Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Sejarah Berdirinya Pabrikan Honda

Siapa diantara kalian yang tidak mengenal merek Honda? karena sudah dipastikan seluruh manusia dari penjuru dunia sudah mengenal merek ini. Terkenal akan kenyamanan dan keiritan yang dimilikinya, Honda menjadi salah satu merek mobil terbesar dan tersebar di seluruh dunia. Selain pengemudi mobil, pada driver sepeda motor juga pasti sudah sangat mengenal produk ini. Honda teruji akan keperkasaannya di lintasan motor GP.

Namun ternyata dibalik kisah sukses yang diraihnya ternyata banyak kisah pilu awal berdirinya Honda. Soichiro Honda adalah pendiri Honda yang lahir pada 17 November 1906 di Hamamatsu Shizuoka Jepang. Bapaknya adalah seorang tukang reperasi sepeda, sehingga waktu kecilnya dihabiskan untuk membantu orang tuanya.

Pada usia yang masih belia ( 15 tahun ) Sichiro Honda memilih pergi dari kampung untuk mencari pekerjaan dikota. Walaupun secara pendidikan formal, ia termasuk anak yang tidak mempunyai tamatan dan memiliki nilai buruk disekolah. Namun niat dan tekadnya yang kuat inilah yang menjadikan dirinya berbeda dengan teman – teman sebayanya. Sesampainya di kota ( Tokyo ), Soichiro Honda berkerja di sebuah bengkel sebagai mekanik yang menangani mobil-mobil bapal selama lebih kurang 6 tahun lamanya. Kecintaannya pada dunia otomotif, sempat menjadikannya sebagai seorang pembalap pada tahun 1936. Namun naas, kecelakaan menimpanya dan membuat kedua pergelangan tangannya patah.

Hal ini yang membuatnya untuk kembali ke kampung halaman dan beralih profesi. Berbekal uang pinjaman dari seorang temannya ( Kato Sichiro ), pada tahun 1937 ia mendirikan sebuah pabrik pembuat cincin piston untuk mesin – mesin Toyota. Selang beberapa tahun, Jepang mengalami perang dunia ke II yang mengakibatkan perusahaannya berada diwabah kendali kementrian militer jepang. Kedua pabriknya hancur lebur, yang pertama karena perang dan yang kedua karena gempa bumi di Mikawa tahun 1945.

Tahun 1946 adalah era baru Honda, yang mana ia mengambil alih seluruh pabrik, mendirikan sebuah lembaga penelitian Honda dan mulai memproduksi mesin 2 tak yang dipergunakan dengan cara ditempelkan pada sebuah sepeda. Mesin sepeda motor yang ia ciptakan berasal dari mesin – mesin sisa perang. Setelah dijual ternyata respon masyarakat sangat luar bisa. Kesuksesan inilah yang akhirnya mendorong ia untuk menciptakan sepeda motor sendiri. Pada tahun 1948 ia mendirikan sebuah perusahaan Honda Motor Company, Ltd yang kita kenal sampai hari ini.

Masih dengan buatan sepeda motornya, pada tahun 1949 Honda membuat sebuah sepeda motor tipe-D yang terbuat dari rangka baja yang dilengkapi suspensi pada bagian roda depan dan roda belakang dengan kubikasi mesin 98 CC dan mempunyai kecepatan maksimal 50 mil per jam.

Beragam jenis sepeda motor diproduksi, hingga untuk pertama kalinya pada tanggal 11 Juni 1959 Honda mengekspor motor buatannya ke Amerika Serikat yang juga dibarengi dengan membuka pabrik disana ( Los Angles ) dengan jumlah karyawan pertamanya hanya 6 orang. Selain sepeda motor, Honda juga menciptakan mesin tempel 4 langkah untuk kapal-kapal kecil dengan suara yang lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Setelah sukses besar dengan beragam ciptaan sepeda motornya, akhirnya Honda memulai debutnya dengan membuat mobil. Mobil pertama yang dibuatnya adalah Honda Civic Hatcback yang bertepatan dengan terjadinya krisis energi di Amerika Serikat. Mobil ciptaannya terkenal sangat irit dan kadar racun gas buangnya sangat sedikit walaupun tanpa adanya Catalic Conventer pada knalpotnya.

Dengan tingkat efisiensi baha bakar yang baik, Honda Civic menjadi mobil laris di Amerika Serikat yang saat itu harga bahan bakar mahal. Sehingga masyarakat berbondong – bondong mencari mobil yang irit. Sukses dengan produk Honda Civic nya, Honda terus berinovasi membuat bergama merek mobil seperti Honda Accord dan Honda CRX. Model – model ini masuk dalam kategori mobil premium Honda yang dipasarkan di Jepang.

Khusus untuk pasar Amerika Serikat, Honda mempunyai divisi mobil mewah yang bernama Accura. Accura menjadi merek untuk mobil Рmobil mewah buatan Honda. Pada tahun 2001, Honda Civic Coupe yang diproduksi di Amerika menjadi mobil kompak pertama yang mendapatkan peringkat terbaik ( bintang 5 ) dari lembaga keselamatan lalu lintas Amerika Serikat. Ini menjadikannya salah satu mobil paling aman di dunia.

Tidak puas hanya dengan itu, Honda terus berinovasi membuat mobil Hybrid pertamanya pada tahun 2002 dengan kombinasi bahan bakar Gas dan listrik. Bukan itu saja, Honda juga memperkenalkan FCX sebagai kendaraan bertenaga sel bahan bakar yang disertifikasi untuk penggunaan sehari – hari di Amerika Serikat.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan