Home Issue Cars Toyota Akan Meluncurkan Reinkarnasi Supra

Toyota Akan Meluncurkan Reinkarnasi Supra

Tokyo Motor Show akan segera diselenggarakan. Pameran otomotif ini biasa dijadikan sejumlah pabrikan mobil asal Jepang untuk memajang produk-produk andalannya. Tak mau ketinggalan dari produsen mobil lain, Toyota bergegas memperkenalkan model konsep terbaru mereka GR HV Concept di Tokyo Motor Show pada akhir Oktober 2017.

Kabar ini mencuat, setelah gambar-gambar GR HV Concept bermunculan di internet. Nama GR yang merupakan singkatan dari Gazoo Racing dan HV mengacu pada kendaraan hybrid. Varian ini juga terinspirasi oleh model legendaris mereka, Toyota Supra dan Sports 800 racing di World Endurance Championship (WEC). Mobil Toyota ini diklaim menjadi produk baru yang mengombinasikan performa tinggi pada mobil sport dengan teknologi ramah lingkungan.

Mobil ini mempunyai ukuran yang cukup kompak. Panjangnya mencapai 4.395 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.280 mm. Mobil konsep ini tampak memakai Toyota 86 sebagai basisnya. Hanya saja terdapat ubahan sehingga menjadi lebih panjang 155 mm dan lebar 30 mm dari Toyota FT86 standar.

Toyota GR HV SPORTS Concept diklaim membawa desain yang terinspirasi dari mobil balap TS050 buatan Gazoo Racing yang terjun dalam lomba ketahanan World Endurance Championship (WEC). Mobil ini dilengkapi dengan atap targa yang juga dipakai beberapa mobil legendaris Toyota seperti Supra atau Toyota Sports 800. Di sisi luar GR HV SPORTS Concept mengusung lampu yang sudah LED, pelek aluminium dan diffuser belakang yang sama dengan TS050 hybrid. Sedangkan warna mobil hitam matte menawarkan kesan yang sporty dan agresif.

interior mobil ini mengaplikasikan konsep yang menarik. Tombol untuk menghidupkan mesin justru diletakkan di tuas transmisi. Selain itu terdapat tombol untuk memilih gigi transmisi otomatis yang diletakkan di dasbor. Ada tombol P, R, N dan D, mirip dengan yang ada pada mobil balap. Untuk beralih ke mode manual, pengemudi hanya perlu menekan tombol M dan sistem transmisi berubah menjadi manual 6-percepatan. Sayangnya tidak diketahui transmisi matik apa yang dipakai, apakah matic konvensional 6-percepatan atau eCVT seperti yang disematkan pada Prius. Begitu juga dengan detail lain di sisi interior.

GR HV SPORTS Concept menggunakan shock absorber merek Sachs. Sedangkan untuk sektor roda memakai pelek 19 inci Rays dengan ban Michelin, mirip dengan mobil balap LMP1 milik Toyota. Dengan penggunaan suspensi tersebut, handling menjadi responsif walaupun setir kemudi di putar bolak-balik.

GR HV SPORTS Concept merupakan mobil berjenis hibrida. Mobil ini dikatakan menggunakan THS-R (TOYOTA Hybrid System-Racing) yang baru dikembangkan. Teknologi hibrida ini juga dipakai di balap Le Mans oleh Toyota TS050 HYBRID. Sistem hybrid yang dipakai lebih untuk menunjang performa tinggi. Baterai diposisikan di bagian tengah mobil sport Toyota ini. Tujuannya supaya tercipta distribusi bobot yang ideal.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)