Home Did You Know? Sering Campur Premium dan Pertamax? Nih Bahayanya

Sering Campur Premium dan Pertamax? Nih Bahayanya

1.bp.blogspot.com

Premium dan pertamax sepertinya masih menjadi bahan bakar yang banyak digunakan oleh pengendara hingga saat ini. Seperti halnya anak kosan yang membeli pertamax disaat tanggal muda dan membeli premium di tanggal tua, duhh keceplosan, atau ketika mengisi bahan bakar kendaraan sendiri pake pertamax trus waktu minjem punya temen di isinya premium, ada? Hayoo ngaku sob huehe.

Nah terkait dengan kebiasaan pencampuran penggunaan bahan bakar atau ketidak konsistennya dalam menggunakan bahan bakar seperti contohnya kasus anak kosan di atas, yuk simak dampak buruk yang akan ditimbulkan sob.

Perbedaan oktan dan zat aditif

Jelas, premium dan pertamax memiliki perbedaan kandungan oktan dan zat aditif, dari namanya aja udah beda kan. Nahhh, bahaya yang disebabkan mencampur Premium dan Pertamax adalah menurunnya kualitas bahan bakarmu sob. Yang jelas kinerja pertamax tidak dapat maksimal karena terganggu dengan kandungan yang dimiliki oleh premium.

Mesin berkarat

Selain menurunkan kualitas bahan bakar, dampak jangka panjangnya bisa menyebabkan mesinmu berkarat lho. Kenapa? Usut punya usut, zat aditif pencegah karat yang terkandung dalam pertamax akan terkontaminasi oleh premium yang tidak memilikinya. Kemudian kandungan dalam pertamax yang dapat membersihkan ruang bakar juga tidak dapat bekerja secara maksimal yang berimbas pembakaran pada mesin kurang optimal sob.

Bahaya logam

Pemakaian premium dan pertamax yang dicampur dengan jangka waktu yang lama ternyata memiliki resiko terhadap logam yang ditimbulkan sob. Parahnya jika pencampuran dilakukan terus menerus dengan jangka waktu yang lama logam-logam yang dihasilkan dapat menyumbat lubang injector dan tentunya itu akan mempengaruhi laju kendaraanmu sob.

Penumpukan kerak

Mencampur premium dan pertamax juga bisa menimbulkan kerak pada mesin yang sukar untuk dihilangkan sob. Pasalnya zat aditif yang yang terkandung dalam pertamax tidak bisa lagi membersihkan kerak pada mesin karena sudah terkontaminasi dengan premium yang tidak memiliki zat aditif.

Kerusakan mesin

Hal paling fatal akibat mencampur premium dan pertamax adalah mesin jebol sob, yaaah begitu. Karena zat aditif yang berfungsi untuk melindungi mesin dalam pertamax pada penggunaan jangka panjang tidak dapat dirasakan manfaatnya karena telah tercemar dengan kandungan yang dimiliki oleh premium sob.

Nah kurang lebih seperti itu bahaya yang ditimbulkan oleh pencampuran premium dan pertamax pada kendaraan, intinya konsisten sob. Kayak menjalin hubungan dengan cewek lah, kalo ga konsisten pasti ditinggalin kan yaa sama doi. Begitu juga dengan mesin yang bakal jebol meninggalkanmu ketika tidak konsisten menggunakan bahan bakar. Yuk lebih sayangi mesinmu daripada cewe mu sob, eeeeh.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)