Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Sekilas Tentang New Zealand Rally Championship

Seperti yang kita tahu, pereli terkemuka Rifat Sungkar dan navigator Muhammad Redwan bersama Xpander Rally Team dalam hitungan hari akan bertandang ke ajang New Zealand Rally Championship (NZRC) Goldrush Rally of Coromandel. Yaps, Rifat memang sempat vakum selama 6 tahun dari ajang balap internasional. Menurut Rifat, ajang NZRC yang bertepatan dengan HUT RI ke-74 merupakan waktu yang tepat untuk membuktikan kualitas pereli Indonesia dimata dunia.

Tetapi apa yang kira-kira membuat ajang ini begitu diminati. Pengen tahu lebih jauh soal NZRC? Berikut kilasannya.

NZRC adalah ajang bergengsi yang menyajikan kompetisi reli semi offroad di Selandia Baru sejak 1975. Kini kejuaraan NZRC yang diadakan setiap tahun ini terbagi dari berbagai kelas berdasarkan kapasitas mesin dan terbagi menurut konfigurasi penggerak dua atau empat roda. Sehubungan motorsport diatur oleh FIA, NZRC mengacu pada teknikal regulasi internasional Grup N dan telah didominasi oleh kendaraan penggerak empat roda turbo-charged seperti Mitsubishi Lancer dan Subaru Impreza.

Grup N merujuk pada serangkaian peraturan yang mewajibkan kendaraan produksi standar untuk kompetisi, juga disebut “Showroom Class”. Lantas grup N terbatas dalam hal modifikasi yang dibuat dari spesifikasi standar. Grup N diperkenalkan oleh FIA tahun 1982 untuk menggantikan Grup 1 sebagai mobil turing standar.

Seiring waktu, NZRC dijadikan pedoman dalam berkarir bagi banyak pembalap di Selandia Baru, sebut saja Rod Millen dan Possum Bourne merupakan pembalap legendaris berdarah Selandia Baru. NZRC tahun 2018 lalu, posisi pertama dikuasai oleh Hayden Paddon mengendarai Hyundai i20 AP4 sebagai batu loncatan untuk kompetisi internasional, berlaga di Asia Pasific Rally Championship (APRC) sebelum beralih ke level yang lebih tinggi seperti Super 2000 World Rally Championships.

Kejuaraan ini dibentuk oleh organisasi Rally New Zealand (RNZ) ketika mulai bergabung dengan World Rally Championship (WRC) tahun 1977. RNZ adalah organisasi non profit yang fokus pada promosi dan organisir kegiatan rally di Selandia Baru. Sejak itu RNZ banyak menyelenggarakan ajang NZRC yang berbasis di Auckland. International Rally of Whangarei juga merupakan bagian putaran NZRC, seperti halnya APRC.

NZRC Gold Rush Rally of Coromandel

Coromandel Peninsula ditunjuk menjadi tuan rumah NZRC 2019 putaran 5 yang berlangsung pada 16-17 Agustus 2019. Jumat 16 Agustus, peserta akan disuguhi dengan ‘Rally street party’, car show dan sesi autograph jam 5 sore waktu setempat di Albert Street, Whitianga.

Sementara balap rally akan berlangsung pada esok harinya mulai pukul 7 pagi start di Mercury Bay Sports Park. NZRC kali ini terdiri dari 7 Special Stages yang akan melewati kawasan Port Charles, Coroglen-Tapu dan 309 Road. Pada pukul 16:49 Super Special Stage baru akan berjalan dalam satu putaran di sekitar Dakota Drive yang terletak di bandara Whitianga.

NZRC akan menyuguhkan trek berupa jalanan gravel yang tepatnya menghubungkan Distrik Thames dan Coromandel yang berada di kota tepi laut Whitianga. Jalur tersebut pernah digunakan pada ajang International Motogard Rally tahun 1979.

Diambil dari laman NZRC mengatakan bahwa total jarak rally adalah sepanjang 416,26 km yang terdiri dari 126,60 km Special Stages dan 289,66 km turing. Sebanyak 62 peserta terbagi dari berbagai kelas yakni 1, 2, 3, 5A, 5B, 5C, 2WD serta 4WD — yang didominasi oleh pabrikan seperti Subaru WRX Sti, Ford Fiesta AP4, Skoda Fabia, dan Mitsubishi Lancer Evo. Menurut kalian Rifat Sungkar masuk dalam kelas apa?

Lantaran Coromandel Peninsula terkenal dengan keindahan alamnya bak surga tersembunyi, peserta akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan, hamparan padang rumput nan hijau, pantai, dan hutan yang berkabut. Terdengar menarik untuk melarikan diri, coba saya diajak. Haha. Karena bulan ini termasuk musim dingin di Selandia Baru, rata-rata suhu disana berkisar antara 10-17 derajat celcius. Mudah-mudahan pereli kita yang berasal dari negara tropis bisa cepat beradaptasi ya guys demi mengharumkan nama Ibu Pertiwi. Semoga Sang Maha Kuasa dan alam semesta mendukungmu. God speed!

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Tips Agar Mobil Anda Menjadi Lebih Irit

Did You Know?

Tips dan Trik Mencuci Mobil Sendiri

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan