Home Issue Cars Station Wagon Terkencang di Dunia Versi Alpina

Station Wagon Terkencang di Dunia Versi Alpina

Salah satu tuner ternama asal Jerman, Alpina merupakan spesialis pendongkrak performa versi standar merek BMW. Dan baru-baru ini resmi memperkenalkan B5 Bi-Turbo Touring, versi station wagon dari G30 Alpina B5 Bi-Turbo. Mobil ini diklaim sebagai mobil station wagon versi produksi tercepat di dunia, dengan top speed mencapai 200 mph atau kisaran 321 km/jam.

Station Wagon ini dibekali mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4.4-liter, yang mampu menggenjot tenaga 608 hp, dipadukan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Tenaga disalurkan ke keempat roda, dengan Alpina mengklaim bahwa hingga 90 persen torsi dapat dikirim ke as roda belakang.

Alpina B5 Bi-Turbo Touring versi wagon tampil sangat impresif, dengan akselerasi dari 0 – 100 kmh cukup menempuh waktu sekitar 3.5 detik. Selisih tipis dengan versi sedannya yaitu 3.4 detik untuk akselerasi dari 0 – 100 kmh.

Untuk pertama kalinya, B5 Bi-Turbo mengadopsi rear wheel steering, di mana sistem tersebut mampu memutar roda belakang hingga 2.5 derajat ke arah yang berlawanan di kecepatan rendah dan ke arah yang sama pada kecepatan lebih tinggi. Revisi lainnya termasuk active rollbar, custom double wishbone di depan, per yang lebih pendek dan lebih kaku dan peredam adaptif. Selanjutnya ada velg forged 20 inch yang dibalut ban Pirelli P-Zero yang dikembangkan secara khusus untuk mobil ini.

Sementara, interior Alpina B5 Bi-Turbo Touring dipenuhi dengan kerajinan tangan dan dapat di-kustom dengan pilihan yang hampir tanpa batas, termasuk aplikasi kulit Nappa yang lembut, permukaan bersepuh keramik, dipadukan sentuhan khas Alpina seperti jahitan biru-hijau dan nuansa Luxury Wood Walnut Nature.

Dengan berbagai tambahan fitur dan sistem, Alpina B5 Bi-Turbo Touring 2018 justru lebih ringan 30 kg dibanding B5 generasi terdahulu. Aerodinamika tetap menjadi perhatian dan dioptimalkan. Body kit khas Alpina tersemat setelah melewati pengujian wind tunnel terlebih dahulu. Di pasar Inggris, B5 Touring bakal dijual dengan harga £91.000 atau setara Rp 1,6 miliar.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)