Home Did You Know? The Kanjozoku

The Kanjozoku

Dari kejauhan, jepang lebih terlihat sebagai Negara yang sama. Tidak peduli apa yang anda kunjungi, mereka berbicara dengan bahasa yang sama, bangunan dan jalanan nya terlihat sama, kereta-keretanya berjalan tepat waktu dan toiletnya yang penuh dengan high tech. sebagai mana Negara lainnya, semakin dekat anda melihat Jepang, semakin banyak perbedaan yang akan anda temui. Anda akan menemui perbedaan dialek bahasa, makanan local, kostum yang unik yang sangat beragam ketika anda menjelajahi Negara ini.

Sama juga dengan mobil-mobil di Jepang. Bila kita melihat kultur otomotive Jepang maka kita akan menemui beberapa perbedaan kebiasaan otomotive mereka. Dari semua kebiasaan tiap daerah-daerah, mungkin tidak ada yang seunik kultur Osaka Kanjo. Para penganut kanjo ini sering disebut kanjozoku. Pilihan kendaraan mereka adalah kendaraan dengan penggerak roda depan yang terhebat sepanjang masa anda tahu apa? yak Honda civic.

Kanjo-24

Kendaraan mereka menarik tentu saja iya, tetapi cerita dibalik mereka jauh lebih menarik. Yang lebih penting adalah anda tidak akan melihat kisah ini diluar dari Osaka. Walaupun di Jepang, hanya beberapa daerah kecil diluar wilayah Kansai saja yang familiar dengan fenomena local ini.

Sebelum membahas mobil-mobil para kanjozoku, perlu dijelaskan apa sebenarnya kanjo? Baiklah, putaran Kanjo itu sendiri adalah merupakan jalan layang bagian dari hanshin expressway yang memutari pusat Osaka dalam arah jarum jam.

Kanjo-37

hanshin1a

Pada peta ini anda dapat melihat putaran ditengah-tengah gambar, yang memotong langsung jantung kota ini, dan jalan ini merupakan jalan layang yang dibawahnya juga terdapat jalan. Seperti anda lihat disana terdapat rute panjang dan pendek yang tersedia, tergantung pada rute mana yang nantinya akan anda pilih.

Tentunya kita ingin membandingkan the Kanjo dengan jalan tol yang paling terkenal di Jepang The wangan di Tokyo dan Kanagawa. Tentu saja ini sangat berbeda. The Wangan  sangat panjang, lebar dan lurus membuat tempat ini menjadi favorit bagi pengemudi mobil turbo yang bertenaga besar. Kanjo ini lebih pendek, sempit dan lurus nya jalan ini terbagi dengan belokan yang sempit dan perpindahan lajur yang tiba-tiba. Jika wangan adalah tentang tenaga, maka Loop atau Kanjo ini adalah tentang kelincahan.

Kanjo-39

Info mengenai sejarah kanjo ini sulit untuk didapat. Kegilaan ini bermula pertengahan 1980an dan Honda civic adalah sebuah pilihan kendaraan yang popular. Generasi ketiga dari Civic si yang lebih dikenal dengan nama wonder di Jepang merupakan awal kendaraan favorit dari kanjozoku ini dengan mesinnya yang DOHC dan chassis yang responsive menjadikan kendaraan ini sangat cocok melahap tikungan yang sempit. Mungkin sekarang sudah tidak banyak lagi wonder ini di jalanan, tetapi kendaraan ini masih sangat dicintai dan dihormati di jalanan Osaka.

Sekarang era Kanjo sudah tidak sejaya pada masanya dulu. Masalah hukum menyebabkan banyak para kanjozoku ini yang pensiun, hanya yang berdedikasi tinggi dan tergila lah yang masih bisa ditemukan saat ini. Walaupun pada saat ini banyak yang sudah beralih dari jalanan ke sirkuit, tetapi getaran kanjo tetap terasa pada mobil dan cara berkendara mereka.

Kanjo-06

Sejak awal, para kanjozoku ini banyak mendapat inspirasi dari dunia motorsport. Pada tahun 80an dan 90an civic menjadi bagian dari Japanese group A racing dan para kanjozoku banyak yang mengaplikasikan trick setup dan style yang sama pada kendaraan mereka.

