Connect with us

Subscribe

Cars

Toyota Land Cruiser & Lexus Belum Ada Rencana Desain Baru

Boleh dibilang Toyota Land Cruiser dan kembarannya Lexus — LX, adalah SUV sejati yang mengandalkan konstruski body-on-frame, siap pergi kemana saja, nyaman serta lihai melibas medan offroad. Khususnya Lexus, kendaraan yang menawarkan kemewahan dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya. Tetapi ada satu hal yang mengganjal, perubahan desain secara keseluruhan jarang terjadi.

Terakhir kali perubahan besar desain terjadi pada 2008, setelah itu kedua SUV mengalami facelift sebanyak tiga kali hanya untuk menjaga supaya ada sesuatu yang baru dan segar. Tetapi jika sebatas perubahan pada facelift saja rasanya kurang afdol bagi brand sebesar ini. Baru-baru ini sebuah majalah asal Jepang — Best Car, memuat artikel yang mengklaim bahwa generasi Land Cruiser dan LX akan hadir pada tahun 2020.

Adapun artikel berbahasa Jepang, menurut terjemahan Google mengungkapkan bahwa jantung kendaraan naturally-aspirated V8 pada kedua SUV akan tergantikan oleh mesin twin-turbo V6 sedan LS, bahkan sistem hybrid tengah dikembangkan. Akhirnya, Toyota Amerika Utara mengomentari hal tersebut, “Kami meminta staf Jepang untuk melihat artikel tersebut dan menurut kami itu hanyalah spekulasi.”

Faktanya, jika melihat angka penjualan Land Cruiser dan LX, sebenarnya kita bisa menyimpulkan mengapa Toyota tidak terburu-buru mendesain ulang produk mereka. Tahun lalu sebanyak 3.235 Land Cruiser terjual di negeri Paman Sam, angka yang cukup bagus untuk sebuah penjualan meskipun penjualannya lebih tinggi pada tahun 2016 yakni 3.705 unit dan 3.801 unit tahun 2008.

Sementara penjualan LX lebih baik ketimbang Land Cruiser dengan total 4.753 unit pada 2018, walaupun sebenarnya turun jika dibanding penjualan tahun 2017 yaitu 6.004 unit. Satu dekade sebelumnya, 2008, tercatat 7.915 LX terjual dan angka penjualan tahunan mengalami fluktuasi selama satu dekade, tetapi secara keseluruhan tetap solid.

Kedua model Toyota tengah menghadapi persaingan baru dari Lincoln Navigator yang baru saja didesain ulang dan laris, ditambah Cadillac Escalade terbaru yang juga tak kalah saing. All-new Land Cruiser dan LX mungkin akan hadir tetapi setidaknya tidak dalam waktu dekat, dan yang jelas tidak terjadi di tahun 2020.

Perlu diketahui bahwa Land Cruiser yang dipasarkan ke luar negeri, khususnya AS, dijual sebagai Lexus GX yang penjualannya sudah berusia satu dekade. Manajer umum Toyota Amerika Utara, David Christ, mengatakan bahwa varian GX akan tetap bertahan sejauh ini. “Kami merasa baik GX maupun LX berada dalam posisi yang baik sekarang,” cetus David. “GX memang produk yang terbilang sedikit tua tetapi penjualannya cukup bagus, masih ada basis konsumen yang melirik varian ini sebagai kendaraan baru, jadi GX dalam posisi aman sebagai lineup kami.”

Yaps, tak heran 26.734 unit GX terjual pada 2018, dimana menjadi tahun penjualan terbaik kedua sejak generasi awal. Memang sih tak perlu repot menghadirkan sesuatu yang baru jika penjualan produk lama dirasa masih kuat. Tetapi mengingat daya saing model SUV yang semakin ketat, tidak ada salahnya sebagai brand kenamaan menyodorkan desain yang lebih menawan. Menurut kalian gimana, gaes?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Tips Agar Mobil Anda Menjadi Lebih Irit

Did You Know?

Tips dan Trik Mencuci Mobil Sendiri

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan