Home Did You Know? STNK Hilang? Nihh Tata Cara Pengurusannya

STNK Hilang? Nihh Tata Cara Pengurusannya

tmcpoldametro.net

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau sering disebut STNK merupakan surat penting berkaitan dengan kendaraan bermotor yang tentunya  harus dibawa tiap kali mengendarai sob. STNK wajib dibawa ketika akan berkendara dengan berbagai alasan seperti, menghindari tilang polisi dan sebagai tanda bahwa itu adalah benar kendaraan yang kamu bawa sob. Contoh pahitnya nih, jika tiba-tiba diteriakin maling ketika akan masuk kedalam mobil, nahh kalo bawa STNK kan udah tuh orang-orang bisa percaya dan nantinya bakal melongo. Tapi jangan sampek yaa sob hal itu terjadi, huehehee.

tmcpoldametro.net

Nahh kembali ke STNK, yang namanya manusia pasti pernah khilaf. Tidak sedikit pula insiden yang berkaitan dengan STNK seperti rusaklah atau hilang entah kemana. Nah berikut ini adalah tata cara mengurus STNK yang hilang hingga mendapatkan STNK yang baru berdasarkan pengalaman yang pernah dialami oleh salah satu rekan kita.

Pertama

Sebelum pergi ke SAMSAT, pergilah ke kantor polisi sektor terdekat untuk melaporkan berita kehilangan dengan melengkapi berkas seperti KTP asli serta fotokopi pemilik kendaraan, Fotokopi STNK yang hilang, dan BPKB asli serta fotokopi.

Kedua

Setelah mendapatkan surat kehilangan dari POLSEK terdekat dilanjutkan ke POLRES dengan membawa berkas yang sama ditambah dengan surat kehilangan yang telah di dapatkan.

Ketiga

Setelah urusan di POLRES selesai, lanjut ke kantor SAMSAT guna melakukan cek fisik kendaraan dan juga menggesek nomor rangka serta mesin. Setelah mendapatkan hasil cek fisik kendaraan fotokopilah hasil tersebut.

Masih di kantor SAMSAT, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran beserta mengurus blokir STNK yang hilang. Jika formulir telah lengkap maka ikutilah arahan dari petugas kantor SAMSAT hingga usai. Perlu di ingat, jika kendaraan memasuki masa pembayaran pajak tahunan maka pembayaran wajib dilakukan, dan jika tidak maka tidak akan dipungut biaya.

Keempat

Tunggu hingga STNK jadi sesuai dengan tempo waktu yang diberikan oleh kantor SAMSAT, setelah jadi ambilah STNK baru pada loket yang tersedia kemudian lakukan transaksi pembayaran biaya pembuatan STNK.

Nahh, itu dia sob langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mengurus STNK yang hilang. Mudah yaa, tapi dengan kemudahan itu jangan terus STNK kendaraanmu dihilang-hilangkan yaa.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)