Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Sempat ‘Hilang’ 50 tahun, Lamborghini Miura ‘68 Eks film The Italian Job Muncul Lagi!!

Guys, pernah nonton film The Italian Job tahun 1969? Kalau sudah, pasti kalian tidak asing dengan mobil ikonik satu ini. Yaps, belakangan Lamborghini Miura 1968 Eks The Italian Job muncul lagi ke permukaan setelah sempat hilang selama beberapa dekade.

Jika kalian belum pernah nonton film pertama The Italian Job yang dibintangi oleh Sir Michael Caine muda, scene pembuka diawali dengan Lamborghini Miura P400 1968 berwarna oranye cerah yang dikendarai oleh peran Rossano Brazzi. Sesaat sebelum mobil ini muncul, terdengar raungan mesin V12 diikuti Miura melintasi Great St Bernard, kawasan antara Swiss dan Italia. Miura akhirnya menemui ajalnya setelah bertabrakan dengan buldoser perangkap yang dipasang oleh mafia, kemudian mendorongnya ke jurang dan masuk ke sungai.

Tetapi Miura dalam adegan tabrakan tersebut hanyalah mobil pengganti. Sebetulnya ada dua mobil dalam film, satu Miura P400 asli dan satu lagi Miura yang kondisinya sudah rusak. Miura yang masuk ke sungai tidak pernah terlihat lagi, kru film berasumsi bahwa beberapa orang lokal yang menyaksikan adegan itu, mengambil bangkai dari sungai setelah malam tiba.

Usai syuting, Miura dengan kode sasis #3586 itu dikembalikan ke pemiliknya di Roma. Sejak itu, Miura telah berpindah tangan empat kali selama 50 tahun keliling dunia. Kemudian dibeli oleh putra dari dealer pertama tempat Miura itu dijual, Norbetto Ferretti, pada tahun 2005. Ajaibnya, tidak ada satu pun pemilik sebelumnya yang mengetahui bahwa Miura tersebut adalah mobil yang digunakan pada film The Italian Job.

Singkat cerita, Miura diketahui dijual di Kidston, Inggris. Seorang kolektor dan pendiri The Classic Car Trust, Fritz Kaiser, konon membeli mobil ini dengan harga setengah juta dolar tahun lalu. Saat pembelian, Kaiser mengaku tidak yakin dengan peran mobil itu dalam film tetapi hanya memiliki firasat bahwa Miura yang dibelinya adalah mobil bintang.

Setelah melakukan penelitian, Kaiser dapat menghubungkan masa lalu Miura bernomor sasis #3586 ini. Salah satu orang yang dapat mengidentifikasi Miura sebagai salah satu properti yang digunakan dalam film The Italian Job adalah seorang mantan karyawan, Enzo Moruzzi, yang tidak hanya mengantarkan mobil itu ke lokasi syuting tetapi juga mengendarainya dalam beberapa scene untuk film tersebut.

Lantas Kaiser segera mengirimkan Miura ke heritage department Polo Storico Lamborghini untuk direstorasi. Setelah menjalani proses restorasi, Miura disertifikasi sebagai mobil resmi dari film tersebut. Diduga, Miura hanya menempuh 11.800 mil atau sekitar 18.990 km dan mengganti mesinnya setelah mengalami blok yang retak.

Satu lagi yang membuatnya semakin unik, fakta bahwa Miura model 1968 adalah satu-satunya yang menampilkan eksterior Aranico Orange yang dipadukan dengan kursi kulit berwarna putih, sehingga menjadikan Lamborghini Miura 1968 ini masuk dalam kategori mobil one-off atau super langka.

Jika anda lihat lebih seksama, anda pasti menemukan bahwa Miura yang dikendarai dalam film menampilkan kursi warna hitam. Yaps, itu memang benar. Tetapi merunut dari sejarahnya, produser film sengaja menukar kursi putih aslinya untuk menghindari pewarnaan. Anda juga bisa melihat headrest kulit warna putih terpasang di firewall belakang dalam adegan tersebut.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Mengapa Sway Bar Seringkali Dicopot Dari Kendaraan 4×4?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan