Home Event Cerita Team Toyota Indonesia Melebarkan Sayap di Kancah Internasional

Cerita Team Toyota Indonesia Melebarkan Sayap di Kancah Internasional

Toyota Team Indonesia (TTI) menurunkan dua pembalap dalam ajang Toyota Gazoo Racing 2017 di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang pada tanggal 9-10 Desember 2017.

Kedua pembalap yang menjadi wakil dari indonesia adalah Haridarma Manoppo dengan menggunakan Toyota 86,

dan Alinka Hardianti dengan Toyota Vitz.

“Kalau ditanya kenapa bisa ikut event di jepang, selain kita pengen ngelebarin sayap ke kancah International.”

“Nah, kebetulan nih Toyota Gazoo Racing Festival 2017 juga membuka kepada tim – tim balap penggunakan mobil pabrikan Toyota untuk bisa ikut berpartisipasi.”

“Kita bisa ikut serta dalam event ini tentunya berkat kerjasama antara TTI dengan TRD Indonesia, jadinya kami bisa bertanding di Jepang.” ungkap Fitra Ditama selaku Manager Operational TTI.

Selain itu Fitra juga mengatakan bahwa tampilnya TTI di Toyota Gazoo Racing 2017 merupakan pengalaman yang luar biasa.

Karena pembalap dan kru sendiri bisa belajar banyak hal baru dan juga mereka jadi lebih banyak kenal pembalap-pembalap pro dari Jepang.

Selain itu mereka bisa ngerasain balapan di trek yang bagus banget dengan latar belakang gunung Fuji yang sudah menjadi simbol dari negara Jepang.

Netz Cup Vitz Race

Alinka turun pada kelas yang Netz Cup Vitz Race.

For your info

Kalo diantara kalian mungkin ada yang enggak tau, sebenarnya Vitz itu kalo di Indonesia biasa dikenal dengan sebutan Yaris sedangkan kalo di Jepang sana namanya Vitz.

Untuk kelas yang diikuti oleh Alinka sendiri pesertanya ada sekitar 70 mobil.

Pada sesi kualifikasi Alinka berhasil menempati posisi ke 26 setelah diberikan waktu run selama 10 menit. Dan catatan waktu antara satu pembalap dengan pembalap lain cukup ketat (Alinka dan atasnya terpaut 1.9 detik).

Btw 10 menit Alinka cuma bisa dapat 4 kali putaran. Tracknya panjang cuy.. 4,563KM.

Start dari posisi 23 (awalnya 26, karena ada peserta diskualifikasi, posisi jadi naik) Alinka finish di posisi 20.

Hasil yang diraih Alinka sebenarnya bagus hanya saja belum sesuai dengan harap. Targetnya sih bisa diposisi belasan.

Tapi memang agak sulit, karena Alinka sendiri masih harus banyak beradaptasi dengan karakteristik trek high speed di Fuji Speedway ini.

Toyota 86/BRZ Race Cup

Lain halnya dengan rekan setimny, Haridarma.

Dia turun pada kelas Toyota 86/BRZ Race Cup di Professional Class. Dimana pada kelas ini dibagi 2 kelas yaitu 86 Race Professional Class dan 86 Race Clubman untuk yang non professional.

Dan di tempat yang Haridarma ikuti pada 86 race Professional Class ada sekitar 37 peserta yang ikutan kelas tersebut.

Haridarma start berada di urutan 31.

Saat awal lomba sudah berjalan dengan baik.

Sayangnya, setelah memasuki lap empat masalah pun mulai datang. Ini terlihat karena Haridarma sempat melakukan pengereman keras, namun mobil seakan tak mau melambat.

Ternyata ada permasalahan di bagian rem. Dimana lampu ABS (anti-lock braking system) menyala menandakan bahwa ABS tidak bekerja dengan semestinya.

Akibatnya titik penegereman untuk masuk tikungan pun juga jadi berubah.

Setelah lap empat, Hari terlihat beberapa kali sempat melebar di tikungan pertama, sehingga para rivalnya mudah saja untuk menyusulnya.

