Home Did You Know? Sekilas tentang JDM yang Populer di Kalangan Muda-Mudi

Sekilas tentang JDM yang Populer di Kalangan Muda-Mudi

www.desktopwallpapers4.me

Masih ingat kan sama film The Fast and The Furious: Tokyo Drift yang ditayangkan tahun 2006? Di dalam film itu diperlihatkan bagaimana dunia balap di Jepang khususnya drift yang banyak digemari kaum muda. Nah yang pernah nonton filmnya pasti tahu dengan istilah JDM. Buat yang nggak tahu, jangan khawatir sekarang akan dibahas mengenai JDM secara mendalam.

JDM sendiri apa sih artinya? Kepanjangan dari JDM adalah Japanese Domestic Market. Sedangkan untuk artinya sendiri JDM adalah pasar lokal Jepang yang hanya membuat dan memasarkan mobilnya di dalam negeri. Bahkan dengan nasionalisme yang tinggi, pasar lokal di Jepang lebih lengkap daripada di luar negerinya.

Dulunya, mobil-mobil yang diekspor ke luar negeri seperti Amerika juga belum terlalu popular karena right hand steering (seperti mobil Jepang) sudah ada juga disana. Jadi awalnya memang lebih terkait dengan mesin, tapi setelah berkembangnya jaman, sekarang JDM sendiri lebih dikenal dengan aliran modifikasi yang semua komponennya menggunakan merek Jepang (Jadi bukan replika atau tiruan ya yang dipakai). Bahkan nggak berhenti di situ saja, interior atau eksterior pun juga termasuk ke dalam istilah “ala JDM”.

Nah aliran ini memang cukup bahkan sangat booming di Indonesia, alasannya apa ya kira-kira?

Dari segi eksterior sendiri, mobil-mobil yang menggunakan aliran modifikasi JDM memang terlihat simpel dan “masuklah” (kalau istilahnya sekarang) untuk gaya dan selera muda-mudi.

Walaupun banyak digandrungi kaum muda, sebenarnya memperoleh komponen JDM itu nggak gampang lho. Maka dari itu muncullah beberapa aliran dari modifikasi ala JDM ini; ada pure JDM, OEM JDM, dan JDM style. Terus apa perbedaan dari masing-masing aliran itu?

www.honda-tech.com
www.honda-tech.com

Pure JDM

Untuk yang satu ini maksudnya semua yang diaplikasikan adalah produk buatan Jepang (intinya semua Japan branded).

OEM JDM

Sebenernya pure dan OEM (Original Equipment Manufacturer) sama, yaitu mengaplikasikan produk asli dari Jepang dan bukan replika atau tiruannya.

www.pinterest.com
www.pinterest.com

JDM Style

Nah kalau yang ini maksudnya lebih ke pengertian modifikasi mobil yang mirip seperti kendaraan japs racing style, bahkan biasanya diterapkan untuk mobil yang bukan merek Jepang.

www.chargespeed.com
www.chargespeed.com

Body

Untuk mobil JDM, warna putih biasanya yang jadi trend dan perpaduannya dengan hitam karbon di bagian tertentu. Bisa pada cap mesin, wing atau velg. Tapi memang nggak jarang yang menggunakan warna merah, kuning atau biru sebagai warna dasarnya. Yang jelas satu macam warna dan solid. Nah warna karbon bisa dijadikan penghias yang akan menonjolkan kesan mahal.

www.ravspec.com
www.ravspec.com

Velg

Pada bagian velg, biasanya dikontraskan dengan warna body tadi. Misalnya warna hitam, karbon, atau gold (emas). Tapi ternyata warna bronze yang paling pas sebagai pilihan, soalnya lebih terlihat kesan mahal dan kokohnya setelah proses finishing.

www.ebay.co.uk
www.ebay.co.uk

Sticker

Yang satu ini juga nggak kalah penting, dan justru ini adalah pendukung terkuat supaya kesan JDM lebih terlihat. Sticker bisa dipasang pada bagian pintu atau kaca depan.

Nah dalam JDM sendiri ada dua logo yang cukup unik, apa saja mereka?

www.247skins.com
www.247skins.com

Wakaba

Simbol yang memiliki warna kuning dan hijau ini digunakan untuk pengemudi yang masih baru (newbie) atau baru bisa nyetir mobil.

www.decalsmania.com
www.decalsmania.com

Koreisha

Kalau ada pemula pasti ada yang mahir, sama dengan simbol  yang kedua yang punya warna kuning dan orange ini diperuntukkan bagi pengemudi yang sudah senior.

Jadi buat yang suka sama modifikasi JDM, perhatikan baik-baik beda dari simbol diatas ya. Jangan sampai pasang sticker yang nggak sesuai tingkatannya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)