Home Did You Know? Setting Murah Drifting ala K18 Engineering (1)

Setting Murah Drifting ala K18 Engineering (1)

Halo, saya Adhi Sardjan. Temen-temen di Jakarta lebih sering manggil saya Jureq, atau si “mbah”.  Disini saya mencoba untuk menjelaskan beberapa tips and trick untuk temen-temen semua agar bisa ngedrift tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

IMG_8035 Ngabubudrift

Pada dasarnya untuk bisa ngedrift tidak perlu harus memiliki tenaga mobil yang besar-besar banget. Yang penting momentumnya tepat dan  tenaga mobil yang cukup. (inget.. cukup lho ya.. bukan besar). Nah di artikel yang pertama ini saya bakal ngasih tips untuk meningkatkan tenaga mobil dengan mudah melalui perbaikan pada exhaust system.

Jureq drift did you know MBW e30 K18 engineering fastnlow 1

Cara yang bakal saya jelaskan ini sudah saya coba dan research sendiri pada BMW E30 bermesin M40 milik saya pribadi dan hasilnya enak banget. Hasil dyno menunjukan pada waktu mesin standar (belum ada perubahan  exhaust system) 80.8 whp, setelah melakukan perubahan pada sektor kenalpot tentu dibarengi perubahan setelan airflow (untuk E30 M40 bisa di setting) perubahan menjadi 87.3 whp. jadi ada kenaikan -6.5whp-

Jureq drift did you know MBW e30 K18 engineering fastnlow 2

Pertama, saya mengganti header standard dengan hitungan saya sendiri dengan konfigurasi 4-2-1 yang disambung dengan downpipe berukuran 2.5 inch.

Jureq drift did you know MBW e30 K18 engineering fastnlow 6

Kemudian pada sambungan 2-1 nya pipa sedikit dikecilkan oleh reducer berbahan stanless. Yang tadinya 2.5inch mengecil menjadi 2 inch kemudian kembali membesar 2.5 inch (merge collector) kebelakang. *ukuran ini tidak sama pada setiap mobil, semua tergantung kapasitas cc pada tiap mobil.

Jureq drift did you know MBW e30 K18 engineering fastnlow 5

Kemudian pada tabung tengah (resonator) saya ganti dengan dengan costum tabung buntu (Helmholtz) yang tujuannya untuk meningkatkan torsi. Karena pada dasarnya fungsi tabung itu untuk menampung draw pressure dimana adanya tendangan balik dari buangan ledakan kompresi. Nah untuk ukurannya bisa berbeda-beda untuk setiap mobil, tergantung ruangan kubah kolong mobil.

Jureq drift did you know MBW e30 K18 engineering fastnlow 3

Tabung belakang untuk permainan suara, saya memakai Borla, yang dipakai JEEP Wrangler. kalau soal tabung belakang saya membebaskan untuk memilih tinggal selera suara

Sebetulnya, untuk mesin M40 standart, dia sudah memiliki tenaga yang cukup untuk drifting tanpa harus pusing menendang kopling saat drifting. Enggak percaya? Liat dulu video diatas.

Jureq drift did you know MBW e30 K18 engineering fastnlow 4

Pasti bahannya mahal-mahal. Enggak kok, saya cuma menggunakan bahan stainless yang dijual di toko-toko pipa yang ada di Jakarta dan pasti didaerah mu juga ada. Masalah harga produksi terhitung dari header sampai dengan muffler belakang saya menghabiskan budget sebesar 5-6jt. Tapi kalau mau bikin selain dari berbahan stainless juga bisa pakai bahan galvanis, yang tentunya pembuatan enggak sampai 5 jt dari header sampai bagian mufler.

 

Foto: Adhi ‘Jureq’ Sardjan

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • Dicky Pratama

    sukses buat om jureq… gue ikut doain biar drifting indonesia mulai dari yang street sampe profesional menjamur dimana mana… lanjutkan tips” ini… fastnlow.. Keren 😀