Home Did You Know? Tata Kelola Keselamatan Jalan yang Baik, Ada Di Kota Mana Saja?

Tata Kelola Keselamatan Jalan yang Baik, Ada Di Kota Mana Saja?

www.skyscrapercity.com

Sepertinya image Jakarta itu udah mendominasi di Indonesia, iya nggak sih?

Contohnya, dari segi lalu lintas yang udah semakin padat dan sesak, memang nggak heran kalau Jakarta bisa dimasukkan dalam kategori kota padat di Indonesia bahkan dunia. Sebenernya nggak cuma Ibu kota Negara kita aja kok yang macet, bahkan kota yang terkenal sama pengguna sepeda; Jogja juga nggak kalah mengikuti perkembangan Jakarta.

Dengan kondisi yang seperti ini, anggapan kota berlalu lintas yang baik di Indonesia mulai surut dengan kondisi macet yang semakin merembet ke berbagai daerah.

Eh tapi jangan pesimis dulu, masih ada kok kota-kota yang punya prestasi bidang lalu lintas di Indonesia. Memang sih, kota-kota tersebut termasuk padat dan namanya nggak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia.

Kota mana aja sih yang dimaksud?

Yang berpredikat baik dalam pengelolaan keselamatan lalu lintasnya antara lain, Tangerang yang tergolong Kota Metropolitan, Balikpapan kategori Kota Besar, dan Probolinggo sebagai Kota Sedang.

Kok bisa tiga kota itu?

kerincitime.co.id
kerincitime.co.id

Jadi, dalam rangka adanya penghargaan Indonesian Road Safety Award atau IRSA, ketiga kota diatas berhasil menerapkan tata kelola keselamatan jalan raya atau road safety untuk tahun 2014. Tentunya pemilihan kota-kota tersebut punya kategori tersendiri ya, dan melibatkan penilaian peran ahli serta standar dari WHO. Wow keren juga ya.

gerbangkaltim.com
gerbangkaltim.com

Ketiga kota di Indonesia ini memiliki nilai yang lebih tinggi dari beberapa kota peserta lainnya, dan penilaian juga nggak cuma berhenti pada angka kecelakaan. Penilaian dilakukan pada aspek penurunan kecelakaan dan juga tata kelola dari lintas kota yang baik, jadi rasa aman dan nyaman berkendara lebih terasa di kota-kota tersebut.

www.senkomsidoarjo.org
www.senkomsidoarjo.org

Nah, seperti disebutkan diatas, penilaian juga distandarkan pada 5 aspek road safety dari WHO, yaitu;

Manajemen keselamatan (safer management)

Jalan yang berkeselamatan (safer road)

Kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicle)

Perilaku pengguna jalan berkeselamatan (safer user)

Penanganan pra dan pascaa kecelakaan (post-crash response).

Setelah dilakukan peninjauan langsung ke kota-kota  tersebut, ketiganya memiliki nilai yang tinggi yang salah satunya ditunjukkan dengan jumlah kecelakaan dan jumlah korban meninggal yang lebih minim.

tangerangkota.go.id
tangerangkota.go.id

IRSA ini sendiri muncul karena meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas yang kebanyakan terjadi karena kelalaian dari pengguna kendaraan.

Nah, untuk berpartisipasi dalam penghargaan IRSA ini sendiri sudah diadakan pendaftaran terbuka, jadi untuk kota-kota di Indonesia yang belum ikut, bisa tuh mendaftar dan berkompetisi dengan ketiga jawara tersebut.

www.kabarpublik.com
www.kabarpublik.com

IRSA, secara spesifiknya merupakan penghargaan terhadap kota dan kabupaten terbaik yang menerapkan tata kelola keselamatan jalan, dan memberi dukungan kepada pemerintah kota atau kabupaten yang telah menerapkan pilar-pilar safety road dan mendorong mereka untuk terus menciptakan keselarasan antara pengguna jalan dan keselamatannya.

Semoga penghargaan ini bisa menjangkau semua daerah yang ada di Indonesia agar bisa berpartisipasi dan menunjukkan peningkatan tata kelola jalan serta keselamatan dan keamanan berkendara yang lebih jauh lagi harapannya bisa mengurangi tingkat kecelakaan.

farid-sofyan-gubernur-kaltim.blogspot.com
farid-sofyan-gubernur-kaltim.blogspot.com

Kalau lalu lintas aman dan nyaman, berkendara pun jadi tenang, iya kan?

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)