Home Did You Know? Sponsor? Harus Kita Apakan Mereka?

Sponsor? Harus Kita Apakan Mereka?

Dunia motorsport khususnya mobil sudah ada sejak lama di Indonesia. Sejak tahun 60-70an jaman belum ada Sikuit Internasional Sentul Sikuit Ancol lah lahan bagi mereka balapan. Dan dari sejak itu pula lah mereka sudah mengenal dengan sponsor.

Sirkuit ancol tempo dulu fastnlow sponsor 1 Sirkuit ancol tempo dulu fastnlow sponsor 2 Sirkuit ancol tempo dulu fastnlow sponsor 3

Tidak bisa dipungkiri, motorsport bukan merupakan olahraga ataupun hobby yang tidak murah. Mulai dari tahap terendah saja seperti harus memiliki mobil seseorang harus sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit, belum lagi memperbaiki mesin, suspensi, dan part-part yang lain. Untuk beberapa orang mungkin itu hal yang mudah, namun kebanyakan dari mereka semakin tinggi tingkat, kelas, atau perestasi yang harus mereka raih persiapannya akan menghabiskan uang yang tidak sedikit.

spornsor 1

Untuk itulah kita membutuhkan sponsor yang dimana harapannya mereka dapat memberikan support yang kebanyakan dari para pembalap adalah fresh money. Namun perlu diketahui untuk masuk dalam jajaran pembalap yang mendapatkan sponsor itu bukan hal mudah, karena para sponsor akan melihat sepak terjang kita.

Pada intinya kebanyakan atau mungkin hampir semua sponsor mengharapkan timbal balik berupa pengenalan/membesarkan nama  brand   dari produk mereka. Bagaimana caranya? Kemenangan? Bisa jadi, karena nantinya dari sebuah kemenangan media akan mendekati sang juara dan logo, ataupun secara tersirat sang juara akan menunjukkan sponsor-sponsor mereka.

Namun, bagaimana dengan teman-teman yang tidak memiliki skill sebaik para langganan juara? Meningkatkan eksistensi. Yup seperti itu yang bisa di lakukan untuk dapat menggaet para sponsor. Jadi penilaiannya seberapa terkenalkah kita untuk khalayak umum? Dan saat ini pun untuk menjadi terkenal tidak sesulit jaman dulu. Dengan adanya sosmed semua akan lebih mudah, walaupun dalam berinteraksi dalam sosmed juga harus berhati-hati.

sponsor 2

Menjadi pusat perhatian. Yes, ini salah satunya. Bukan menjadi pusat perhatian dalam hal negative namun bisa saja dengan gaya yang eksentrik. Salah satunya dengan menampilkan Livery kendaraan yang menarik dengan peletakan posisi sponsor yang  ‘eye catching’ seperti yang dilakukan beberapa branding house, Abbey & Rigby, Moods Galery, Wooner dsb.

IMG-20160507-WA0003 copie

Mengikuti event atau cukup menghadiri event yang menarik banyak pengunjung banyak untuk sekedar bersilaturahmi dengan para peserta seperti yang dilakukan drifter Indonesia, M. Farhan pada  B.C.M.C 5 (Bandung Car Modificatin Contest) pada 7 april 2016 lalu beserta beberapa pembalap lainnya seperti Rocca, Dido, Akbar Rais yang juga datang dengan membawa sponsor mereka masing-masing.

Banyak cabang motorsport roda 4 yang ada di Indonesia, namun menurut kita Drift, Speed Offoad, Slalom merupakan beberapa ajang olahraga yang sedang booming, yang otomatis diminati banyak peserta/pembalap maupun penonton.

Drift War IV 2016 Rocca 1

Terutama drift yang pada dasarnya merupakan sebuah olahraga otomotif ‘show off’ yang menghibur merupakan salah satu tujuan dari olahraga ini. Tapi sayang, olahraga hiburan ini masih minim sponsor terutama sponsor untuk para drifternya yang sebenarnya mereka berpotensi untuk menjadi media publikasi bagi banyak brand di Indonesia.

IMG-20160507-WA0000 copie IMG-20160508-WA0002 copie IMG-20160508-WA0005 copie IMG-20160508-WA0006 copie

Dan sebenarnya, bisa dibilang lagi tahun ini merupakan tahun kebangkitan olahraga drifting dimana agenda event drift cukup banyak pada tahun ini. Tidak cuma itu, drifter pendatang baru yang berpotensi pun sudah mulai bermunculan seperti Triweko Prabowo, Dandy Rizki, Tri nugroho dan masih banyak lagi.

Jadi.. yuk perlahan-lahan kita bangun otomotif Indonesia dengan mengajak para sponsor. Yakinkan bahwa kita bisa menjadi media publikasi yang baik untuk mereka.

sumber foto: http://speedhunters.com , https://bladeus.files.wordpress.com , http://www.modifisexy.com

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)