Home Did You Know? Sejarah Kelam Dibalik Megahnya Balapan NASCAR

Sejarah Kelam Dibalik Megahnya Balapan NASCAR

National Association for Stock Car Auto Racing yang juga disingkat NASCAR adalah sebuah perusahaan keluarga yang didirikan sejak tahun 1947-48 oleh Bill France, telah menyelenggarakan berbagai macam balapan. Kini sang cucu, Brian France menjadi penyelenggar seri balap mobil terbesar di Amerika Serikat tersebut. Tiga seri balapan yang mewakilinya adalah Seri Piala, Seri Xfinity, dan Seri Truk. Selain menyelenggarakan balapan di Amerika Serikat, Nascar juga telah merambah ke negara sekitarnya seperti Kanada, Meksiko dan bahkan Eropa. Di Asia, NASCAR juga menempatkan balapannya di Suzuka dan Motegi di Jepang. Di benua Australia sendiri, NASCAR diselenggarakan di Calder Park Raceway.

NASCAR mencatatkan dirinya sebagai olahraga yang paling banyak ditonton di televisi di Amerika Serikat. Meskipun faktanya, masih National Football League yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR, tetapi di luar Amerika NASCAR disiarkan hingga 150 negara. Tidak tanggung-tanggung, uang sponsorship dari perusahaan dialirkan kepada NASCAR melebihi ajang balapan terkenal lainnya seperti Formula Satu ataupun MotoGp. Yang menjadi keunikan dari balap NASCAR, pembalap diperbolehkan untuk membeli mobil mereka sendiri dari perusahaan NASCAR. Perusahaan Nascar akan memberikan mobil balap untuk para pembalap sesuai dengan permintaan mereka. Mobil ini pastinya dirancang dari bahan terbaik dengan cara yang paling baik.

Namun, di balik keglamoran balap NASCAR, rupanya balap khas Amerika Serikat ini memiliki sejarah yang berdekatan dengan kriminalitas.Awalnya, para pembalap NASCAR pada tahun 1920-an merupakan distributor minuman keras ilegal. Para pengusaha dan pembuat minuman keras saat itu mencari cara bagaimana mendistribusikan produk mereka sehingga pada akhirnya mereka melakukan langkah yang kreatif tetapi ilegal. Dengan cara menyelundupkan produk tersebut pada kendaraan (dalam hal ini mobil) yang telah dimodifikasi supaya cepat tetapi stabil agar bisa melewati lereng perbukitan sekaligus menghindari pemeriksaan/pengejaran polisi.Berawal dari persaingan antar pengusaha minuman keras ini, para pemilik mobil lama-kelamaan saling klaim bahwa masing-masing memiliki pengemudi yang hebat dan mobil yang kencang.

Perubahan aturan mengenai larangan pendistribusian minuman keras pada 1933 menghentikan upaya distribusi ilegal tersebut yang sekaligus membuat para pengusaha dan sopir yang sudah terlanjur memodifikasi mobil mencari cara lain supaya apa yang telah mereka lakukan pada mobil mereka tidak berakhir sia-sia. Pada akhirnya di awal dekade 1940-an modifikasi mobil terus berlanjut dan kali ini mereka membuat semacam acara balapan kecil yang berhadiah uang. Balapan ini sukses menarik perhatian penonton dan menjadi tren baru di Selatan Amerika Serikat dengan asosiasi yang dekat dengan region Wilkes County di North Carolina. Mayoritas balapan yang digelar memperlombakan mobil jalan raya yang sudah dimodifikasi.

Memasuki awal tahun 1947, Bill France melihat potensi untuk menyatukan visi para sopir dan menggelar sebuah ajang perlombaan balap yang resmi. France mengumumkan konsep dasar dari “National Championship Stock Car Circuit”, atau dikenal sebagai NCSCC.[20] France mencoba mendekati American Automobile Association, atau AAA, dengan harapan untuk mendapatkan dukungan keuangan untuk usahanya tersebut. Namun AAA menolak memberikan dukungan dana untuk ajang balapan yang dirancang France. Meskipun begitu France melanjutkan usahanya dengan mengumumkan seperangkat aturan dan penghargaan untuk NCSCC.

France menyatakan bahwa pemenang NCSCC musim 1947 akan menerima hadiah uang sebesar $1.000 berikut sebuah piala. Musim akan dimulai pada bulan Januari 1947 di trek Daytona Beach dan diakhiri di Jacksonville pada bulan Desember. Ada 40 balapan yang tercatat di musim tersebut dan hampir di semua balapan tersebut penonton yang hadir meluber melebihi kapasitas. Para pembalap yang bersaing dibayar seperti yang dijanjikan. Pada akhir musim, pembalap Fonty Flock dinyatakan sebagai juara musim setelah memenangkan 7 lomba dari 24 lomba yang ia ikuti dimusim tersebut. Bill France memenuhi janjinya untuk memberikan hadiah uang sebesar $1000 dan sebuah trofi setinggi empat kaki. France juga memberikan total hadiah sebesar $3000 untuk para pembalap lain yang berlaga sepanjang musim.

NASCAR didirikan oleh William France, Sr. pada tanggal 21 Februari 1948 dengan bantuan beberapa pembalap saat itu. Rancangan sistem poin ajang balapan ini ditulis pada serbet bar hotel. Rencana awal untuk NASCAR termasuk tiga divisi yang berbeda: Modifikasi, Roadster, dan Strictly Stock . Seri Modifikasi dan Seri Roadster pada awalnya dipandang lebih menarik bagi fans. Namun ternyata penggemar NASCAR menginginkan agar tidak ada mobil yang ikut serta yang ada kaitan dengan Amerika bagian timur laut dan barat tengah. Pada akhirnya Seri Roadster resmi dicoret sementara Seri Modifikasi tetap dioperasikan yang kemudian sekarang dikenal sebagai Whelen Modified Tour. Seri Strictly Stock dibuat sebagai seri yang khusus memperlombakan mobil-mobil sedan keluarga yang berkelas tinggi paska Perang Dunia II. Jadwal musim 1948 menampilkan 52 lomba yang digelar di trek tanah. Lomba perdana digelar di Daytona Beach pada tanggal 15 Februari 1948. Beberapa elemen balapan kemudian berubah secara dramatis saat memasuki musim 1949 dengan Seri Strictly Stock yang menggelar lomba eksibisi pada bulan Februari di dekat Miami dengan total jarak tempuh sampai 32 km.

Balapan pertama Seri Strictly Stock diadakan di Charlotte Speedway meskipun sirkuit ini tidak memiliki jalur yang sama dengan sirkuit masa saat ini yaitu Charlotte Motor Speedway. Perlombaan diadakan pada tanggal 19 Juni 1949 dan dimenangkan oleh pembalap Jim Roper setelah Glenn Dunaway didiskualifikasi setelah ditemukan adanya pelanggaran pada suspensi bagian belakang. Pada awalnya, mobil yang dikenal sebagai mobil “Strictly Stock” tidak memiliki perbedaan berarti dengan mobil yang sama yang keluar dari pabrik perakitan mobil. Seri ini kemudian berganti nama menjadi Seri Grand National pada musim 1950. Selama lebih dari satu dekade, modifikasi untuk dua elemen utama yaitu keselamatan dan performa diizinkan dan pada pertengahan 1960-an mobil yang tampil di trek balap memiliki perbedaan dengan mobil yang ditujukan untuk jalan raya kecuali pada bodi mobil yang didesain sama.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)