally ini berlangsung pada permukaan tanah, kerikil, es, salju dan aspal. Para pembalap rally ini menggunakan sejumlah jenis handbrakes untuk membantu mereka mengemudi di berbagai jenis lintasan. Sejak pertama kali mobil rally balap dapat melakukan sejumlah manuver yang berbeda, pada sejak itu juga mobil yang mereka kemudikan memiliki fitur-fitur khusus.

WRC terbentuk Oleh FIA di tahun 1973 dan merupakan bagian dari European Rally Championship dan Kejuaraan Internasional Untuk Manufaktur Mobil yang berpartisipasi. 186 negara yang masuk dalam acara reli bergengsi ini. Ada beberapa grup untuk mobilnya. Saat itu ada grup A dan digantikan dengan mobil grup B, termasuk Lancia dengan Stratos dan Audi dengan Audi quattro ’82.

Syarat mobil modifikasi yang dizinkan ikut balapan adalah two-litre four-cylinder cars, but feature turbochargers, anti-lag systems, four-wheel-drive, sequential gearboxes (paddle shift), aerodynamic parts dan lainnya yang membuat biaya memodifikasi mobil WRC sebesar $ 1 juta. WRC juga men-support 3 acara tambahan, Junior World Rally Championship (JWRC), Production World Rally Championship (PWRC), Super 2000 World Rally Championship (SWRC) dengan acara yang sama dan tempat yang sama, tetapi dengan regulasi yang berbeda.

Seperti yang diketahui, WRC terbentuk dari acara reli terkenal. Sembilan diantaranya adalah IMC (International Manufacture Championship), yang pernah ditayangkam dari tahun 1970 hingga 1972. Setelah itu WRC lahir di tahun 1973 dengan Acara pertamanya yang bernama 42ème Rallye Automobile de Monte-Carlo. Di Kompetisi pertamanya WRC, Alpine-Renault mengambil kemenangan pertama dengan Alpine 110 nya. Setelah itu Lancia mengambil gelar juara selama 3 tahun berturut-turut dengan Lancia Stratos yang dibuat khusus Rally dengan mesin Ferrari V6.

Di tahun 1980an mobil 4WD alias penggerak 4 roda diganti dengan penggerak 2 roda tetapi menurut manufaktur sponsor mengatakan itu terlalu komplek untuk sukses. Bagaimanapun, setelah Audi dengan pembalap pilihan mereka, Mikkola dengan Audi Quattro meraih kesuksesan, perusahaan manufaktur lain mencoba Proyek All wheel drive mereka.

Di tahun 1982, Regulasi Grup B mulai dikenalkan dengan standar AWD dan sejak itu Audi meraih juara di manufaktur dan pembalap mereka, Mikkola di tahun 1982 dan 1984. Di saat itu Michele Mouton, pembalap wanita dari Audi yang berkebangsaan Perancis nyaris mencapai kemenangannya, tapi dikalahkan oleh saingannya dari Opel, Röhrl. Di tahun 1985 ada 2 kecelakaan buruk yang terjadi oleh Vatanen dengan Peugeot 215 dan alm. Attilio Bettega dengan Lancia 037 di Tour de Corse

Pada tahun 1986 acara WRC diwarnai aksi impresifnya Finns Henri Toivonen dan Alen dengan Lancia Delta S4 yang ketika berjalan di permukaan tanah dari 0 – 60 mph dalam waktu 2,3 dtk. Tapi, banyak sekali kecelakaan yang terjadi. Di rally Portugal, 3 penonton meninggal dan 30 lainnya terluka karena Ford RS200 milik tim Joaquim Santos lepas kendali.

Berikutnya Toivonen dan Sergio Cresto mati pada saat terlempar di puncak Tikungan Tour de Corse. Dan 1 jam setelah itu, Group B di di coret karena tidak sesuai regulasi.Pada tahun 1990an Regulasi Grup A diluncurkan dengan standar mobil penggerak 4 roda dan bermesin turbo seperti Toyota Celica, Subaru Impreza dan Mitsubishi Evolution

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)