Halo, saya kembali lagi setelah sekian lama terlalu sibuk dengan kegiatan perbengkelan saya. Masih membahas tentang cara murah untuk bisa ngedrif dengan menggunakan mobil bertenaga kecil. Untuk kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat LSD gardan dengan murah.

Banyak orang mengatakan las gardan itu tidak aman. Kebanyakan orang mengatakan apabila lasnya lepas nantinya akan tersangkut di gigi nanas lalu merusak lain-lainnya, sehingga sebagian orang tidak merekomendasikannya. Tanpa menyalahkan pernyataan itu, namun hal itu tidak akan terjadi apabila cara dan proses pengelasannya baik dan benar. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengelas gardan yang benar dan semua proses itu sudah teruji di berbagai mesin bertenaga besar seperti M52B25, 1 UZ-FE (V8), 2JZGTE yang memiliki tenaga 500hp++.

Pengelasan akan menggunakan MIGWELD, yaitu kawat yang bisa menyatu dari besi biasa dengan cast iron (bahan blok mesin. Biasa disebut ancuran).

Dalam gambar peraga, saya menggunakan gardan dari Corolla DX. Tapi jangan khawatir, yang akan saya jelaskan nantinya bisa di aplikasikan pada gardan apa saja.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 7

Ok, langsung aja ke poin utamanya. Setelah cabut gardan, lepasin gigi nanas dan gardan dari rumahnya lalu cuci bersih dari bekas oli dengan bensin lalu bungkus bearing supaya enggak kena cipratan waktu ngelas nanti.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 6

Posisikan sudut satelit gear agar mudah dalam proses pengelasan.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 3

Kemudian masukkan batang as roda dan pastikan as roda tegak lurus seperti saat terpasang di mobil. Hati-hati, adanya kemiringan akan merusak gigi spline.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 5

Posisi yang sudah diluruskan

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 4

Las Sudut satelit gear terlebih dahulu.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial

Baru kemudian las gigi satelit bagian as roda kerumah gardan, dan as roda sudah dilepas untuk memudahkan pengerjaan.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 2

Setelah dirasa cukup, tunggu sampai hasil las-lasan dingin. Eits.. jangan disiram atau kena apapun. Biarkan dia mendingin sendiri secara alami agar tidak terjadi retak dari hasil las.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial 1

Setelah dingin, lalu cuci bersih bekas cipratan las dan pastikan tidak ada kotoran lagi. Lalu pasang kembali rumah gardan selanjutnya mari kita bermain.

Selamat mencoba. Bingung? Tanyakan pada bengkel terdekat anda.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • Dicky Pratama

    ah kalo beginian gue lebih ngandelin si jureqnya aja deh… bengkel lain masih kurang percaya… kalo jureq mah udah masternya itu 😀