Home Issue Cars Seperti Apa Regulasi Mesin Baru F1 Musim 2021

Seperti Apa Regulasi Mesin Baru F1 Musim 2021

Di Paris, tim-tim F1 saling bertemu dengan FIA, pemegang hak komersial (FOM), dan para pabrikan dari luar F1 untuk membahas regulasi mesin baru yang akan mulai berlaku di musim 2021. Perubahan regulasi ini diharapkan selain agar biaya lebih murah dan menarik bagi penonton, diharapkan dapat menarik minat lebih banyak pabrikan untuk bergabung ke F1. Detail lebih lanjut baru akan dirilis dan dikerjakan oleh FIA dalam 12 bulan ke depan.

Dari beberapa kali pertemuan petinggi F1, FIA dan beberapa pabrikan memutuskan bahwa pada 2021 mesin V6 1.6 liter turbo hybrid akan tetap diterapkan. Beberapa ubahan dan penyesuaian akan diterapkan pada mesin tersebut. Putaran mesin akan dibuat lebih tinggi, hingga 3.000 rpm lebih tinggi dari mesin saat ini yang hanya berputar maksimal 12.000 rpm. Menaikkan putaran mesin bertujuan agar suara mesin bisa lebih kencang seperti saat era V8.

Elemen hybrid akan dikurangi dengan meniadakan MGU-H (Motor Generator Unit – Heat), yang penerapannya cukup rumit dan membutuhkan biaya tidak sedikit. Sementara untuk MGU-K (Motor Generator Unit – Kynetic) akan dipertahankan dengan daya output lebih besar, membuat sistem hybrid mirip dengan KERS pada 2009-2013.

Satu unit turbo pada mesin akan diwajibkan dengan batasan dimensi dan berat. Sejumlah komponen seperti mesin, chassis dan transmisi diwacanakan memiliki fungsi plug-and-play agar lebih mudah dan praktis saat dilakukan penggantian.

Berdasarkan penyataan resmi FIA, pada sisa musim 2017 dan 2018, FIA dan F1 akan bekerja sama dengan para tim untuk menyusun sebuah tes unit mesin, batasan pengembangan serta rumusan pembatasan biaya. Bos olahraga F1, Ross Brawn. berkata: “Unit mesin 2021 adalah sebuah bentuk kerja sama dari FIA sebagai regulator, F1 sebagai pemegang hak komersial, tim dan para manufaktur sebagai stakeholder untuk tujuan yang sama dan mulia di olahraga ini

“Kami mendengar secara seksama opini fans soal regulasi mesin yang saat ini berlaku dan hal-hal apa saja yang ingin mereka lihat di masa mendatang, dengan target mesin yang lebih sederhana, murah, dan bising. Kami juga akan membangun kondisi untuk memfasilitasi para pabrikan baru yang berminat gabung ke F1 sebagai pemasok mesin dan juga tingkat kompetisi yang lebih seimbang.”

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)