Home Did You Know? Tips-tips merawat sendiri mesin mobil anda agar tetap sehat

Tips-tips merawat sendiri mesin mobil anda agar tetap sehat

1. Penggantian oli mesin, filter oli dan oli transmisi rutin

Lakukan servis berkala atau penggantian oli berkala secara rutin agar tetap menjaga cairan yang menjaga kesehatan mesin dan transmisi ini tetap baik. Gunakan spesifikasi oli yang dibutuhkan oleh mesin, jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer.

Penggantian oli mesin, filter oli dan oli transmisi rutin

Jangan lupa juga untuk rutin mengecek ketinggian oli dari stick oli minimal seminggu sekali, apabila oli berkurang segera tambahkan oli dengan spesifikasi yang sama, contoh apabila menggunakan oli 10W-40 maka tambahkan dengan oli dengan spesifikasi 10W-40 juga atau segera mungkin untuk memperbaiki kebocoran. Apabila oli tidak cukup untuk melumasi organ-organ didalam mesin, maka organ tersebut akan cepat aus atau rusak yang menyebabkan mesin harus di operasi alias overhaul.

 

2. bersihkan filter udara

Bersihkan lah filter udara mobil anda secara rutin setiap minimal 3 bulan sekali atau setiap selesai penggantian oli mesin berkala. Cara membersihkannya cukup mudah, dengan mengetukkan filter ke tembok atau lantai agar semua debu rontok dan lakukan bolak balik, atau anda juga dapat melakukan dengan menyemprotkan filter dengan angin kompresor atau angin vacuum cleaner.

bersihkan filter udara

 

 

3. Semprot carb cleaner

Semprot carb cleaner

Pada saat anda membuka filter udara mesin untuk dibersihkan, alangkah baiknya apabila anda sekalian menyemprotkan carb cleaner dengan merk apapun untuk membersihkan ruang bakar mesin. Cara menyemprotkannya yaitu, pada saat anda mengambil filter udara, nyalakan mesin mobil, ini perlu dengan bantuan orang minimal orang yang mengerjakan berdua, 1 orang didalam mobil untuk mengijak pedal gas, yang 1 menyemprotkan carb cleaner melalui kotak filter udara yang filternya telah anda ambil, lalu semprotkan carb cleaner dan pada saat RPM mesin menurun, orang yang didalam mobil menginjak pedal gas untuk menaikan RPM mesin agar mesin tidak mati. semprotkan hingga minimal 1/4 botol atau sekitar 10-15 kali semprotan. Lakukan hal ini dengan rutin setlah penggantian oli.

 

4. Water coolant pada radiator

Water coolant pada radiator

Gunakan water coolant untuk air radiator anda agar suhu mesin dapat terjaga dengan baik dan tidak menimbulkan kerak-kerak pada saluran air radiator anda yang dapat merusak bagian air pendingin mesin anda.

air radiator

Selalu cek ketinggian air radiator pada tanki cadangan dan isi air radiator pada tanki cadangan, jangan mengisi dari tutup radiator. Isi air radiator hingga titik maksimal tanki cadangan.

 

5. Memanaskan mesin

Disarankan selalu memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan hingga mesin sedikit hangat yaitu berkisar 5-10 menit, agar oli mesin tersikulasi dan melumasi kembali bagian mesin yang tidak terlumasi pada saat mesin beristirahat. Meskipun mobil jarang digunakan, dianjurkan untuk dipanasi minimal 3 hari sekali untuk mengisi tegangan pada aki, mensirkulasi oli  dan melumasi kembali bagian dalam mesin yang sudah tidak terlindungi oleh oli selama mesin tersebut tidak dipakai dan membuat mesin tetap awet.

 

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)