Tidak seperti pembalap Kaido Jepang, yang lebih terpengaruh pada kendaraan balap saat ini. EF9 ini contohnya style nya sangat mirip dengan Idemitsu Group A civic.

Kanjo-22

Pengecatan kendaraan dengan aura racing sudah menginspirasi mereka sejak awal. Dalam rangka agar tetap menarik untuk dilihat, desain pengecatan pada kendaraan-kendaraan ini sering diganti berkala. Terkadang sekali seminggu.

Beberapa kendaraan ada yang menggabungkan desain dan warna yang berbeda pada tiap sisi kendaraannya. Kebanyakan kendaraan yang digunakan Kanjo adalah model EF9, EG6 dan EK4 Civic SiR, tetapi tidak jarang juga yang menggunakan Type R. modifikasi mesin yang mereka lakukan biasanya tidak drastis. Kebanyakan yang ditemuakan dari mereka hanyalah tuned NA B-series VTEC secara rata-rata.

Jika kesan anda terhadap kendaraan Kanjo ini merupakan kendaraan yang tidak good looking, mungkin anda benar. Seperti kebanyakan kendaraan balap di dunia, kendaraan Kanjo ini kotor, lecet, penyok dan fungsional. Interiornya diisi dengan roll bar dan untuk presentasi ruang mesin merupakan hal yang tidak menjadi terlalu dipikirkan oleh para Kanjo ini.

Kanjo-26

Begitu juga dengan velg dan ban mereka. Bannya kotor, velgnya belang dan penuh dengan debu kampas rem. Beberapa wide fenders yang tidak dicat, dan kemungkinan akan seperti itu seterusnya.

Part-part yang ada tidaklah mengkilat seperti pada mobil kontes, tetapi pilihan modifikasi yang perlu anda tahu adalah berdasarkan maksud atau tujuan dari pemilik kendaraan tersebut. Dapat ditemukan beberapa kendaraan yang menggunakan Advan A048 atau ban race lainnya dengan grip yang bagus. Ini menjadikan kendaraan-kendaraan ini sungguh menarik. Melihat fungsinya pertandingan mengerikan antar mobil-mobil Kanjo ini tidaklah biasa seperti di sirkuit-sirkuit jepang, tetapi melihat mereka beraksi di jalanan bersama-sama merupakan hal yang sangatlah berbeda.

Kanjo-29

Benda lain yang terlihat banyak digunakan Kanjozoku adalah window nets. Seperti yang anda tahu bahwa ini digunakan sebagai peralatan keselamatan dan cara yang cerdas untuk menyembunyikan identitas pengendara.
Itu hanyalah salah satu dari banyak trick yang digunakan Kanjozoku dalam dedikasi mereka terhadap The loop. Tetapi dari banyak aspek kultur Kanjo yang menarik ini , kekerabatanlah yang dapat mendefinisikan dunia underground ini.

Kekeluargaan mengikat sangat dalam disini, dan banyak dari team memiliki sejarah sendiri-sendiri. Mereka lebih memilih dikenal sebagai anggota team daripada individu. Anda dapat merasakan ini ketika melihat logo mereka ada di jendela dan body kendaraan mereka. Temple Trick, Loose Racing, Pandemic, TOPGUN, Law Break yang tidak berarti apa-apa tetapi sangat melegenda bagi mereka di lingkaran ini.

Kanjo-21

Kanjo-02

Anggota dari No Good Racing telah berada pada permainan ini sejak 1985. Orang-orang ini memiliki kehidupan yang normal di luar Kanjo mereka, tetapi sangat jelas ini adalah tempat bagi para Kanjo.

Dibalik semua misteri dan kebekenan mereka, ketika mereka keluar dari kendaraan, mereka adalah orang yang rendah hati dan easy going. Mereka berbincang-bincang, ketawa dan merokok seperti orang kebanyakan. Kultur Kanjo ini merupakan sesuatu yang sangatlah unik berasal dari Jepang dan sangat lah Osaka.

 

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)