Home Did You Know? Sejarah Mobil yang Pertama Diciptakan, Bentuknya Nggak Kayak Mobil!

Sejarah Mobil yang Pertama Diciptakan, Bentuknya Nggak Kayak Mobil!

foto: Britania.com

Ketika mendengar kata mobil, tentu kita bisa membayangkan bentuk atau rupa mobil sesuai dengan apa yang biasanya kita lihat. Produk mobil sekarang memang sudah memiliki berbagai macam model karena modifikasinya yang disesuaikan dengan selera pasar terus berkembang.

Tapi, siapa sangka jika dalam sejarah penemuan mobil, awalnya bentuk mobil yang seperti sekarang ini belumlah terlihat. Penemuan mobil awalnya berawal dari kendaraan dengan mesin uap. Tahun 1769, kendaraan tenaga uap pertama dibuat. Kendaraan tersebut memiliki tiga roda dan dengan sukses didemonstrasikan oleh Nicolas Joseph Cugnot.

Meski sejarah mengatakan mobil pertama yang dibuat adalah yang bertenaga uap, tapi pengamat memiliki pendapat lain. Bagi mereka, kendaraan dengan mesin uap tak bisa dikatakan sebagai sebuah mobil. Mereka lebih setuju jika mobil adalah kendaraan yang dijalankan dengan tenaga bensin. Dalam hal ini ada dua orang yang memiliki hak paten atas kendaraan dengan bensin pertama yang diciptakan. Keduanya adalah Karl Friedrich Benz dan Gottlieb Daimler. Mereka mengajukan hak paten atas kendaraan mereka di hari yang sama yakni 29 Januari 1886 di dua kota yang berbeda di Jerman.

Kendaraan roda tiga Benz, yang pertama kali dikendarainya pada tahun 1885, adalah yang pertama menggabungkan mesin pembakaran internal dengan sasis terintegrasi, sementara kereta bermotor Daimler (ditemukan bersama kolaboratornya, Wilhelm Maybach) adalah mobil roda empat pertama di dunia dan dilengkapi dengan fitur Mesin bensin berpresisi tinggi pertama.

Nah, berikut ini bentuk-bentuk mobil tersebut dirangkum Fastnlow dari berbagai sumber:

  1. Ini kendaraan dengan mesin uap yang diciptakan Nicolas Joseph Cugnot.
    foto: Britania.com
  2. Kalau yang ini mobil pertama yang dipatenkan oleh Karl Friedrich Benz.
    foto: Asme.org
  3. Nah, ini kereta bermotor milik Daimler.
    foto: Britania.com
INTERSPORT SLALOM 2017 - AUTO GYMKHANA 4th ROUND (PURWOKERTO)