Home Did You Know? Tips Aman Perawatan Mobil Ketika Musim Hujan Tiba

Tips Aman Perawatan Mobil Ketika Musim Hujan Tiba

Di saat iklim dan cuaca yang mulai memasuki musim penghujan telah tiba, banyak masalah dan kerepotan melanda, seperti ketika mobil atau kendaraan roda empat pribadi mulai kotor, serta keadaan mesin yang tidak stabil dan bisa rusak dengan cepat jika tidak segera diperhatikan. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

Kendala dan Berbagai Masalah Mengenai Mobil Saat Musim Penghujan

Kendala dan Berbagai Masalah Mengenai Mobil Saat Musim Penghujan 01

Perawatan mobil pada saat musim hujan saat ini sudah menjadi kebutuhan vital yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja, adapun hal ini sesuai dengan reaksi alam serta mendalaminya. Air hujan yang turun ke bumi ternyata mengandung unsur garam di dalamnya, membuat mobil terutama bagian permukaan lapisan catnya menjadi rusak. Memang tidak terlalu parah atau kelihatan jika satu dua kali, tetapi apabila dibiarkan terlalu lama bisa saja mengakibatkan permukaan atas mobil akan berkarat hingga kusam sama sekali.

Berikut ini beberapa tips menarik perawatan mobil saat musim hujan yang patut disimak:

Berikut ini beberapa tips menarik perawatan mobil saat musim hujan yang patut disimak 001

  • Selalu melakukan pengecekan rutin pada daerah saringan, tangki untuk bahan bakar, saluran, supaya dapat dipastikan tidak adanya ditemukan suatu kebocoran maupun berlubang yang akan bisa membuat air dapat masuk. Air yang masuk akan berakibat pada bahan bakar akan tercampurkan oleh suatu air.
  • Penutup pada sistem elektrik juga wajib diperiksa, agar air tidak bisa masuk ke dalam dan mencegah mobil mengalami mogok yang disebabkan oleh hubungan arus yang pendek.
  • Sesaat setelah mobil terkena atau terpapar air hujan, segera lakukan membersihkan mobil di musim hujan tanpa harus menunggu kering. Satu hal penting, pastikan sabun yang dipakai berbuih atau berbusa serta dalam penggosokan pergunakanlah spon yang halus licin.
  • Sebagai perawatan mobil pada saat musim hujan, secara rutin lakukan penyemprotan silikon dengan berkala di setiap komponen pada mobil yang berbahan karet serta kaca. Hal ini dilakukan guna penjagaan dalam kelenturan serta menguatkan.

Penanganan Serius dalam Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Berikut ini beberapa tips menarik perawatan mobil saat musim hujan yang patut disimak
carservicingsutton.co.uk

  • Setelah melakukan pemulihan ringan seperti di atas, selanjutnya akan diberitahukan tentang bagaimana menjaga mobil agar tetap awet di segala musim, berikut ulasannya.
  • mencuci mobil sehabis turun hujan, jangan langsung dikeringkan tetapi bilas secara bersih dengan air mengalir yang bersih baru kemudian diberikan sabun berbuih yang rendah serta ringan dan kemudian hilangkan sisa sabun secara menyeluruh. Terakhir, aplikasikan pengelapan dengan lap kering hingga kesat.
  • Memang tidak apa-apa jika mobil sudah terlanjut terguyur air hujan saat di perjalanan, tetapi jangan biarkan hal ini berlangsung lama tanpa dilakukan pencucian dengan segera, karena pada akhirnya kotoran serta sisa garam dari air hujan bisa menimbulkan karat, serta jamur dan bekas noda dari air hujan.
  • Mobil harus dengan segera dibersihkan seketika, antara lain bagian engselnya, bagasi di pinggiran, bagian pinggir mobil, serta bagian tepi dari kap atau penutup bensin, agar beberapa yang menimbulkan bekas bisa terhindar.
  • Selalu rutin dalam memeriksa bagian pengapian, pembakaran, dan juga fungsi sistem dari kelistrikan yang begitu vital serta patut diujikan. Kabel bagian busi harus selalu diperhatikan, apakah telah usang, kemudian keras, dan terlalu lama dipakai.
  • Kebocoran dalam pemeriksaan mobil harus selalu diperhatikan dan diawasi agar dapat segera ditemukan penyebab dan solusinya dengan benar. Adapun rangkaian serta kegunaan mobil yang menakjubkan dan segera dilakukan dinamo pada bagian starter mobil agar tidak macet atau terganggu. Selalu ujikan dengan kuat-kuat
  • Sudah dapat dipastikan jika semua komponen terbaiki, bisa segera ditemukan solusinya dan tidak takut akan datangnya musim penghujan hingga banjir sekalipun, akan dengan mudah diterjang sedemikian rupa.
  • Untuk menghindari adanya karat atau kesulitan bergerak, bisa diberikan sedikit pelumas efektif dan sanggup melumasi hingga bagian terkecil atau tidak terjangkau pada bagian tersebut.
  • Pada bagian dalam mobil jangan lupa sisipkan beberapa alas bersih atau kertas untuk diletakkan ketika musim penghujan datang agar bagian bawah tidak basah, dan jamurnya juga tumbuh pada bagian dalam mobil.

Semoga tips ini bermanfaat dan dapat merawat secara menyeluruh tanpa memberikan masalah serius.

gambar utama via halloriau.com

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)