Padahal sebelum lap ke empat Haridarma sempat menyalip beberapa mobil didepannya yang membuat dia berada diposisi ke 28. Haridarma terlihat kecewa, namun tetap harus menerima dengan lapang dada.

Setelah berhasil finish di posisi ke 33, Haridarma pun mengaku akan membalas kekalahannya ini di lain waktu.

Thailand Super Turbo 600 Endurance

Oke sekarang kita pindah ke Thailand, negara yang biasa disebut dengan julukan negara Gajah Putih ini menggelar ajang balap ketahanan mobil 10 jam.

Thailand Super Turbo 600 Endurance.

Yang berlangsung pada pertengahan 14-16 Desember 2017 lalu.

Dan lagi-lagi TTI menurunkan salah satu pembalap andalannya. Demas Agil.

Dia mewakili Indonesia untuk balap Endurance ini yang diadakan di Chang International Circuit, Provinsi Buriram, Thailand.

Kejuaraan ini bisa dibilang sangat bergengsi sekali di Thailand. Karena peserta yang mengikuti perlombaan tidak datang dari Thailand saja tetapi dari berbagai pelosok asia pun turut hadir mengikuti balapan ini.

Seperti dari Hongkong, Jepang, Taiwan, Thailand, Indonesia, Singapura, Malaysia.

Selain itu mobil – mobil yang ikutan balapan endurance ini pun Variatif, seperti Toyota, Honda, Suzuki, VW, Ford dan lain – lain.

Dan pada kejuaraan kali ini Demas Agil bergabung dalam TOYOTA Gazoo Racing Team Asia 2017.

Tim yang didirikan oleh Toyota Gazoo Racing Asia ini menyiapkan satu mobil yang akan di kemudikan oleh 4 pembalap dan terdiri oleh Teravate Pukpiboon dari Thailand, Daniel Julian Miranda dari Philippines, Mark Darwin dari Malaysia, Demas Agil dari Indonesia.

TTI sendiri saat di Thailand dibantu oleh pihak Toyota Team Thailand untuk mempersiapkan mobil yang akan digunakan pada Thailand Super Turbo 600 Endurance.

Dan mobil yang digunakan oleh ke empat pembalap tersebut adalah Toyota Corolla Altis dengan kapasitas mesin 1800 cc.

Pada balapan Thailand Super Turbo 600 Endurance kali ini dibagi menjadi 3 kelas.

DIVISI 2: 1600 TURBO – 2000 N/A, DIVISI 3: 1500TURBO – 1800NA dan DIVISI 4: 1200TURBO – 1500NA.

Sedangkan untuk Demas Agil sendiri, dia mengikuti kelas divisi 3 yang rata – rata lawannya menggunakan mobil Toyota Altis, Honda Jazz Turbo, dan VW golf.

Dan ada sekitar 16 peserta yang mengikuti kelas Divisi 3. Sedangkan untuk total keseluruhan peserta dari kelas Divisi 2 hingga Divisi 4 yang mengikuti Thailand Super Turbo 600 Endurance berjumlah 60 peserta.

Fitra Ditama selaku Manager Operational TTI mengaku sangat kagum dengan talenta yang dimiliki Demas Agil.

Dimana dia dengan mudahnya beradaptasi dengan mobil balap barunya.

Dan dengan mudah dapat mengetahui karakteristik dari sirkuit Chang, dan juga dia bisa melakukan team work yang baik, dimana bisa dibilang team mate ini adalah orang-orang baru yang bakal bekerja sama untuk satu tujuan.

Buktinya hasil kualifikasi Demas Agil beserta 3 pembalap lainnya dari TOYOTA Gazoo Racing Team Asia 2017 berhasil menempati urutan ke 4 untuk dikelas divisi 3 ini.

Sedangkan untuk keseluruhan kelas, TOYOTA Gazoo Racing Team Asia 2017 start di urutan ke 13 dari total 60 starter.

Dan setelah 10 jam berlalu Demas Agil dengan 3 pembalap lainnya berhasil finish di urutan ke dua dari total 16 peserta di kelas divisi 3.

Saluut to TTI

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)