Home Did You Know? Tips Sebelum Mengganti Ban yang Bocor atau Kempes

Tips Sebelum Mengganti Ban yang Bocor atau Kempes

www.michelin.co.uk

Kendaraan pribadi seperti mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Bukan hanya memilikinya saja, tetapi pemilik juga harus merawat dan mengetahui hal-hal penting jika kendaraan tersebut mengalami kendala. Sehingga, pemilik mobil tidak melulu tergantung pada layanan sekali panggil atau bengkel, kecuali masalahnya dinilai cukup serius.

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pemilik mobil adalah ban yang bocor atau kempes di jalan. Biasanya, kita akan merasakan mobil agak oleng sebelum mendengar suara ban kempes atau bocor tersebut. Untuk langkah cepat, kita mungkin akan mengontak layanan sekali panggil. Namun, bagaimana kalau kita sedang dalam perjalanan ke tempat terpencil atau pedesaan? Tidak ada cara selain memperbaikinya sendiri.

Kita tidak perlu khawatir akan kesulitan melakukannya, karena produsen sudah merancang mobil agar dapat diutak-atik dengan mudah, termasuk untuk mengganti ban. Mari kita simak poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum mengganti ban mobil.

www.sheridan.ie
www.sheridan.ie

Periksa Mobil Sebelum Mengemudi

Sebenarnya, insiden ban bocor dapat dihindari dengan memeriksa keadaan mobil sebelum kita bepergian. Selain memeriksa indikator level air pada karburator serta oil, kita juga harus melihat kondisi ban saat mesin mobil dihidupkan. Apakah mobil sudah tampak menipis? Jika tampak aus, akan lebih baik kalau kita menggantinya dengan ban baru demi kenyamanan mengemudi untuk mengurangi peluang ban bocor atau kempes di jalan. Kalau Anda tak sempat menggantinya, bawa ban cadangan (serep) serta perkakas pendamping seperti kunci ban, dongkrak, senter, terpal, jas hujan, dan sarung tangan pada bagasi.

www.mirror.co.uk
www.mirror.co.uk
  1. Mencari Tempat Aman untuk Menepikan Mobil

Ketika sadar ban mendadak kempes atau bocor, kita harus gegas mencari tempat aman untuk berhenti dan menepikan mobil. Jika kita sedang berada di jalan tol, kita harus memindai posisi kendaraan di sekitar memastikan jalur lain cukup datar dan aman untuk parkir sementara. Namun, kalau kita sedang di jalan raya, cari bahu jalan yang cukup lebar dan datar, sehingga tidak mengganggu laju dari kendaraan lain yang melintas. Hindari tempat tinggi, sebab hal itu hanya akan menyusahkan kita saat mengganti ban mobil.

www.brewerlloyd.com
www.brewerlloyd.com

2. Beri Tanda kepada Pengemudi Lain

Merupakan hal penting untuk memberi tanda pada pengemudi lain dengan menyalakan lampu sein (lampu hazard). Selain itu, jika punya, letakkan tanda segitiga di bagian belakang mobil. Dua hal tadi adalah cara untuk memberitahu pengemudi lain jika kita tengah berhenti, sehingga mereka dapat mengatur laju agar tidak terjadi kecelakaan. Setelah itu, keluarkan ban serep dan perkakas di sekitar ban yang bocor atau kempes, jadi kita mudah untuk menggantinya.

www.autobutler.co.uk
www.autobutler.co.uk

3. Melonggarkan Mur

Setelah memeriksa kondisi ban, kita perlu membuka bagian kap roda, lalu longgarkan mur dengan memakai kunci ban. Pastikan kita hanya melonggarkannya saja dan tidak membuat mur tadi sampai lepas. Putar kunci ban dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam. Bagi pemula, langkah ini terbilang sulit dilakukan, sampai terpaksa melakukan beberapa pukulan pada kunci ban dengan alat bantu lain seperti batu sebagai tambahan tenaga.

tyres.cardekho.com
tyres.cardekho.com

4. Mendongkrak Mobil

Selanjutnya, untuk mempermudah proses mengganti ban, kita harus mengubah posisi mobil lebih tinggi beberapa inci dari permukaan tanah. Caranya adalah mengangkatnya dengan dongkrak. Pada tahap ini, proses disesuaikan dengan model mobil yang kita kemudikan. Misalnya, untuk mobil sedan, dongkrak dipasang di bodi sekitar ban yang bocor. Kemudian, setelah posisi dinilai tepat, kita bisa melakukan pendongkrakan hingga mobil berada sekitar enam inci dari permukaan tanah.

www.itv.com
www.itv.com

5. Mengganti Ban

Setelah mendongkrak, lepas mur yang telah dilonggarkan, lalu tarik ban tersebut secara lurus. Kemudian, kita ganti ban bocor atau kempes tadi dengan ban serep, sesuaikan lubang murnya, dan dorong ke bagian dasar roda hingga tidak ada gerakan lagi. Setelah itu, pasang mur hingga letak ban stabil pada posisinya. Lantas, turunkan kembali mobil, supaya kita bisa mengencangkan mur pada ban. Letakkan ban bocor dan perkakas tadi pada bagasi.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)