Home Did You Know? Sejarah Dibalik Megahnya Goodwood Festival of Speed

Sejarah Dibalik Megahnya Goodwood Festival of Speed

Goodwood Festival of Speed dimulai pada tahun 1993, ketika Lord Marc ingin membawa kembali balapan ke Sirkuit Goodwood, agar banyak orang yang mengenal sejarah otomitif di Inggris. Mungkin beberapa dari kalian ada yang tidak tahu Sirkuit Goodwood serta sejarahnya, mari kita ulas Sirkuit Goodwood terlebih dahulu.

Sirkuit Goodwood yang berada di Chichester, West Sussex, Inggris. Dahulu kala kawasan tersebut digunakan sebagai landasan udara pesawat tempur bagi RAF Westhampert (angkatan udara ingris pada perang dunia 2). Setelah berakhirnya perang dunia ke 2, pangkalan tersebut pun dirombak dan menjadi sebuah sirkuit. Baru pada tanggal 18 september 1948 dibukanya sirkuit ini dan sekaligus mengadakan balapan perdana di Sirkuit Goodwood, dari sirkuit ini lah awal mulanya olahraga otomotif lahir di Inggris dan berkembang sampai saat ini.

Balik lagi dengan sejarah Goodwood festival, Lord Marc sekaligus pemilik dari Goodwood Estate ini ingin menghidupkan kembali olahraga otomotif di Sirkuit Goodwood. Akan tetapi Lord Marc tidak memiliki ijin untuk menggelar balapan di sirkuit bersejarah tersebut, sehingga pada akhirnya Lord Marc memutuskan untuk menyelenggarakan Goodwood Festival of Speed di lahan pribadinya. Lord Marc merubah lahan pertaniannya seluas 1.200 hektar menjadi sirkuit untuk balapan motor dan mobil.

Goodwood Festival of Speed selalu sukses dalam menyatukan berbagai macam koleksi terbaik motor dan mobil kencang dengan bintang tamu istimewa dari berbagai kalangan pembalap maupun para miliader. Kendaraan yang ikut dalam festival ini pun bermacam-macam, dari mobil bertenaga uap dari abad ke 19, Le-Mans, F1, Top Fuel Dragster, mobil rally klasik, supercar, motor bermesin tubin, dan moto GP.

Festival of Speed 2016

Pada tahun 2010 dari pihak panitia Goodwood Festival of Speed juga menyelenggarakan moving motor show yang menampilkan berbagai macam pabrikan terkenal yang memamerkan kendaraan terbarunya dan pastinya kendaraan kencang saja yang bisa dipamerkan dalam acara goodwood ini.

Salah satu balapan yang terkenal di Goodwood Festival of Speed ini adalah Hill Climb dengan menggunakan kendaraan balap yang punya nilai sejarah. Hill Climb sendiri merupakan cabang motorsport, dimana pembalap bersaing melawan waktu untuk menyelesaikan lintasan menanjak. Sirkuit di Goodwood Festival of Speed memiliki track sejauh 1,16 mile (1,8 km) dengan perubahan elevasi (ketinggian) sekitar 92,7 meter. Sampai saat ini rekor masih dipegang oleh pembalap F1 Nick Heidfled yang mengendarai McLaren MP4-13 pada tahun 1999, dengan catatan waktu 41,6 detik.

Goodwood Festival of Speed sendiri dilaksanakan setahun sekali dan dilangsungkan selama 4 hari, dari hari kamis hingga hari minggu. Apabila kalian berminat untuk mendatangi acara ini siap-siap untuk merogoh kocek cukup dalam (harga setiap tahun berubah-ubah) untuk membeli tiket masuk Goodwood Festival of Speed yang terbatas hanya 300 ribu pengunjung, itu pun belum termasuk hotel dan lain-lain. Mungkin anda bisa menyiapkan budget ratusan bahkan ribuan euro untuk bisa menikmati euphoria dari Goodwood Festival of Speed, apakah worth it?? Silahkan kalian sendiri yang menilai.

INTERSPORT SLALOM 2017 - AUTO GYMKHANA 4th ROUND (PURWOKERTO)