Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Tips Agar Mobil Anda Menjadi Lebih Irit

Menghemat bahan bakar, bukan berarti kita hanya perlu menggunakan kendaraan hanya sekali sebulan atau sekali dalam seminggu. Karena ini tidak memungkinkan dengan kesibukan kita sehari – hari. Kebanyaka dari kita membeli mobil bukan untuk dipakai sekali atau dua kali dalam beberapa pekan, namun setiap hari. Lalu bagaimana caranya dengan penggunaan mobil yang setia hari digunakan tetapi kita dapat menghemat bahan bakar?

1. Hindari pemanasan mesin yang berlebih

Pemanasan memang perlu, namun ini saat ini kendaraan telah dilengkapi dengan berbagai teknologi yang dapat mengatur suhu kerja mesin dengan cepat. Karena memang tidak semua mobil memerlukan pemanasan yang terlalu relatif lama. Dan memanaskan mesin merupakan sesuatu yang menjengkelkan bagi sebagian orang. Oleh karenanya, lakukan pemasan mobil anda seperlunya, jangan terlalu lama. Kendaraan yang tidak bergerak, namun mesin mobil bekerja itu membutuhkan bahan bakar yang relatif sedikit namun sayang terbuang sia – sia.

2. Menghindari Kemacetan

Berkendara dengan lancar tanpa ada kemacertan adalah salah satu faktor yang dapat menghemat bahan bakar saat anda berkendara. Dengan seringnya mobil anda berhenti karena kemacetan, maka hal ini akan menghabiskan bahan bakar namun kendaraan berhenti. Oleh karena nya, carilah jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi dibeberapa wilayah.

Jika hal ini tidak terhindarkan, solusi terbaik adalah dengan menjaga jarak antara mobil anda dengan kendaraan didepan. Sehingga anda masih dapat menjalankan mobil anda dengan kecepan rendah. Ini lebih baik, dibanding anda harus menaikkan RPM ( akselerasi ) mesin anda dan kendraan sering berhenti.

3. Meminimalkan Penggunaan kendaraan

Ini mememang bukan sebuah alasan yang klasik. Namun dalam beberapa perjalanan, tidak mengharuskan kita untuk tetap menggunakan kendraan. Misalkan, jika jika mengunjungi sebuah tempat yang tidak jauh, anda bisa menggunakan mode tranportasi yang lain. Seperti dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda atau sepeda motor. Dengan begitu, selain dapat menghemat bahan bakar kendaraan anda, kesehatan juga akan anda dapatkan.

4. Pemindahan gigi yang tepat

Shift Gears on a Manual Transmission

Cobalah untuk tidak mengrmudi dengan gigi yang sangat rendah atau bahkan gigi yang jauh lebih tinggi dari yang and butuhkan. Tetaplah menjaga perpindahakan gigi sesuai dengan kondisi kendaraan. Jika anda mengendarai mobil yang menggunakan transmisi, gantilah gigi segera pada kecepatan kendaraan yang tepat, tanpa memperlama dengan kecepatan yang diperlukan.

5. Pertimbangakan penggunaan Rail Roof ( Rak atap )

Alasan pemasangan rak pada atap mobil adalah dapat mengganggu kedinamisan aliran udara ( aerodinamis ). Pemasangan spoiler, membiarkan kaca yang terbuka pada kecepatan tinggi berakibat buruk terhadap bahan bakar. Hindari hal – hal diatas jika memang tidak diperlukan.

6. Hindari mengebut

Setiap kali anda menekan pedal gas ( akselerasi ), banyak bahan bakar yang digunakan untuk mesuplai kedalam ruang bakar. Ini karena katup throtle yang dibka secara tiba-tiba akan mengalirkan udara yang banyak dan ini harus diimbangi dengan bahan bakar yang banyak juga. Tidak perlu terburu – buru, jika pada kecepatan sedang saja anda tidak terlambat. Mengemudi dengan kecepatan 90 Km / jam akan memperceptan konsumsi bahan bakar.

7. Penggunaan AC yang berlebih

Penggunaan AC dapat menambah konsumsi bahan bakar sebanyak 10 % lebih boros. Anda dapat membuka sedikit kaca cendela pada kecepatan rendah pada kondisi tertentu.

8. Hindari membawa beban yang berlebih

Mulailah menyisikan barang – barang yang anda anggap tidak penting yang berada pada cabin mobil anda. Karena sesunggunya, mobil anda bukan sebuah rumah yang siap untuk dibawa berpindah – pindah. Beban berat akan memaksa mesin untuk berkeja lebih keras, ini akan diimbangi dengan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak dari beban yang lebih kecil. ]

9. Perhatikan ban anda

Ini bukan hanya berpengaruh terhadap masa pakai ban itu sendiri. Ban yang kekurangan udara akan menambah gesekan pada jalan, ini akan memaksa mesin bekerja lebih berat. Aturlah tekanan angin anda sesuai dengan yang disarankan oleh pabrikan. Lebel tekanan angin tertera pada bagian pintu mobil sebelah kanan depan.

10. Perawatan berkala

Perawatan mobil sangat penting untuk mengecek setiap komponen dari kerusakan. Karena kerusakan pada setiap komponen akan menambah beban kerja mesin. Lakukan perawatan berkala yang dapat anda lakukan dengan memperhatikan total perjalan atau per setiap waktu.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

7 Teknologi Mobil Hasil Adopsi Dari Motorsport

Did You Know?

Ternyata Mr. Bean Memang Doyan Ngebut

Did You Know?

Fungsi Dan Kegunaan Dari Coil Spring

Did You Know?

Kupas Tuntas Film Ford VS Ferrari, Fakta atau Fiksi? – Part 2

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan